cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan Desember
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa" : 4 Documents clear
AFIKSASI BAHASA MELAYU DIALEK SINTANG (KAJIAN MORFOLOGI) Ramaniyar, Eti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.013 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan makna afiksasi bahasa Melayu dialek Sintang: kajian morfologi. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa pertuturan masyarakat Bahasa Melayu Dialek Sintang dengan data dan sumber data berupa pertuturan atau dialog percakapan yang telah ditranskip dalam bentuk teks. Pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan afiksasi yang terdapat dalam pertuturan mencakup tiga macam yaitu: bǝ-,(ber), tǝ-(ter), dǝ-(di-). Sufiks dalam dialek Melayu Sintang memiliki 2 macam yaitu: am-(i-) dan lok-(kan-) sedangkan konfiks pada dialek Melayu Sintang ada 2  macam yaitu: kǝ-an-(ke-an-), pǝ-an-(pe-an-). Kata Kunci: afiksasi, bahasa Melayu, dialek Sintang.
STUDENTS’ ATTITUDES CONCERNING LECTURER’S CORRECTIVE FEEDBACK IN TEACHING WRITING Sulaiman, Muhammad Iqbal Ripo Putra,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.023 KB)

Abstract

This research aims to explore and describe whether there is an inexpediency of the students’ perception against the feedback which can affect the teaching pedagogy in implementing it. In accord to this, this research explores more about the students’ attitudes in different levels of proficiency in writing. This research was conducted at IKIP PGRI Pontianak. A qualitative case study approach was employed and the data were taken through close questionnaire, in-depth interview, observation, and document. In analyzing the data, the interactive model of data analysis proposed by Miles and Huberman was used. Based on the synergistic findings demonstrate that: (1) the different levels of proficiency in writing do not affect the attitudes of the students as the informants. Most of the informants (the students) have positive attitudes towards teachers’ corrective feedback; (2) the attitudes of the students affect their achievement in writing English. The major recommendations are that lecturers should carefully scrutinize target language features; practice a variety of suitable corrective feedback; and cater for individual students’ specific needs.  Keywords:  students’ attitudes, corrective feedback, teaching writing.
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA Astuti, Desi Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.884 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara penguasaan kosakata dan keterampilan membaca; (2) ada tidaknya hubungan antara minat dan keterampilan membaca; dan (3) ada tidaknya hubungan antara penguasaan kosakata dan minat dengan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Teknik pengumpulan data penguasaan kosakata dan keterampilan membaca menggunakan metode tes pilihan ganda, sedangkan minat mahasiswa diukur dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik korelasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dan keterampilan membaca, adanya hubungan antara minat dan keterampilan membaca serta ada hubungan signifikan antara penguasaan kosakata dan minat mahasiswa terhadap keterampilan membaca.Kata Kunci : korelasi, kosakata, keterampilan membaca, minat.
TINDAK TUTUR BAHASA MELAYU DIALEK SAMBAS DI KABUPATEN SAMBAS Wiguna, Muhammad Zikri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.031 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis tindak tutur bahasa Melayu dialek Sambas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan ada tuturan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam bentuk kalimat tuturan menyatakan, melaporkan, membanggakan, dan mengeluh. Bentuk data tindak tutur perlokusi ini memiliki efek atau pengaruh bagi mitra tuturnya. Kata Kunci: tindak tutur, bahasa Melayu, dialek Sambas.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Bahasa More Issue