Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 3, No 4 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Desy Rahmawati (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2015

Abstract

This research aimed to know the effectiveness of discovery learning model viewed by students understanding of mathematical concepts. The population of this research was all students of grade 7th of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into 4 classes. The sample of this research was determined by purposive sampling technique. This research used one group pretest posttest design. The result of data analysis showed that discovery learning model was not effective viewed by students understanding of mathematical concepts.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...