Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 9 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Yayan Andriyana (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2013

Abstract

The purpose of this research was to find out the influence of audiovisual learning towards student's comprehension of mathematical concept. This research used post-test only control group design. The population of this research was all students of grade XI, Buildings Majors SMK Negeri 2 Bandar Lampung in academic year 2012/2013. The samples were all students of XI TBB (Teknik Batu Beton) as experimental class, and XI TKK (Teknik Konstruksi Kayu) as control class which chosen by purposive sampling technique. Based on the hypothesis test, student's comprehension of mathematical concept which following the audiovisual learning was higher than the student's comprehension of mathematical concept which following conventional learning and study completeness that use the audiovisual learning was less than 70 %. It can be concluded that audiovisual learning does not influence the student's comprehension of mathematical concept.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran audiovisual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TBB (Teknik Batu Beton) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKK (Teknik Konstruksi Kayu) sebagai kelas kontrol yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran audiovisual lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan ketuntasan belajar yang menggunakan pembelajaran audiovisual kurang dari 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran audiovisual tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep, pembelajaran audiovisual, pengaruh

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...