cover
Contact Name
irfai fathurohman
Contact Email
irfai.fathurohman@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kredo@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
ISSN : 25983202     EISSN : 2599316X     DOI : -
Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan April.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018" : 26 Documents clear
ANALISIS STRATEGI BELAJAR DENGAN METODE BIMBEL ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DAN PRONUNCIATION (PENGUCAPAN/PELAFALAN) BERBAHASA REMAJA SAAT INI Ramadhayanti, Ana
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.472 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2580

Abstract

Penggunaan istilah asing tidak hanya dalam bahasa Indonesia namun juga dalam bahasa Inggris. Saat ini telah banyak berbagai akses yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran. Melalui handphone smarphone dapat dijadikan sebagai akses dalam pembelajaran. Hingga saat ini munculah teknologi berbasis pendidikan yakni beberapa situs resmi berbasis pendidikan yang ditayangkan seacara online. Pembelajaran berbasis online dalam bentuk video ini menyediakan berbagai mata pelajaran mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga sekolah menengah atas, bahka terdapat juga materi pembelajaran untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Dari sekian mata pelajaran satu diantaranya Bahasa Inggris, beberapa siswa memanfaatkan strategi belajar dengan metode berbasis online ini. Namun untuk mengetahui kemampuan pemahaman dan pengucapan/pelafalan perlu diteliti lebih jauh lagi. Karena metode pembelajaran berbasis online ini tidak tayangkan secara live, atau dalam arti kata hanya sebuah rekaman video, maka umpan balik dari siswa jika ingin menanyakan mengenai materi yang disaksikan di video tersebut menjadi suatu kendala tertentu. Dengan berbagai uraiaan diatas maka penulis tertarik ingin meneliti fenomena ini dengan menggunakan metode penelitian sampling acak sederhana (simple random sampling), dengan pengumpulan data melalui menyebarkan quesioner dengan analisis penelitian Kuantitatif. Berdasarkan kajian penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan Kemampuan Pemahaman saling berpengaruh dengan hasil penelitian yang signifikan dan positif terhadap Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online. Sementara itu untuk Pronunciation (Pengucapan/pelafalan) juga saling berpengaruh dengan hasil penelitian yang signifikan dan positif terhadap Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online. Kata Kunci : Pronunciation, Bimbel Online, Bahasa Inggris
Ungkapan Kearifan Kultural tentang Aturan Adat Bujang Gadis dan Kawin dalam Undang-Undang Simbur Cahaya Kesultanan Palembang 1824 Wijaya, Satria; Widodo, Sahid Teguh; Subiyantoro, Slamet
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.88 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2553

Abstract

Kajian Semiotika Teks Undang-Undang SImbur Cahaya Hukum Adat Kesultanan Palembang
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN EKSPERIMENTASI MODEL CIRC BERMEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS JEPARA Hanif, Sajida Laila; Fathurohman, Irfai; M.Pd., Sumarwiyah
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.572 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2784

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah kurangnyaketerampilan siswa dalam membaca puisi serta masih sulitnya mempraktikkan cara membaca puisi dengan membaca karyasastra lainnya. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan aplikasi dari model CIRC berbantuan media video pembacaan puisiserta menemukan peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan model dan mediatersebut. Sebanyak 28 siswa dan guru sebagai subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadipeningkatan dari siklus I sebesar 64% menjadi 89% pada siklus II. Hal ini merupakan bukti peningkatan keterampilanmembaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan eksperimentasi model CIRC berbantuan media video pembacaanpuisi.Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Model CIRC, dan Media Video Pembacaan Puisi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF PADA MKU BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS) METODE MENULIS BERANTAI Pramesti, Utami Dewi; Effendi, Drs.
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.391 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2565

Abstract

Dalam artikel ini dibahas hasil penelitian penggunaan model STAD dengan metode menulis berantai dalam materi menulis paragraf pada MKU Bahasa Indonesia di UNP. Penlitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar menulis paragraf mahasiswa dalam MKU di UNP. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian action research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengambil MKU Bahasa Indonesia pada tahun ajaran 2017-2018. Kelas yang telah dipilih sebagai subjek penelitian ini berdasarkan teknik pengambilan sampel purposif sebanyak 60 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes unjuk kertas, catatan kolaborator, catatamn peneliti, dan alat dokumentasi. Analisis data dilakukan mencakup dua hal yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Sementara itu, model actoin reseacrh yang dipilih berdasarkan Kemmis T-Gart yang meliputi: perencanaan, tindakan atau aksi, observasi, dan refleksi. Setelah dilakukan dua siklus, hasil belajar mahasiswa pun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Nilai pretes rata-rata 55,33, sedangkan nilai rata-rata postes 1 sebesar 64,67, dan nilai rata-rata postes 2 sebesar 75,00. Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajarn pun mneingkat. Hal ini ditandai dengan keaktivan siswa saat menjawab pertanyaan, melakukan menulis berantai, waktu berdiskusi, dan saat melakukan refleksi pembelajaran. Kata Kunci: Model STAD metode menulis berantai, menulis paragraf, MKU Bahasa Indonesia
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Febriasari, Diani; Wijayanti, Wenny
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.836 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2557

Abstract

Di dalam lingkungan sekolah, siswa harusnya lebih bisa mengendalikan tuturan mereka. Hal ini terjadi karena di lingkungan sekolah adalah tempat mereka menuntut ilmu dan membentuk karakter. Akan tetapi pada kenyataannya dalam proses pengajaran masih ditemukan beberapa siswa yang menggunakan bahasa tidak santun kepada teman bahkan kepada guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa dialog maupun konversasi siswa dengan temannya dan siswa dengan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, teknik rekam, dan wawancara. Dari hasil penelitian ditemukan adanya tuturan siswa yang mematuhi  maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatisan. Akan tetapi adapula tuturan siswa yang melanggara maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan  maksim kesimpatisan.Kata kunci: kesantunan berbahasa, pembelajaran
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CD CERITA PADA SISWA KELAS V SD 1 MEJOBO KUDUS Hartani, Anisa; Fathurohman, Irfai
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.546 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan menyimak cerita pendek melalui model picture and picure berbantuan media CD cerita pada siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan setelah dilakukan tindakan. Hal ini terlihat dari hasil keterampilan dasar mengajar guru meningkat sebanyak 81,67% pada siklus I menjadi 86,67% pada siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 73,23% menjadi 82,01% pada siklus II. Perbandingan hasil persentase ketuntasan belajar siswa dari prasiklus sebesar 25% menjadi 69,44% pada siklus I adanya peningkatan sebesar 44,44%. Pada siklus II mengalami penigkatan sebesar 13,89% dengan memperoleh persentase ketuntasan sebesar 83,33% dan peningkatan keseluruhan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II sebesar 58,33%. Berdasarkan data membuktikan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran dengan adanya penerapan model dan media. Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Keterampilan Menyimak, Cerita Pendek, Model Picture and  Picture, Media CD Cerita.  
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BERBICARA DENGAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI UNIVERSITAS PERADABAN Irma, Cintya Nurika; Setyorini, Ririn
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.863 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2573

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar, Berbicara, Metode Student Facilitator and Explaining
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG SASTRA DAN MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI KARYA SASTRA (STUDI KORELASI PADA MAHASISWA FKIP (LUAR JURUSAN PBS) UNIVERSITAS HAMZANWADI Nurmayani, Eva; Hilmiyatun, Hilmiyatun
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.538 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2651

Abstract

AbstractThe objectives of this study are to know : (1) the relationbetween the knowledge about literature and the ability to appreciate literature works; (2) the relation between reading interest on literature works and the ability to appreciate literature works; and (3) the relation between the knowledge about literature and reading intereston literature works with the ability to appreciate literature works.This study conducted in University of Hamzanwadi, Selong, East Lombok, West Nusa Tenggara. The method was correlation survey. The instruments were the test to know the ability to appreciate literature works, questionnaire about the knowledge of literature, and questionnaire about reading interest on literature works. The data analysis used regresion and correlation technics (simple and multiple). The conclusion of the study are the knowledge about literature and reading interest about literature works have meaningful contribution on the ability to aprreciate literature works.  Keyword : literature works, reading interest, knowledge about literature Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pengetahuan tentang sastra dan kemampuan mengapresiasi karya sastra; (2) hubungan antara minat membaca karya sastra dan kemampuan mengapresiasi karya sastra; dan (3) hubungan antara pengetahuan tentang sastra dan minat membaca karya sastra secara bersama-sama dengan kemampuan mengapresiasi karya sastra. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasi. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan mengapresiasi karya sastra, angket pengetahuan tentang sastra, dan angket minat membaca karya sastra. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, pengetahuan tentang sastra dan minat membaca karya sastra memberikan kontribusi yang berarti pada kemampuan mengapresiasi karya sastra Kata kunci: karya sastra, minat membaca, pengetahuan tentang sastra 
SYMBOLIC VIOLENCE AGAINST WOMEN IN SEPASANG MATA DINAYA YANG TERPENJARA SHORT STORY BY NI KOMANG ARIANI Arianto, Tomi
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.456 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2526

Abstract

Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara short story expressed various problems related to the imbalance of social structure between women and men in Bali society. This is done in a structured and continuous to become a convention that is rooted down to the smallest social structure in society that is family. From the problems above, the research defined that the social problems present in those literary work included to the scope of sociological problems in literature work. The formulations of the problems in this research are as follows: 1) What is the scope of symbolic violence contained in Sepasang mata dinaya yang terpenjara? 2) How does the symbolic violence forms contained in a short story Sepasang mata dinaya yang terpenjara? To answer the research question, the researcher used literary theory related with the approach of sociology Pierre Bourdieu. The method used in this analysis is qualitative descriptive. The result of the analysis shows that the short story reveals various problems related to the inequality of social structure between women and men in Balinese society which has been formed in a structured and continuous culture that is rooted down to the smallest social structure in the family. From the dichotomy of these structures then arise forms of symbolic violence adopted from Bourdieu’s terminology. This form of symbolic violence is experienced in layers by agents who have more capital and dominate such as the parents of Dinaya, her husband, and the people who apply the patriarchal culture. This form of symbolic violence is reflected in: symbolic violence by parents (including Dinaya's mother) against her child (Dinaya). symbolic violence of an individual Man (Dinaya's husband) against his wife (Dinaya), and Symbolic Violence by Society (cultural norms) on Balinese women.
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA LISAN BAIK DAN BENAR DALAM KELOMPOK KECIL KALANGAN MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS VICTORY SORONG Soulisa, Irwan
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.61 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v2i1.2785

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tak berstuktur bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa Indonesia lisan baik dan benar kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Victory Sorong tahun 2018. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif, mencakup analisis proses dan analisis data produk Validitas yang digunakan dalam penelitian ini validitas demokratik. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan kemampuan berbicara lisan Bahasa Indonesia baik dan benar kalangan mahasiswa prodi bahasa dan sastra Indonesia Unvic Sorong dari 14.30 menjadi 26.36, meningkat sebesar 12.06 atau 84.33%. Perubahan terjadi pada aspek pilihan kata, yaitu dari 1.56 menjadi 2.83 atau mengalami kenaikan 1.27 atau 81.41%. Perubahan juga terjadi pada aspek struktur yaitu dari 1.36 menjadi 2.63 atau mengalami kenaikan 1.27 atau 93. 38%. Perubahan juga terjadi pada aspek pelafalan yaitu dari 1.36 menjadi 2.70, naik1.14 atau 98.52%.Pada aspek intonasi naik dari 2.86 menjadi 5.20 artinya mengalami kenaikan sebesar 2.34 atau 81.88%. Pada aspek sikap wajar tenang dan tidak kaku naik dari 1.50 menjadi 2.63 artinya mengalami kenaikan sebesar 1.13 atau 75.33%. Pada aspek penguasaan medan naik dari 1.53 menjadi 2.66 atau mengalami kenaikan sebesar 1.13 atau 75.85%. Pada aspek penguasaan materi naik dari 2.66 menjadi 5.13 atau mengalami kenaikan sebesar 2.47 atau 92.85%. Kemudian pada aspek gerak-gerik dan mimic mengalami kenaikan dari 1.43 menjadi 2.70 atau naik sebesar 1.13 atau 79.02%.Kata kunci: Bahasa Indonesia Lisan, baik dan benar, dalam kelompok kecil.

Page 1 of 3 | Total Record : 26