cover
Contact Name
Nadya Safitri, S.T., M.Kom.
Contact Email
nadyasafitri@binainsani.ac.id
Phone
+6282214400040
Journal Mail Official
jmbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bina Insani
ISSN : 25286919     EISSN : 25286919     DOI : -
Jurnal Mahasiswa Bina Insani merupakan jurnal interdisiplin yang melingkupi aspek-aspek tentang Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Ekonomi Makro dan Mikro, Kesekretarisan, Komunikasi, Humas, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing, dan Administrasi Kantor. Jurnal ini juga mengkaji Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang Keputusan. Selain itu Lingkup kajian jurnal ini juga meliputi substansi-substansi berikut: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keperilakuan, Sistem Informasi Akuntansi, Pengauditan, Etika Profesi, Perpajakan , Akuntansi Syariah, Pendidikan Akuntansi, Good Governance, Corporate Social Responsibility, Fraud & Forensic Accounting. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)" : 10 Documents clear
Prosedur Penilaian Kinerja Karyawan Operator Departemen Produksi Pada PT Martina Berto Tbk. Anisah Anisah; Siti Rahmawati
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.853 KB)

Abstract

Abstrak: Penilaian kinerja merupakan suatu evaluasi untuk mengetahui semua kekurangan kinerja karyawan yang akan ditemukan pada saat melakukan penilaian. Dalam hal ini penilaian kinerja sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan motivasi bagi karyawan, agar terus dapat bekerja dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Prosedur Penilaian Kinerja Karyawan Operator Departemen Produksi pada PT Martina Berto Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan cara membandingkan prosedur penilaian kinerja di perusahaan dengan konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur penilaian kinerja karyawan pertama dimulai dengan mengidentifikasi tujuan penilaian, ke dua menetapkan kriteria penilaian yang digunakan berdasarkan hubungan dengan pekerjaan dan karakteristik individu, ke tiga memeriksa pekerjaan yang dijalankan berdasarkan job description, penilaian dilakukan 6 bulan sekali untuk karyawan kontrak, sedangkan 1 tahun sekali untuk karyawan tetap, ke empat menilai kinerja pihak yang menilai yaitu atasan langsung dan tidak langsung, metode yang digunakan dalam penilaian adalah metode skala penilaian, ke lima mendiskusikan penilaian bersama karyawan dan terakhir tindak lanjut yang diberikan dari hasil penilaian berupa pemberian penghargaan atau hukuman, untuk karyawan kontrak penghargaan diberikan berupa diperpanjang atau diangkat menjadi karyawan tetap, hukuman berupa kontraknya diputus, sedangkan karyawan tetap hukuman berupa mutasi dan demosi, penghargaan berupa kenaikan gaji yang cukup tinggi dan promosi. Kata kunci: Penilaian kinerja, operator produksi Abstract: The performance assessment is an evaluation to determine any deficiencies employee performance to be found at the time of assessment. The performance assessment is very important for companies to provide motivation for employees, to continue working properly. The purpose of this study was to determine The Procedure of Employee Operator Performance Evaluation in Production Department on PT Martina Berto Tbk. The method used is descriptive analysis technique by comparing the company's performance in the assessment procedure with the concept. The results showed that the performance appraisal procedure first begins with identifying the purpose of the assessment, The second establishes the assessment criteria used were based on The second set of assessment criteria used were based on the relationship between work and individual characteristics, The third check work undertaken by job description, assessment is carried out once every 6 months for contract employees, while one year for permanent employees, The fourth judge the performance of people who judge are the direct and indirect boss, the methods used in the assessment is rating scales method, Fifth discuss joint assessment of employees and the last follow-up were given the results of the assessment in the form of reward or punishment, for contract employees reward is given in the form of extended or appointed as permanent employees, punishment in the form of contract was terminated, while permanent employees punishment in the form of mutation and demotion, rewards in the form quite high salary increase and promotions. Keywords: Assessment of performance, production operator
Sistem Informasi Pemilihan Siswa Terbaik SMP Tinta Emas Indonesia Bangga Tua Siregar; Herlawati Herlawati
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.004 KB)

Abstract

Abstrak:Dalam menentukan siswa terbaik akan selalu menjadi proses yang memerlukan waktu yang lama dan rumit. SMP Tinta Emas Indonesia dalam hal pemilihan siswa terbaik sudah memiliki kirteria yang diharus dimiliki siswa, yaitu nilai akademik, ahklak atau prilaku, kedispilinan, dan keaktifan siswa dalam organisasi sekolah. Pembuatan dan pengembangan sebuah sistem pemilihan dengan menggunakan Metode Waterfall dan yang mengacu pada Metode Perbandingan Eksponensial bertujuan untuk mempermudah pihak sekolah dalam menentukan siswa terbaik. Metode Perbandingan Eksponensial merupakan metode yang mampu menentukan prioritas alternatif keputusan dengan menggunakan beberapa kriteria. Penentuan nilai bobot dan nilai kepentingan dalam setiap kriteria sangat diperlukan untuk mempermudah dalam proses perhitungan dengan metode perbandingan eksponensial. Proses implementasi sistem informasi pemilihan siswa terbaik dilakukan dengan sample 20 orang siswa. Hasil dari implementasi didapatkan bahwa siswa bernama Camelia Fathum memperoleh nilai tertinggi dengan skor 779, dan siswa bernama Widya Indah Setyani memperoleh nilai terendah dengan skor 165. Kata Kunci :Metode Perbandingan Eksponensial, Sistem Pemilihan Siswa Terbaik, Waterfall. Abstract:In terms of determine the best student which would require hard process and takes such a long time. SMP Tinta Emas Indonesia had already own criterias that students should achieve in case of selection the best students there are; academic values, morals and behaviours, disciplinary and student's activeness in school organization. The establishment and development of selection system with “Waterfall Method” which also refers to “Exponential Comparison Method” has purpose to facilitate the school to decided the best student. The exponential comparison method is a method that able to determine an alternative decision priority with some criterias. Determination the score and values of interest in each criteria is needed to simplify the counting process in this method. The implementation process of this system information is to deciding the best student, we took 20 students in first grade on SMP Tinta Emas Indonesia as samples. The result showed that student named Camellia Fathum got the highest score with 779 point, and Widya Indah Setyani got 165 point as the lowest score.information technology devices are expected to facilitate IT departments in data processing at any time using the website facility. Keywords: Best Student Selection System, Exponential Comparison Method, Waterfall Method.
Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Prosedur Penggajian Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Direktorat Jendral Perhubungan Udara Chalimatun Sa’diah; Khalisah Visiana Subekti
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.768 KB)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Sistem Pengendalian Intern terhadap Prosedur Penggajian PNS yang sesuai dengan komponen COSO dan PP No.60 Tahun 2008 pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Sistem pengendalian intern penggajian PNS pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menunjukkan bahwa pengendalian internal telah dilakukan dengan baik. Terdapat pemisahan fungsi yang sesuai dengan struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang baik, serta praktik yang sehat dalam pelaksanaan fungsi setiap unit organisasi. Kata Kunci:Sistem Pengendalian Intern, Sistem, Prosedur Penggajian Abstract:This study aims to know about the system internal control procedures salary of civil servants in accordance with components COSO and PP the government regulation No.60 2008 in Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Data collections method used observation, interview, and the library study. While the method of analysis the data used qualitative analysis. The research has been done can be concluded that the existence of the structure of the organization have limits the authority and responsibility of the separation a duty in any activity and authorizing proper. Internal control system of the recitation civil servants or PNS in Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara shows that controllinggood. There are separation functions corresponding to those of the structure of the organization, system authorization and procedures recording good, and practices that kind in the implementation of the function of all organizational unit. Keywords:Internal control system, system, procedure salary
Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Obat Pada Apotek Nabila CareBekasi Tirta Alvi Fagasta; Widyo Wicaksono; Rita Wahyuni Arifin
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.987 KB)

Abstract

Abstrak:Sistem informasi merupakan bagian penting dalam mengelola dan menjalankan semua kegiatan. Satu diantaranya adalah sistem informasi penjualan dan pembelian obat, sistem informasi penjualan dan pembelian obat yang sekarang ini digunakan di Apotek Nabila Care Bekasi masih belum menggunakan sistem informasi berbasis komputer. Dalam memenuhi kebutuhan apotek khususnya untuk menangani masalah penjualan dan pembelian obat,pembuatan laporan, sistem penjualan dan pembeliannya belum berjalan secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan sehingga apotek masih membutuhkan sistem yang lebih baik dengan menggunakan sistem komputerisasi. Metode pengembangan sistem, penulis menggunakan metode Waterfall dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Sedangkan alat bantunya menggunakan UML. Implementasi dan rancangan program penulis menggunakan Visual Studio 2005 dengan SQL Server sebagai Databasenya serta Crystal Report sebagai tampilan dari output aplikasi yang penulis buat. Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi penjualan dan pembelian obat pada Apotek Nabila Care Bekasi diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data penjualan dan pembelian obat dengan cara meminimalisasi atau bahkan menghilangkan kesalahan, sehingga sasaran dan tujuan dari Apotek Nabila Care Bekasi dapat tercapai secara maksimal. Kata Kunci:Sistem Informasi, Apotek, Obat, Penjualan, Pembelian. Abstract:The information system is an important part in managing and running all the activities. One of them is the information system of sales and purchase of medicines, information systems sales and purchase of drugs currently used in the Pharmacy Care Nabila Bekasi still not using the computer-based information systems. In meeting the needs of pharmacies, especially for dealing with the sale and purchase of drugs, report generation, sales and purchase system has not run optimally as expected so the pharmacy still need a better system by using a computerized system. System development methods in the preparation of this thesis, the author use the Waterfall method with data collection techniques used were interviewed, observation, and literature. While supporting equipment using UML. Implementation and program design author using Visual Studio 2005 with SQL Server as the database is and Crystal Report as a display of the output application that the author made. With the implementation of information system applications sales and purchase of medicines in pharmacies Nabila Care Bekasi is expected to simplify and speed up data processing, sales and purchase of drugs in a way to minimize or even eliminate the error, so that the goals and objectives of Nabila Care Pharmacy Bekasi can be achieved to the fullest. Keywords:Information System, Pharmacy, Drug, Sales ,Purchasing.
Sistem Informasi Inventory Dengan Metode FIFO Pada PT Albahar Cipta Sentosa Bekasi Pratiwi Setyarini; Didik Setiyadi; Fata Nidaul Khasanah
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.343 KB)

Abstract

Abstrak:Sistem Inventory diartikan sebagai proses masuk dan keluarnya barang pada gudang. Perancangan sistem informasi inventory merupakan sistem yang dibuat untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem yang ada pada PT Albahar Cipta Sentosa. PT Albahar Cipta Sentosa merupakan perusahaan agen tabung gas yang mendistribusikan gas ke berbagai pangkalan dan warung-warung yang ada di Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode First In First Out(FIFO). Juga dengan melakukan penelitian studi kasus yang menganalisis bagaimana bentuk bisnis proses di perusahaan ini. Kata Kunci :First In First Out, FIFO, Inventory. Abstract: Inventory system menas the input process and output process of such a thing in a warehouse. Inventory information system is a system created to improve and develop the existing system at PT Cipta Sentosa Albahar. Albahar PT Cipta Sentosa which is an agent company that distributes gas cylinders of various kinds and stalls in Bekasi. The research method used is the First In First Out (FIFO). Also by doing a case study that analyzes how is the business processes in the company. Keywords: :First In First Out, FIFO, Inventory.
Sistem Informasi Penjualan Oli Berbasis Web Pada PT. Sadikun Niagamas Raya Cibitung Faisal Nur Jabbar; Maulana Maulana; Syahbaniar Rofiah
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.205 KB)

Abstract

Abstrak:PT.Sadikun Niagamas Raya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk-produk oli petronas seperti Syntetic. Sistem penjualan yang ada di PT. Sadikun Niagamas Raya adalah berupa pembelian yang dilakukan dengan mendatangi perusahaan secara langsung dan melakukan penjualan dengan mendatangi toko-toko oli di seluruh Indonesia. Kendala yang dialami oleh PT. Sadikun Niagamas Raya adalah dalam hal pengelolaan produk, serta dalam pembuatan laporan penjualan yang belum tersusun dengan baik sehingga informasi yang diterima kurang baik. Selain itu kondisi perusahaan yang sedang direnovasi menjadi alasan mengapa perlu membangun layanan E-commerce pada PT. Sadikun Niagamas Raya. Pembangunan layanan E-commerce di PT. Sadikun Niagamas Raya merupakan suatu inovasi untuk meningkatkan penjualan dan memudahkan dalam pengelolaan produk serta dalam pembuatan laporan penjualan, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pihak perusahaan dan pelanggan. Dengan adanya layanan E-commerce ini pelanggan dapat melakukan pemesanan produk secara online. Layanan E-commerce ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: rekayasa perangkat lunak, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta terhadap layanan E-commerce PT. Sadikun Niagamas Raya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan E-commerce ini dapat membantu dalam pengelolaan produk, pembuatan laporan penjualan dan dapat menjadi alternatif media penjualan untuk PT. Sadikun Niagamas Raya. Kata Kunci :E-commerce, Sistem informasi penjualan berbasis web, Oli petronas, PT.Sadikun Niagamas Raya, Marketing Generated Abstract: PT. Sadikun Niagamas Raya is Company's that specializes in sales of oil products such as Syntetic. System sales in PT. Sadikun Niagamas Raya is in the form of purchases made by going to the company directly, and make the sale by visiting stores oil, in entire Indonesian. The limitations experienced by PT. Sadikun Niagamas Raya is in terms of product management, as well as in making sales report which has not been well structured so that the information received is less good. Furthermore, the conditions have not yet possible to use the Company's to resell the reason why it is necessary to build E-commerce services at PT. Sadikun Niagamas Raya. The development of E-commerce in PT. Sadikun Niagamas Raya is an innovation to increase sales and ease of management in production, and sales reports, in such a way as to ensure benefits for company and customers. With E-commerce services, customers can order products online. E-commerce services is built using the waterfall method which consists of several steps, namely: software engineering, systems analysis, system design, system implementation, system testing and system maintenance. Based on the results of alpha and beta testing E-commerce services in PT. Sadikun Niagamas Raya, it can be concluded that E-commerce services can help in product management, manufacturing, and sales reports can be an alternative media for sales PT. Sadikun Niagamas Raya Keyword :E-commerce, web-based sales information system, Oli petronas, PT. Sadikun Niagamas Raya, Marketing Generated
Hubungan Pelayanan Bagian Umum dan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Romy Setiawan; Isyana Rahayu
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.372 KB)

Abstract

Abstrak: Persaingan antar perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan kepuasan atas pelayanan terhadap pelanggan semakin besar. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan terhadap konsumen dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan atau konsumen memberikan loyalitas dan kepercayaan terhadap perusahaan atas penyediaan kebutuhan. Perusahaan yang memiliki pelanggan dengan loyalitas tinggi terhadap perusahaan memudahkan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. Rasa puas pelanggan harus diketahui perusahaan untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan terhadap kinerja perusahaan pada pelayanan terhadap masyarakat. Perbaikan dalam kinerja perusahaan tersebut membantu dalam memenuhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan dan memperbaiki pada pelayanan yang kurang tepat menurut pelanggan. Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan. Abstract: Competition inter companies to meet consumer needs and provide customer satisfaction of service to greater. One of the actions to satisfy the consumer is to provide services to consumers as well as possible. Good service will make customers or sonsumers give loyalty and confidence in the provider company needs. Companies that have customers with high loyalty to the company. Complacency must be known enterprise customers to evaluate and make improvements to the performance of the company to service to the community. Improvement in the performance of the company assist in customer satisfaction with the services given by the company and improve the service less than satisfactory according to the customer. Keywords: Customers Satisfaction, Service Quality.
Sistem Informasi Persediaan, Pembelian dan Penjualan Barang Pada CV Evee Store Cileungsi Krisendo Setiawan; Herlawati Herlawati; Endang Retnoningsih
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.878 KB)

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi yang didukung dengan perkembangan software maupun hardware yang semakin maju akan banyak membantu dalam mempermudah pengolahan data penjualan dan pembelian barang serta persediaan barang. Sistem persediaan barang pada CV Evee Store masih manual dan tidak terintegrasi dengan baik. Hal ini menyebabkan sering terjadi redudansi data sehingga data persediaan barang menjadi tidak dapat dikontrol dengan baik. Pencarian data stok barang masih sangat lama karena tidak adanya pengkodean pada setiap barang. Pembuatan laporan masih manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini memiliki tujuan utama agar terbangunnya sistem informasi dapat membantu CV Evee Store dalam pengolahan data persediaan barang yang bersumber dari pembelian dan penjualan. Metode yang digunakan adalah waterfall dengan menggunakan Normalisasi dan ERD dalam pendefenisian database dan juga relasinya. Dalam pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Net dan menggunakan SQL Server sebagai databasenya. Diharapkan dengan adanya sistem ini hasil yang di dapat menjadi lebih baik dan pemrosesan data menjadi lebih cepat agar dapat memaksimalkan kinerja petugas dalam pengolahan data sistem persediaan barang. Kata Kunci: pembelian, penjualan, persediaan barang, SDLC, sistem informasi. Abstract: Technological developments are supported by the development of software and hardware is more advanced will be of much help in facilitating data processing sales and purchases of goods and inventories. Inventory system on a CV Evee Store is still manual and not well integrated. This causes frequent data redundancy so that data into inventory can not be controlled properly. Search inventory data is still very long because of the absence of coding on each item. Making the report still manual so it takes a long time. This study has the main goal to be the establishment of information systems can help CV Evee Store in the processing of inventory data sourced from purchases and sales. The method used is the waterfall with using normalization and ERD to define the database and also relationships. In making the application using Visual Basic programming language. Net and use SQL Server as the database. It is expected with this system results can be better and faster data processing in order to maximize the performance of staff in data processing inventory system. Keywords: information systems, inventory, purchasing, sales, SDLC.
Sistem Pengendalian Internal terhadap Pengelolaan Dana Kas Kecil pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek Fauziah Intan Sari; Fidya Sutiono
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.514 KB)

Abstract

Abstrak: PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Jakarta-Cikampek adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol. Dalam kegiatan yang dilakukan oleh PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek pendanaan berasal dari kantor pusat yang disebut dana kas kecil. Dalam pengelolaan dana kas kecil, perusahaan menggunakan aturan yang sudah ditentukan, serta perlu adanya penerapan sistem pengendalian internal dalam prosedur pengelolaannya agar pengelolaan dana kas dapat berjalan sesuai dengan SOP yang ditentukan perusahaan. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer aktif dan pasif, data sekunder internal dan eksternal. Semua data tersebut dikumpulkan melalui metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan evaluasi penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prosedur pengelolaan dana kas kecil pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Jakarta-Cikampek sudah berjalan dengan baik meskipun ada unsur yang belum diterapkan pada fungsi yang terkait dalam prosedur pengelolaan dana kas kecil. Kata Kunci: Pengelolaan Dana Kas Kecil, Prosedur, Sistem pengendalian internal. Abstrack: PT Jasa Marga (Persero) Tbk branch of Jakarta-Cikampek is a company engaged in the service plan, build, operate and maintain toll roads and other means of apparatus so that the motorway can serve as highways that provide more benefits than public roads instead of the interstate. In activities conducted by PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek branch funding comes from the central office called the petty cash fund. In the management of petty cash funds, the company uses predefined rules, as well as the need for the implementation of internal control systems in its management procedures in order to cash fund management can be run in accordance with its specified SOP. In this study, the type of data used are passive and active primary data, secondary data, internal and external. All data were collected through interviews and observation methods. Data analysis techniques used in this research is qualitative descriptive analysis technique. Based on the evaluation of the study, it can be concluded that the procedures for the management of petty cash funds at PT Jasa Marga (Persero) Tbk branch of Jakarta-Cikampek already well underway although there is an element that has not been applied to the functions related to the management of petty cash fund procedures. Keywords: Internal Control Systems, Management of Petty Cash Funds, Procedures.
Penyimpanan Arsip Permanen Pada Sub-Direktorat Sumber Daya Manusia PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) Anggitia Nur Agustien; Selfiana Selfiana
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.177 KB)

Abstract

Abstrak: Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Kearsipan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi karena arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam suatu kantor. Sebuah organisasi tidak dapat mengingat semua catatan dan dokumen secara lengkap, jika tidak ada arsip. Sistem kearsipan disebut juga dengan filing, yaitu sistem yang berhubungan dengan arsip. Faktor yang menyebabkan arsip tidak dikelola dengan baik karena kurang adanya kesadaran dari para pegawai, juga tidak tersedia tenaga khusus dalam bidang kearsipan dan banyak juga perusahaan yang kurang memperhatikan sistem kearsipan tersebut, baik dari segi pemeliharaan dan penyimpanannya, sehingga arsip sulit ditemukan kembali apabila sewaktu-waktu diperlukan. Kata kunci : arsip, ICON+, permanen, sumber daya manusia, simpan. Abstract: Filing a part of office work is very important. Filing is needed in the administration because the archive is the memory center of all activities within an office. An organization can’t remember all the records and documents are complete, if no archive. The system is also called the archival filing, the system associated with the archive. Factors that cause the archive is not managed properly because of a lack of awareness of employees, is also not available for specialized personnel in the field of archives and many companies are paying less attention to the archival system, both in terms of maintenance and storage, so that the archive is hard to find back if at any the time required. Keyword: file, ICON+, pemanency, human resource development, safe.

Page 1 of 1 | Total Record : 10