Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 4 (2017)

Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta

Wahyu Nanda Eka Saputra (Universitas Ahmad Dahlan)
Nadiah Hanifah (Universitas Ahmad Dahlan)
Dika Nur Widagdo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to identify whether there are differences between male student aggression behavior and female students aggresive behavior in Yogyakarta. This comparative study involved 160 students from Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah in Yogyakarta as a sample. Simple Random Sampling technique were used to choose sample. The instrument used is the scale of aggression behavior. Independent Samples Test were used to analysis the data. The research findings show that there is no significant difference between male student aggression behavior and female students aggresive behavior. This study recommends counseling service to reduce and overcome student aggression behavior.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan perilaku agresi siswa laki-laki dan perempuan di Kota Yogyakarta. Penelitian komparatif ini melibatkan 160 orang siswa yang tersebar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah di Kota Yogyakarta sebagai sampel. Pemilihan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku agresi. Analisis data untuk mengidentifikasi perbedaan perilaku agresi siswa laki-laki dan perempuan menggunakan Independent Samples Test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku agresi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini merekomendasikan perlu pelayanan konseling untuk mengurangi dan mengatasi perilaku agresi siswa.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i42017p142

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkbk

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print), is a peer-reviewed journal which publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be ...