Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 4, No 3 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE

Elok Waspadany (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2016

Abstract

This quasi experimental research aimed to find out the increasing of critical thinking skills and self confidence of students who was taught by problem based learning compared to conventional learning. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Al Kautsar Bandar Lampung in the academic year of 2015/2016 and the samples of this research were students of VIII-A and VIII-B class that were determined by purposive sampling technique. The data of critical thinking were obtained by test and data of self confidence were obtained by questionare. Based on the research results, it was concluded that the implementation of problem based learning could increase critical thinking skills, but it could not increase students' self confidence.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes sedangkan data self confidence diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa.Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...