Articles
22 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa"
:
22 Documents
clear
KAJIAN PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL MEMAMAH JANTUNGMU KARYA ROHANI SYAWALIAH
Lizawati, Lizawati
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (239.067 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.180
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud, (2) konflik psikologi antartokoh novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (4) nilai pendidikan novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yaitu halusiansi dan naluri kematian, kecemasan (anxitas), dan pengalihan, (2) konflik psikologis antartokoh melahirkan konflik batin antara Gilda dan Kitty, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain dapat menyelesaikan dan mengambil suatu tindakan yang positif yang tercermin dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh Gilda, (4) nilai pendidikan novel mencakup nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Kata Kunci: psikologi, pendidikan, novel Memamah Jantungmu.
FAKTOR PENGGANGGU MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS
Muhammad Ismail Kasim, Aunurrahman, Citra Kusumaningsih, Diah Astriyanti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (237.516 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.175
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang mengganggu mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, kuesioner dengan bentuk pertanyaan terbuka. Kuesioner diisi oleh 124 mahasiswa STKIP-PGRI Pontianak yang telah dipilih secara purposif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa isi yang melibatkan dua rater agar analisa data objektif. Untuk membantu analisa tersebut, disediakanlah panduan koding agar hasil pengolahan data sesuai dengan tujuan dari penelitian ini.Data analisis menunjukkan ada 28 pernyataan yang ditemukan sebagai gangguan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Dari 28 pernyataan tersebut, 17 pernyataan diantaranya dikategorikan sebagai faktor eksternal dan 11 pernyataan lainnya dikategorikan sebagai faktor internal. Lebih jauh, faktor eksternal yang paling banyak ditemui dipenelitian ini adalah berasal dari lingkungan belajar diikuti oleh faktor manusia. Sementara gangguan internal banyak dipengaruhi oleh kesehatan fisik manusia yang diikuti dengan gangguan yang bersifat psikologis. Sebagai tambahan, pengguna teknologi juga tercatat baik sebagai gangguan eksternal ataupun internal walaupun frekuensi pernyataan yang muncul hanya satu.Faktor eksternal dan internal ini memiliki pengaruh negatif terhadap proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dosen harus menerapkan manajemen kelas yang efektif agar gangguan yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat diminimalisir. Kata kunci: Bahasa Inggris, Pembelajaran di kelas, Faktor gangguan, Proses belajar, Sumber gangguan
KAJIAN PUISI KONTEMPORER PARSIAK NA BAGI KARYA THOMSON HS DENGAN PENDEKATAN HERMENEUTIK
Simarmata, Mai Yuliastri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (323.536 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.181
Puisi dengan judul “Parsiak Na Bagi†menyiratkan bahwa setiap manusia harus percaya pada satu Tuhan saja, walaupun ada tradisi dalam leluhur kita, jika hal tersebut sudah menyimpang pada ajaran agama yang ada, kita sebagai generasi penerus wajib memperbaiki atau mengubah tradisi yang ada, dengan kata lain tidak mengesampingkan tradisi yang ada.Puisi yang berjudul “Parsiak Na Bagi†ini memberikan inspirasi bagi kita bahwa masih ada saja masyarakat pedalaman yang mempertahankan budaya leluhurnya. Dan diharapakan generasi muda yang sudah memperoleh ilmu pengetahuan terutama tentang keyakinan dapat memperbaiki budaya yang menyimpang tersebut. Kata Kunci   :Analisis wacana, wacana drama, drama “Bila Malam  Bertambah Malam
THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) METHOD IN TEACHING READING SKILL VIEWED FROM STUDENTS’ INTEREST
Astuti, Desi Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (315.641 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.176
This research aims at finding out whether: (1)Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Method is more effective than Direct Instruction Method to teach reading skill ; (2) the students who have high interest have better reading skill than those who have low interest; and (3) there is an interaction between teaching methods and students’ interest for teaching reading skill.This experimental study was conducted at SMAN 8 to the tenth grade students in the Academic Year of 2012/2013. Data analysis revealsresearch findingsas follows: (1) CIRC Method is significantly different from Direct Instruction Method to teach reading skill; (2) The students who have high interest have better reading skill than those who have low interest; and (3) There is an interaction between teaching methods and students’ interest for teaching reading skill. Based on the findings, it can be concluded that in general CIRC Method is more effective than Direct Instruction Method to teach reading skill. For the students who have high interest, CIRC Method is more effective than Direct Instruction Method to teach reading skill but for the students who have low interest, Direct Instruction Method is more effective than CIRC Method to teach reading skill. The effectiveness of the method depends on the degree of the students’ interest. Keyword :CIRC Method, Direct Instruction, Reading Skill, Students’ InterestÂ
INCREASING THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY
Arif, Abdul
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (256.461 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.171
This research was aimed at finding out: (1) whether or not Reciprocal Teaching Strategy significantly increased the students’ achievement in reading comprehension; (2) the effect size of the strategy in increasing the students’ achievement. This research was a pre- experimental study using one group pretest-posttest design carried out at the eleventh grade students of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak in the Academic Year of 2011/2012. The data were collected by using measurement technique. Data analysis showed that t-value was higher than t-table (2.127>2.021) at 0.05 level of significance. It means that the alternative hypothesis is accepted and the null hypothesis is rejected. The mean score of pre-test was 51.5 and the mean score of post-test was 80.8. Thus, it can be concluded that the use of Reciprocal Teaching Strategy significantly increases the students’ reading comprehension. The analysis of effect size showed that the effect size was categorized as high category. Thus, it can be concluded that the use of reciprocal teaching strategy highly influenced the students’ reading comprehension and was considered as effective teaching strategy in increasing the students’ reading comprehension.                Keyword: Increasing, Reciprocal, Reading Comprehension
PEMILIHAN KODE DALAM MASYARAKAT BILINGUAL PADA MASYARAKAT MELAYU SAMBAS DI KOTA PONTIANAK DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Studi Kasus dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Al-Madani Pontianak, Kalimantan Barat)
Ramaniyar, Eti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.605 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.177
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan variasi alih kode dan campur kode, faktor penyebab yang menjadi penentu alih kode dan campur kode, serta dampak penggunaan kode terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunnakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan sosiolingiustik dan merupakan sebuah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dasar penggunaan bahasa diperoleh dua variasi, yaitu (1) alih kode dan campur kode dengan kode dasar BI, (2) alih kode dan campur kode dengan kode dasar BMS. Faktor-faktor penentu alih kode pada masyarakat tutur MMS di Kota Pontianak. Pertama berdasarkan situational code-switching, kedua metaphorical code-switching. Kata Kunci: Pemilihan Kode, bilingual, Masyarakat Melayu Sambas.
THE IMPLEMENTATION OF TEACHING WRITING AND ERROR ANALYSIS OF ENGLISH WRITING OF HEARING – IMPAIR STUDENTS
Darajat, Ageung
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (319.861 KB)
|
DOI: 10.31571/bahasa.v3i1.172
The objectives of research are describing the implementation of writing to hearing – impair students writing, error analysis, and the improvement needed in teaching and learning writing to hearing – impair students. The research was conducted at a senior high school with special needs program in Pontianak, West Kalimantan Province. It is qualitative research in form of case study. The data of this thesis were collected through observation, interview, document analysis, and audio and visual material or photograph. Data analyzing are based on qualitative analysis, and quantitative analysis. This research result shows that: (1) the implementation of teaching and learning writing to hearing – impair students comprises of five dimensions: the documents of teaching and learning available to writing lesson, the procedure of teaching and learning writing, the evaluation used in writing class, the class climate during teaching and learning writing, and difficulties in teaching and learning writing; (2) the errors analysis in writing are categorized into: misspelling word, missing word and incomplete word structure; and (3) improvement offered to the teacher in the writing class was providing more feedback to the students writing.    Keyword: writing, hearing – impair students, error analysis, case study.
PENGETAHUAN MORFOLOGI (MORPHOLOGICAL AWARENESS) DALAM PROSES PENGENALAN KATA BAHASA INGGRIS
Tri Kurniawati, Finny Anita, Yulia Ramadhiyanti,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (217.999 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki seberapa baik tingkat kompetensi mahasiswa akanproses pengenalan kata pada pengetahuan morfologi (morphological awareness).Bentuk penelitian ini adalah studi kasus deskriptif.Data yang dianalisis pada penelitian ini terdiri dari dua jenis data, yaitu data dari hasil Morphological Awareness Test (MAT) dan kuesioner. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kompetensi mahasiswa akanproses pengenalan kata pada pengetahuan morfologi (morphological awareness) dapat digolongkan sedang, dimana persentase jumlah jawaban benar pada MAT adalah sebesar 63,571%. Persentase pada kuesioner akan soal yang dianggap siswa paling mudah hanya sebesar 39,583% yang dikategorikan rendah. Data ini memberikan gambaran bahwa walaupun sebagian mahasiswa dapat menjawab dengan benar, dipandang perlu adanya penekanan pada kemampuan morfologi dalam proses belajar mengajar bagi mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pontianak. Kata Kunci: kompetensi mahasiswa, pengetahuan morfologi, pengenalan kata.
ANALISIS WACANA LIRIK LAGU BUJANG NADI, LAGU DAERAH MELAYU SAMBAS, KALIMANTAN BARAT
Alimin, A A
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (470.689 KB)
Artikel ini memuat analisis wacana kajian internal bahasa dalam lirik lagu daerah Bujang Nadi, lagu daerah Melayu Sambas. Analisis dipusatkan pada aspek kohesi gramatikal dan leksikal yang  dapat memperjelas keutuhan sebuah wacana. Masalah umum penelitian ini terfokus pada penggunaan aspek gramatikal dan aspek leksikal yang membangun bahasa pada teks lirik lagu dengan sub masalah: 1) bagaimanakah aspek gramatikal dalam lirik lagu Bujang Nadi lagu daerah Melayu Sambas? 2) bagaimanakah aspek leksikal dalam lirik lagu Bujang Nadi lagu daerah Melayu Sambas? Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif- kualitatif, objek penelitian berupa lirik  lagu Bujang Nadi, data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, klausa, dan kalimat, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Album Sambas Terigas. Hasil penelitian ditemukan  bahwa  wacana  lirik  daerah  Bujang Nadi  merupakan  wacana  yang utuh dan padu  karena didalamnya terdapat piranti kohesi yang membangun wacana tersebut. Disarankan kepada peneliti selanjutnya supaya melakukan penelitian tentang aspek gramatikal, leksikal dan konteks yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada satu lirik lagu saja. Kata Kunci: wacana, lirik lagu bujang nadi, gramatikal, leksikal
NOVEL BANGKITLAH TAMBAN SALAI KARYA YAS WIWO DAN EDDY AMRAN (Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan)
Wulansari, Fitri
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (419.142 KB)
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial pengarang, faktor sosial budaya masyarakat, tanggapan pembaca dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Bangkitlah Tamban Salai Karya Yas Wiwo dan Eddy Amran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Subjek penelitian yang digunakan yakni dokumen novel, identitas pengarang dan tanggapan pembaca. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) latar belakang sosial pengarang dalam novel ini berasal dari cerita masa lalu seorang kenalan Yas Wiwo yang berasal dari Dabo Singkep bernama Eddy Amran; (2) faktor sosial budaya dalam novel ini mencakup banyak sisi seperti agama, pengetahuan, pekerjaan, bahasa dan kesukuan; (3) tanggapan pembaca terhadap novel ini dinilai bervariasi, namun sebagian besar menilai positif terhadap isi kandungan di dalam novel tersebut; (4) nilai pendidikan yang terkandung dalam novel ini mencakup nilai agama yang berisi ajaran untuk senantiasa bersedekah, ikhlas dan bersyukur; nilai moral yang berisi ajaran untuk senantiasa bertanggung jawab dan nilai sosial yang berisi ajaran untuk senantiasa saling membantu sesama. Kata Kunci : novel, sosiologi satra, nilai pendidikan