cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan Desember
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa" : 3 Documents clear
ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN MOTOR DAN MOBIL DALAM HARIAN UMUM SOLOPOS (Edisi 21 Juni 2011) Wulan, Adisti Primi
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.83 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos”.Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tindak tutur perlokusi dalam wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos dan bagaimana cara penyampian iklan yang terdapat dalam wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos. Tujuan penelitian mendeskripsikan tindak tutur perlokusi dalam wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos dan mendeskripsikan cara penyampian iklan yang terdapat dalam wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos. Dengan demikian, penelitian ini akan lebih meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Datanya adalah tuturan yang merupakan tindak tutur perlokusi dalam wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat.Teknik simak yang dimaksud adalah menyimak tuturan yang terdapat dalam wacana iklan obat di televisi dan teknik catat yang dimaksud adalah mencatat hasil tuturan yang terdapat dalam wacana iklan obat di televisi setelah mereka mtutura iklan obat tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan, yaitu alat penentunya di luar, terlepas dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Sedangkan metode penyajian hasil analisis menggunakan metode informal karena datanya berupa tuturan. Berdasarkan analisis tindak tutur perlokusi wacana iklan Motor dan Mobil dalam Harian Umum Solopos” ada tindak tutur perlokusi langsung yang mengacu kepada aspek-aspek makna kalimat; maknapenutur, modus tindak tutur; kesesuaian modus tindak tutur dengan konvensi sintaksis; muatan makna leksikal.Kata Kunci: tindak tutur,tindaktutur perlokusi, iklan
THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING FOR TEACHING VOCABULARY TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP IN ACADEMIC YEAR 2012/2013 Sahrawi, Sahrawi
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.305 KB)

Abstract

This study was a pre-experimental research. The purposes of this study were to find out the effectiveness and the significance of mind mapping for teaching English vocabulary. This study was conducted in SMP Negeri 3 Sungai Kakap in academic year 2012/2013 where the population was eighth grade students with a total number of 112 students.The data showed the difference result between pre-test and post-test. The average achievement of the students’ pre-test was 46.28 and 86.14 in the post-test. Furthermore, the data showed there was significant difference of the score where the t-test result 31.88. It showed that the result of t-test was higher than t-table (2.052) at 5% with degree of freedom N-1 (28-1). Therefore, it can be suggested that mind mapping can be an effective technique to teach english vocabulary. This result hopefully would motivate english language teachers to use a mind mapping in teaching English in the classroom.Keywords: The Effectiveness, Mind Mapping, Vocabulary
STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN SKOR TOEFL MAHASISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUNTAS Tri Kurniawati, Dedi Irwan,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.628 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan skor TOEFL mahasiswa program studi bahasa inggris STKIP-PGRI Pontianak dengan menerapkan pendekatan pembelajaran tuntas atau mastery learning.Populasi pada penelitian ini adalah kelompok mahasiswa dari dua kelas paralel (Kelas Pagi dan Kelas Sore) semester genap (VI) yang diacak menjadi satu kelas experiment dan satu kelas control.Focus group interview juga digunakan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengajaran diagnostic dilakukan analisis korelasional dan Uji T.Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran TOEFL menggunakan metode diagnostic teaching dengan pendekatan pembelajaran tuntas memberikan hasil yang lebh baik dalam meningkatkan nilai TOEFL mahasiswa karena Nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,323 > 2,000) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05).Kata Kunci: Nilai TOEFL,Pendekatan Pembelajaran Tuntas, Pengajaran Diagnostic

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa More Issue