cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 7 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Home Visit Terhadap Peningkatan Kognitif Anak Didik Nenden Munawaroh; Evi Siti Maesaroh; Saadan Maarif; Rian Setiawan
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1393

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Home Visit terhadap kemampuan kognitif anak didik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Adapun tempat penelitian ini di SDN Balewangi 1 Cisurupan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik deskrifsi. Menurut Piaget peningkatan kognitif dimulai dari proses-proses berpikir secara konkrit sampai dengan yang lebih tinggi yaitu konsep-konsep abstrak dan logis. Piaget meyakini bahwa anak-anak secara alami memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka memahami dunia tersebut. Penelitian menunjukan bahwa (1) adanya hubungan baik antara guru, anak didik dan orang tua yang menunjang perogram Home Visit (2) anak didk lebih terkondisikan, guru dapat mengevaluasi langsung setelah pembelajaran dan guru dapat mendiaknosis kesuliatan pemamahaman anak didik. Jadi dapat disimpulkan bahawa penelitian pengaruh pembelajaran Home Visit terhadap kemampuan kognitif anak didik ini adalah adanya pengaruh pembelajaran Home Visit pada kemampuan kognitif anak didik.
Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Nurdin Muhamad; Herdian Ricky
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1392

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa pendukung pembelajaran secanggih apapun dan sebaik apapun tanpa didukung oleh lingkungan belajar siswa (teman sejawat, guru, orangtua) yang mengarahkan mereka belajar dengan bagus maka hasilnya tidak akan maksimal. Motivasi merupakan kunci keberhasilan proses pembelajaran, karena sejatinya dapat menunmbuh kembangkan nilai-nilai positif yang dibutuhkannya dalam mempelajari pelajaran secara daring khususnya pada mata pelajaran matematika. Adapun siswa SD/MI membutuhkan dorongan dan rangsangan untuk memunculkan keinginan dalam belajar, salah satunya yaitu belajar bersama teman-temannya dengan batasan prokes dari pemerintah. Dengan dasar tersebut kami mencoba menerapkan pola pembelajaran dengan metode kerja kelompok. Untuk metode kami menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dimana hasinya dapat mengungkapkan dan memecahkan permasalahan yaitu dengan menggambarkan dan memaparkan data sesuai dengan data hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa motivasi belajar pada pelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran kerja kelompok, dengan tingkat hubungan 0,726 kategori kuat. Adapun besar pengaruh yang didapatkan adalah sebesar 52,71% sedangkan sisanya sebesar 47,29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hal tersebut menggambarkan bahwa meskipun belajar dimasa pandemi yang mengharuskan belajar dirumah, kami mencoba membimbing siswa dengan jumlah kelompok kecil (4-5 orang), hasilnya rataan kehadiran, pengumpulan tugas serta keaktifan dalam bertanya pun meningkat. 
Pengaruh Strategi Student Fasilitator And Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Nur Laily Qomariyah; Akhmad Fauzi
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1391

Abstract

Salah satu upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang aktif dan kreatif semisal menggunakan strategi Student Fasilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan mengetahui pengaruh strategi SFE dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 3 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pembelajaran dengan startegi SFE ini dilakukan secara online mengingat sekolah belum melakukan tatap muka di masa pandemi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, penilaian keterlaksanaan pembelajaran, dan berupa instrumen soal Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata observasi  sebesar 86,66 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat dari 14,3% menjadi 85,7% setelah pembelajaran dengan strategi SFE. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan strategi SFE dalam pembelajaran daring pada tema 8 subtema 3 terlaksana dengan sangat baik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Darussalam Pacet.
Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows Ledi Merlin Purwati; Rizky Arianty; Diah Malaka Syakilah; Saiful Ridlo; Endang Susilaningsih
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1287

Abstract

Indonesia dalam penilaian PISA termasuk dalam kategori rendah dalam kemampuan literasi. Hal ini diperlukannya berbagai upaya termasuk dalam evaluasi pembelajaran dengan menyediakan soal HOTS. Soal yang ideal akan melatih siswa untuk dapat berfikir kritis dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Anates 4.0.9 for windows. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang dibuat dalam penelitian ini ialah kisi-kisi soal dan butir soal HOTS. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 3 Kerandon Kabupaten Cirebon sejumlah 30 siswa. Hasil analisis menunjukkan mayoritas tingkat kesukaran soal kategori mudah, mayoritas daya pembeda soal kategori baik, efektivitas pengecoh kategori sangat baik, validitas soal sejumlah 16 dan soal yang diujikan bersifat reliabel. Hasil yang diperoleh kemudian dirangkum menjadi satu dalam rekap analisis butir soal.
Manfaat Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Mutu Proses Pembelajaran Nurul Fatonah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1382

Abstract

Dana mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses pembelajaran karena merupakan salah satu faktor yang menunjang mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran. Penelitian berlokasi di SDIT Assalam Garut Kota mengingat aktualisasi permasalahan yang diteliti serta ketersediaan pihak sekolah dalam mendukung kelancaran penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif inverensial yaitu menggambarkan kondisi sebenarnya dengan statistika sebagai alat ukur dalam pengujiannya. Dengan pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan angket Analisis data dilaksanakan dengan cara mengidentifikasi data yang tersusun dalam tabel berdasarkan klasifikasi masalah dan penafsiran tabel – tabel dengan menggunakan skala interval. Dan selanjutnya untuk menghitung nilai korelasi dengan menggunakan rank spearman. Adapun jumlah respondennya yaitu 22 orang yang merupakan pendidik yang sedang mengajar. Hasil yang diperoleh diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi atas pengaruh kontribusi manfaat dana bantuan operasional sekolah (Variabel X) terhadap mutu proses pembelajaran (Variabel Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,52. Angka ini termasuk kedalam kriterai cukup kuat. Dengan demikian manfaat dana BOS memberikan pengaruh cukup kuat terhadap mutu proses pembelajaran. Adapun besarnya kontribusi pengaruh kontribusi manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran sebesar 27%. Sedangkan sisanya sebesar 73% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan) H. Yufi Mohammad Nasrullah; Yasya Fauza Wakila; Nurul Fatonah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1394

Abstract

Pada masa dimana pendidikan sudah menyebar luas ke seluruh pelosok negeri, ternyata masih banyak peserta didik yang memiliki karakter kurang baik sehingga mencerminkan bahwa  tujuan dari pendidikan belum sepenuhnya berhasil tercapai terutama dalam menanamkan karakter mulia pada peserta didik. Dari kejadian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peneguhan karakter Islami peserta didik melalui rukun iman dengan menggunakan 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan) di SMP Muhammadiyah Cilawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan dan penerapan metode 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan) dalam rukun iman, untuk meneguhkan karakter peserta didik efektif diterapkan karena segala sesuatu hal harus melalui pemahaman terlebih dahulu, sehingga dengan adanya paham maka akan timbul sebuah pemikiran dan keyakinan yang menjadikan  karakter seorang peserta didik itu baik layaknya sebagai orang yang beriman pada Allah SWT. Setelah dipahami, rukun iman tersebut diamalkan serta dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Mutu Proses Pembelajaran Fatonah, Nurul; Hilman, Irfan
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.1382

Abstract

Dana mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses pembelajaran karena merupakan salah satu faktor yang menunjang mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran. Penelitian berlokasi di SDIT Assalam Garut Kota mengingat aktualisasi permasalahan yang diteliti serta ketersediaan pihak sekolah dalam mendukung kelancaran penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif inverensial yaitu menggambarkan kondisi sebenarnya dengan statistika sebagai alat ukur dalam pengujiannya. Dengan pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan angket Analisis data dilaksanakan dengan cara mengidentifikasi data yang tersusun dalam tabel berdasarkan klasifikasi masalah dan penafsiran tabel – tabel dengan menggunakan skala interval. Dan selanjutnya untuk menghitung nilai korelasi dengan menggunakan rank spearman. Adapun jumlah respondennya yaitu 22 orang yang merupakan pendidik yang sedang mengajar. Hasil yang diperoleh diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi atas pengaruh kontribusi manfaat dana bantuan operasional sekolah (Variabel X) terhadap mutu proses pembelajaran (Variabel Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,52. Angka ini termasuk kedalam kriterai cukup kuat. Dengan demikian manfaat dana BOS memberikan pengaruh cukup kuat terhadap mutu proses pembelajaran. Adapun besarnya kontribusi pengaruh kontribusi manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran sebesar 27%. Sedangkan sisanya sebesar 73% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 7