Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 11 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Konstruktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis

Destiana Apriani (Unknown)
Caswita Caswita (Unknown)
Asmiati Asmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

This research and development aims to produce LKPD products based on constructive approach that is valid, practical, and effective in terms of understanding the mathematical concepts of learners. This type of research refers to the research and development of Borg and Gall. Research subjects at the field test stage are the students of class XI SMA Negeri 1 Kalirejo Lesson Year 2017/2018. The design in the field test phase is one group pretest-posttest design. The research data is obtained through observation, interview, questionnaire, and comprehension test of mathematical concept. LKPD validity test results obtained an average rating of 3.5. Practicality test results obtained an average rating of 3.03. The average gain result is 0.71. Based on the results and discussion concluded that the letters of learners' activities are valid, practical, and effective in terms of understanding the mathematical concepts.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis pendekatan konstruktif yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian pada tahap uji lapangan adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain pada tahap uji lapangan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep matematis. Hasil analisis data kevalidan LKPD memperoleh rata-rata penilaian 3,5. Hasil analisis data kepraktisan memperoleh rata-rata penilaian 3,03. Hasil rata-rata gain diperoleh 0,71. Berdasar hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa lembar kegiatan peserta didik valid, praktis, dan efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis.Kata kunci: LKPD, pemahaman konsep matematis, pendekatan konstruktif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...