IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol 1 No 1 (2016): Volume 01 No 1 2016

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif  Pokok Materi Struktur Kontrol Perulangan Siswa Kelas X Di Smk Negeri 2 Surabaya




Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif pokok materi struktur kontrol perulangan dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Surabaya yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan melalui 6 tahap, diantaranya adalah : (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk. Desain uji coba yang digunakan adalah Quasi Eksperimen posstest-only control group design. Hasil penelitian media menunjukkan kategori sangat baik dengan presentase 84.28%. Respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berkategori sangat baik dengan presentase 86.30%. Hasil belajar siswa diketahui dari hasil post-test yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 85.00 sedangkan kelas kontrol adalah 77.54,.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...