cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS DI LINGKUNGAN MADRASAH ISLAMIAH Ijudin .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.52

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan pendidikan kejuruan jenjang SMA di lingkungan Madrasah Islamiah. Metodologi pembahasan yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis kasual efekual. Adapun kesimpulan berdasarkan hasil pembahasan bahwa: pendidikan harus mampu menumbuhkan kemampuan untuk berswadaya dan mandiri dalam menjalani kehidupan; menumbuhkan etos kerja, mempunyai aspirasi pada kerja, disiplin dan jujur; sehingga pendidikan perlu didesain agar mampu menjawab tantangan masyarakat agar menuju masyarakat madani serta lentur pada perubahan zaman dan masyarakat. Kata Kunci: Pendidikan Kejuruan, Madrasah Islamiah
PENDIDIKAN KUNCI BAGI GERAKAN KAUM WANITA DI INDONESIA (STUDY KASUS TERHADAP BKSWI JABAR) Masripah .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.53

Abstract

Pendidikan bagi kaum wanita sangat memprihatinkan. Wanita masih memiliki masalah besar diantaranya yaitu Kultur yang menomorduakan wanita, Sistem struktur sekolah kurang memberikan kesempatan bagi wanita, Lemahnya kesetaraan gender, Manajemen rumah tangga belum seimbang, Kesepakatan pasangan yang melemahkan wanita. BKSWI sebagai Federasi Ormas Wanita Islam ikut berpartisipasi memberikan solusi dan kontribusi positip terhadap peningkatan harkat dan martabat kaum wanita dengan mengedepankan Persamaan dan Kebersamaan diantara pengurus dan ormas anggota untuk membangun Pendidikan Wanita dalam berbagai bidang baik sosial, keagamaan, dan kesehatan. Dengan mengedepankan budaya BKSWI Jabar diantaranya Kejujuran, kredibilitas, dan amanah adalah katakter kami,Meningkatkan dan mengembangkan potensi diri dengan belajar sepanjang hayat adalah bagian hidup kami, Husnudzon terhadap orang lain dan menghargai perbedaan adalah jiwa kami, Kesabaran, uswah (keteladanan), dan keterbukaan adalah watak kepemimpinan kami, Efisiensi, efektivitas, dan produktivitas adalah prinsip kami dalam melaksanakan berbagai program. Kata Kunci : Pendidikan, Gerakan Wanita, BKSWI JABAR
STRATEGI PENGEMBANGAN ILMU Acep Rahmat
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.54

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa filsafat ilmu yang bagian dari filsafat pengetahuan atau epistemologi menjelaskan jawaban atas berbagai pertanyaan. Filsafat ilmu merupakan bidang kajian filsafat yang secara umum menyelidiki syarat-syarat serta bentuk-bentuk pengetahuan ilmiah. Apalagi filsafat ilmu erat hubungannya dengan logika dan metodologi. Pada dasarnya filsafat ilmu bertujuan pada sebuah tanggung jawab penuh bagi seorang ilmuan. Maka dibutuhkan suatu “overview” untuk meletakkan jaringan interaksi untuk saling menyapa menuju hakikat ilmu yang integral dan integratif. Demi mencapai sebuah ilmu yang lebih valid, baik dan bermanfaat secara terus menerus dan berkelanjutan. Kata kunci : filsafat, ilmu, pengetahuan, epistimologi, logika
MENGAJAR YANG EFEKTIF MENJADI PENENTU KUALITAS SEORANG GURU Aja Rowikarim
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.55

Abstract

Proses pendidikan disekolah-sekolah dihadapkan pada kompleksitas dan beragamnya prilaku siswa dalam proses belajar, keberhasilan anak didik dalam lingkungan belajar walupun dipengaruhi oleh sifat bawaan individu pelajar dan lingkungannya, tetapi peran guru dalam pembelajaran menjadi tumpuan harapan paling dominan atas keberhasialan siswa dalam belajar yang diharapkan oleh semua pihak. Tentunya berdasarkan ekpektasi tersebut, kemampuan mengajar yang efektif dalam semua hal sangat diperlukan. Guru harus memiliki pengetahuan materi ajar dari berbagai sudut pandang, keahlian cara mengajarkannya, profesional melakukan tugas gurunya, komitmen serta motivasi tinggi mencurahkan perhatian kepada murid-muridnya. Kata kunci: Penggetahuan , keahlian, profesinal, komitmen, motivasi
IMPLIKASI UU SISDIKNAS TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Nurjaman, Ujang
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.56

Abstract

Eksistensi pendidikan Islam, hubungan langsungnya bukan dengan masa atau era tertentu, melainkan situasi dan kondisi rill kaum muslimin pada masa atau era tersebut. Dalam perspektif demikian ini, pendidikan Islam hanya dapat menjalankan fungsinya untuk memajukan kaum muslimin di tengah dinamika kehidupan bangsa, manakala kaum muslimin memiliki kemampuan otoritatif untuk mendukung eksistensi pendidikan Islam. Dalam formulasi lain, kaum muslimin dan pendidikan Islam, adalah dua hal yang dari segi tertentu dapat dibedakan, tetapi tidak mungkin dipisahkan. Konsekuensinya, untuk dapat memahami dan menjelaskan dengan baik implikasi UU SISDIKNAS terhadap pendidikan Islam hal ini ditempuh dengan mencermati secara predikatif sebagai aspek kehidupan kaum muslimin pada saat ini dengan berbagai pendekatan yang ada. Kata kunci : UU SISDIKNAS, Pendidikan, Islam, IMPLIKASI
AGAMA MEMBENTUK KEPRIBADIAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN H. Djudju Nujuludin
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 7, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v7i1.51

Abstract

Pendidikan tidak berbicara untuk hari ini tapi lebih berbicara ke masa yang akan datang. Seorang yang memiliki amanat kepemimpinan termasuk dalam pendidikan adalah mereka yang mampu melakukan terobosan dengan melakukan perunbahanperubahan. Pendidikan dalam Islam selain membentuk manusia yang cerdas juga mampu mennghasilkan manusia yang beriman dalam arti kata yang utuh. Pendidikan membentuk manusia yang mampu memiliki hubungan secara vertical dan horizontal. Manusia terdidik yang mampu menciptakan hubungan secara vertical dengan Alloh swt. sebagai pencipta jagat raya ini, mampu menciptakan hubungan dengan sesama manusia dan dengan alam lain sebagai pendukung kehidupannya. Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari kepribadian dan gaya kepemimpinan seorang pemimpin pendidikan, dari tingkat makro, messo dan mikro sampai dengan kepemimpinan kepala di sekolah dan kepemimpinan guru di kelas. Agama Islam, dengan konsep Akhlak yang telah diterapkan oleh para pemimpin terdahulu dapat menghasilkan para pemimpin yang memiliki kepribadian dan gaya kepemimpinan yang mampu melakukan perubahan wajah dunia ini. Kata kunci: Kepribadian, Kepemimpinan, Pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6