Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Literasi Keuangan, Strategi Budgeting, dan Artificial Intelligence terhadap Minat Investasi Pasar Modal, pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Djuanda Bogor. Populasi penelitian mencakup 213 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, menghasilkan 172 mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu. Pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 41%, sedangkan sisanya sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji parsial variabel literasi keuangan, variabel strategi budgeting dan variabel artificial intelligence memiliki pengaruh terhadap minat investasi di pasar modal.
Copyrights © 2025