cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bindo Sastra
ISSN : 25405305     EISSN : 25797379     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra" : 8 Documents clear
NILAI SOSIAL DAN NILAI BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN NEGERI DAHA KARYA BUMIAYU CREATIVE CITY FORUM Ummah, Nurul Afidatul; Irma, Cintya Nurika
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) nilai sosial dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum dan (2) nilai budaya dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum yang diterbitkan oleh Pustaka Senja pada tahun 2020. Penelitian ini di lakukan pada 03 Juni 2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini berimplikasi pada adat istiadat yang berada di sekeliling penulis kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Data yang digunakan berkaitan dengan nilai sosial dan nilai budaya dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan baca dan catat. Nilai sosial yang ditemukan, yaitu  (a) kasih sayang seorang gadis yang bernama Asmara Senja pada ibunya, (b) kepedulian Nur pada bapaknya yang sedang dilanda krisis ekonomi,               (c) tolong-menolong yang dilakukan Anggalarang dan warga untuk menemukan penculikan Dyah Dahawardani, (d) kerja sama warga untuk mengusir Mang Tarjo yang telah membuang bayi di kali Onje, (e) tanggung jawab pada sosok Ratih yang selalu membantu beban kehidupan orang tuanya dirumah. Selain itu, nilai budaya ditemukan berdasarkan empat kategori hubungan manusia yaitu (a) hubungan manusia dengan adat istiadat kuno, (b) hubungan manusia dengan roh-roh halus, (c) hubungan manusia dengan orang lain, (d) hubungan manusia dengan diri sendiri.
NILAI –NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PESAN TERAKHIR KARYA WENNY SMART Utari, Tantri Theana; Suntoko, Suntoko; Nurhasanah, Een
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3663

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, fenomena kemunduran terhadap moral, karakter, nilai-nilai pendidikan, etika, dan sopan santun dapat terjadi. Pendidikan yang dilaksanakan khususnya pada jenjang formal masih belum cukup untuk menghumanisasikan anak didik. Nilai pendidikan sangatlah penting dan diperlukan untuk mengubah sikap serta tingkah  laku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung pada novel Pesan Terakhir karya Wenny Smart. Subjek penelitian ini adalah  novel  Pesan Terakhir karya Wenny Smart yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.  Novel ini berkisah mengenai persahabatan dan pramuka. Pesan Terakhir karya Wenny Smart merupakan jenis novel popular. Novel yang ringan untuk dibaca dan dinikmati oleh para pembaca. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik kepustakaan.  Hasil penelitian yang ada dalam novel pesan Terakhir ialah terdapat dua belas nilai pendidikan diantaranya nilai kedamaian, nilai penghargaan, nilai cinta, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai kebebasan, dan nilai persatuan.  Novel  Pesan Terakhir karya Wenny Smart dapat diimplikasikan sebagai materi bahan ajar di sekolah karena memuat nilai positif yang dapat dipahami dan diterapkan dilingkungan sekolah maupun masyarakat.
ANALISIS WACANA KRITIS TEKS PIDATO PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA Ir. JOKO WIDODO Suharya, Sena; Wardarita, Ratu; Missriani, Missriani
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dalam menyembunyikan makna berdasarkan struktur makro, superstruktur, struktur mikro dalam teks pidatonya, dan ideologi yang tersembunyi yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia dalam teks pidatonya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi yang digunakan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo  yaitu menyembunyikan makna ideologi kerakyatan dan ideologi nasionalisme dalam struktur mikro, terdapat pada unsur background, detail, pronomina, bentuk kalimat, presuposisi, koherensi, leksikon, dan grafik. Makna ideologi kerakyatan dijelaskan dengan menguraikan kalimat yang berisikan ajakan untuk menyelesaikan segala sesuatu bersama seluruh rakyat Indonesia, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Makna ideologi nasionalisme merupakan kalimat harapan agar rakyat tetap bekerja keras dengan segala keterbatasan untuk memajukan Indonesia.
NILAI-NILAI ETIKA LINGKUNGAN DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Murni, Dewi; Mujtaba, Sahlan; Adham, M. Januar Ibnu
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguak nilai-nilai etika lingkungan yang direpresentasikan dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Metode pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dan data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang terdapat pada novel. Teori yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis novel yaitu teori etika lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai-nilai etika lingkungan yang terkandung dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari yaitu sikap hormat terhadap alam, sikap tanggung jawab terhadap alam, sikap solidaritas terhadap alam, sikap kasih sayang dan peduli terhadap alam, sikap sederhana dan selaras terhadap alam, sikap “No Harm”, sikap demokratis, dan sikap integritas moral terhadap alam.
PERIBAHASA DAN PEPATAH BAGHI JURAI TUE BAHASA BESEMAH KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT Pebrianti, Ike Tri; Nopriani, Henny
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3755

Abstract

Peribahasa dan pepatah muncul karena nenek moyang dulu ingin menyampaikan nasihat-nasihat berupa ajaran-ajaran yang baik. Nasihat itu disampaikan pada saat bersilaturahmi antar keluarga, sahabat, tetangga, dan masyarakat lainnya yang diucapkan disela-sela percakapan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peribahasa dan pepatah baghi jurai tue bahasa Besemah kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat. (2) melestarikan peribahasa dan pepatah baghi jurai tue bahasa Besemah kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara sampel purposif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur/ terpimpin dan rekaman. Hasil penelitian yang di dapat dari nara sumber yang berjumlah 8 orang ini mendapatkan 86 pepatah baghi jurai tue bahasa Besemah kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat. Peribahasa dan pepatah sama saja pengertiannya, hanya saja pemakaian peribahasa atau pepatah tersebut harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Peribahasa atau pepatah baghi jurai tue bahasa Besemah kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat perlu dilestarikan karena generasi penerus yang ada di Tanjung Sakti.
PEMBELAJARAN FONETIK BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA TIMUR DI UNITRI MALANG Kamhar, Muhammad Yusi
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3677

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada beberapa persoalan berbahasa di kalangan mahasiswa Unitri asal Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya pada kompetensi berbicara. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pengucapan kata yang tepat dan sesuai dengan fonetik simbol Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi pembelajaran kepada mahasiswa dalam memahami simbol-simbol fonetik, sehingga mengantarkan mahasiswa dapat mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang benar. Untuk mendapatkan kompetensi yang sesuai, peneliti melakukan langkah pembelajaran sebagai berikut. Pertama pengajaran pelafalan dengan materi membaca dan menuliskan simbol fonetik, kedua mengumpulkan respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran pengucapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan observasi digunakan untuk mengumpulkan beberapa informasi tentang pengucapan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan data pengucapan didokumentasi dan dibuat dalam bentuk modul. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan persepsi mahasiswa dalam proses belajar mengajar pada pelatihan pembelajaran fonetik Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran simbol fonetik pada mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur di UNITRI telah ditunjang oleh modul dan media yang digunakan adalah video pembelajaran, serta zoom. Metode yang digunakan adalah metode langsung atau alami, teknik yang diterapkan di kelas daring adalah teknik membaca dengan keras. Evaluasi pelatihan pembelajaran ini diambil pada minggu kedua dengan memberikan tes tertulis. 
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA MAHASISWA SEMESTER IV UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG Milawasri, F A; Suryadi, Edi
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.3502

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menulis puisi pada matakuliah sanggar sastra oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan teknik akrostik yang dapat memudahkan mahasiswa dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tridinanti Palembang dalam menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam belajar menulis puisi serta memberikan pengalaman belajar yang sesungguhnya bahwa menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik dapat membantu mahasiswa belajar lebih aktif, kreatif dan menyenangkan, serta membuang anggapan bahwa menulis puisi itu sulit.  Penelitian dilaksanakan dengan prosedur tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menemukan bahwa pada kondisi awal atau prasiklus kemampuan menulis puisi  mahasiswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Mahasiswa belum mampu menuangkan gagasan, memilih diksi dan gaya bahasa yang tepat. Jumlah mahasiswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai > 70 adalah 8 orang mahasiswa (42,11%). Sedangkan mahasiswa yang  memperoleh nilai < 70 sebanyak 11 orang  mahasiswa (57,89%). Jumlah nilai rata-rata mahasiswa pada prasiklus  adalah 68 (masih rendah). Setelah dilakukan tindakan  pada siklus I mahasiswa memperoleh skor  rata-rata 70 dan taraf  ketuntasan sebesar 68%. Pada siklus II nilai rata-rata76,86 dan taraf  ketuntasan belajar 78,95%.  Peningkatan nilai tes keterampilan menulis puisi meliputi seluruh aspek yang dijadikan kriteria penilaian dengan rata-rata peningkatan dari siklus I  (68%) ke siklus II (79%)  berarti mengalami peningkatan sebesar 32%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi mahasiswa semester IV FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA KELAS VIII Listini, Listini; Parwanti, Sri; Gunawan, Gunawan; Mustofa, Mustofa; Danto, Danto; Refson, Refson
Jurnal Bindo Sastra Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v5i2.4277

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan melihat kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan model word square. Hasil observasi dan tes objektif menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak yang sangat positif bagi peningkatan aktivitas maupun nilai yang diperoleh siswa. Data tersebut didukung oleh analisis membaca, dimana siswa sangat aktif, antusias, serius, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran berlangsung. Hasil tes membaca ini sejalan dengan hasil observasi dan tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi pengajar Untuk dapat menggunakan model pembelajaran word square, dan diharapkan model ini dapat terus dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8