Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2019): Journal of Biology Education

Pengembangan Bahan Ajar Materi Ekosistem Dalam Perspektif Islam Di MAN 1 Semarang

Tiarani, Mayang Arundina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pada materi ekosistem yang didalamnya bukan hanya berisi materi saja melainkan juga syariah atau hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada Sugiyono (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar mendapat penilaian sebesar 3,56 dengan kriteria layak dari ahli setelah melalui beberapa tahapan revisi. Bahan ajar mendapatkan keterbacaan yang baik dengan respon positif siswa sebesar 92%. Bahan ajar efektif digunakan oleh siswa dilihat dari keaktifan serta nilai ketuntasan klasikal yang mencapai 78,95%. Karakter peduli lingkungan pada siswa saat dirumah mencapai 92,54% dengan kriteria membudaya dan saat di sekolah mencapai 70,39% dengan kriteria mulai berkembang. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan mendapat penilaian layak dari pakar, memiliki keterbacaan yang baik serta efektif digunakan dalam pembelajaran oleh siswa kelas X MAN 1 Semarang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...