Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 9, No 1 (2025)

Internalisasi Al-Qur'an dan Hadits dalam Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa

Busahdiar, Busahdiar (Unknown)
Karimah, Ummah (Unknown)
Matondang, M. Reza Prima (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Herdyawan, Zaidan Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Standar tingkat pencapaian pembelajaran mahasiswa melalui proses internalisasi Al Qur'an dan Hadits dalam proses pembelajaran. Penanaman nilai Pendidikan  Agama Islam  pada mahasiswa hal yang penting dan sesuatu yang bersifat abtrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat yang dilakukan oleh dosen  dalam menanamakan nilai abstrak tersebut kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis internalisasi Al Qur'an dan Hadits Pada Kegiatan Perkuliahan.  Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan diskriptif analisis. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan  dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan triangulasi data dengan melalui pengumpulan data, reduksi data dan kesimpuan. Lokus penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni  sampai bulan Agustus  2024 dengan informan yaitu Dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses kegiatan perkuliahan setiap dosen menyisipkan Al-Qur’an dan Hadits dalam memberikan materi yang terkait dalam pembahasan di saat perkuliahan.  Adapun rekomendasi dari penelitian ini agar penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang dilakukan pada setiap mata kuliah umum juga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...