Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2025): DE_Journal

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Sihite, Muda Sakti Raja (Unknown)
Sauduran, Golda Novatrasio (Unknown)
Harahap, Irham Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Model problem posing menekankan pada kemampuan siswa untuk merumuskan, mengajukan, dan menyelesaikan masalah secara mandiri, sehingga mendorong keterlibatan aktif dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Swasta Husni Thamrin Medan. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model problem posing mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa model problem posing dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir matematis siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...