The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 2 Gunung Terang. The purpose of this research is to know the influence of STAD type cooperative learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. All the population in this research is all the fourth graders of elementary schools in Keluharan Langka Pura which is distributed in five schools. Through random cluster technique chosen as the sample is SD Negeri 2 Gunung Terang. The instrument used is a test. Data analysis using t-test. From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using STAD compared with those not using STAD in class IV SD Negeri 2 Gunung Terang Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SekolahDasar di Keluharan Langka Pura yang berdistribusi di lima sekolah. Melalui teknik cluster random yang terpilih sebagai sampel adalah SD Negeri 2 Gunung Terang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan STAD dibandingkan dengan yang tidak menggunakan STAD di kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Kata kunci: hasil belajar, student teams achievement division, tematik.
Copyrights © 2018