cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018" : 19 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Gandusari Trenggalek Supraptani, Supraptani
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.163 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.78

Abstract

Pendidikan di sekolah dapat menunjang proses pertumbuhan dan pengembangan potensi yang ada pada peserta didik agar mampu menjalankan tugas-tugas kehidupan sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Kenyataan di lapangan siswa susah memahami pelajaran IPS alasanya dikarenakan pembelajaran yang monoton, lebih banyak hafalan, guru mendominasi kegiatan pembelajaran dengan lebih banyak kegiatan ceramah sehingga siswa menjadi pasif, kadang-kadang menggunakan metode diskusi biasa, yang aktif hanya siswa yang pintar saja, yang lain lebih banyak diam atau melakukan kesibukan sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar ips materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas vii semester ii tahun pelajaran 2017/ 2018 di SMP Negeri 2 Gandusari Trenggalek. Berdasar hasil penelitian tindakan kelas, pada Siklus I kebanyakan siswa belum berani mengemukakan pendapat sehingga banyak waktu yang terbuang. Siswa kurang berani memberikan masukan terkait dengan pokok masalah dalam Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan. Kebanyakan siswa menunggu dan bergantung kepada siswa lain yang dianggap memiliki kelebihan dalam kepandaian daripada dirinya. Akan tetapi pada Siklus II, siswa sudah berani mengemukakan pendapat. Siswa berebut kesempatan untuk menyampaikan hasil kerjanya tentang topik Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan. Demikian halnya dengan saat mengomentari presentasi temannya.
Penerapan Snowballing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXF SMPN 9 Blitar pada Materi Pola Bilangan Srisusilaningtyas, Dijah Rumanti
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.102 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.74

Abstract

Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu didesentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah. Dengan demikian sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu memperbaiki praktek pembelajaran dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran menuju lebih baik dengan metode snowballing. Rancangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang telah lazim digunakan, penelitian dirancang dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap. Siklus I meliputi Tahap Perencanaan dan Tahap Pelaksanaan. Pada siklus 2, prosesnya sama dengan siklus 1, hanya ada perbaikan-perbaikan dari siklus sebelumnya yaitu guru mengoptimalkan bimbingan diskusi kelompok dan guru lebih mengaktifkan siswa dalam pelaksanaan diskusi kelas. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 9 Blitar kelas 9F Semester 2 Tahun 2015/2016. Jumlah siswa 33 terdiri dari laki-laki 19 siswa dan perempuan 14 siswa. Berdasarkan data nilai pada siklus I dan siklus II terlihat tingkat penghargaan kelompok pada siklus I kelompok atas mendapat 59,8 %, kriteria (Kurang) dan pada siklus II kelompok atas meningkat menjadi 80,2 % (Baik). Maka dapat dikatakan dengan metode pembelajaran Snowballing siswa sudah mengalami perubahan peningkatan hasil belajar dari tingkat D (Kurang) berubah meningkat pada tingkat B (Baik). Untuk itu perlu adanya upaya lagi yang lebih optimal untuk mencapai hasil pembelajaran tingkat A (Sangat Baik)..
Model Pembelajaran Picture And Picture Sri Wahjuni
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.592 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.84

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.deskriptif kualitatif, dilaksanakan dalam dua siklus dan telah melalui empat tahap penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Lokasi penelitian adalah SDN Sentul 2 pada kelas I yang terletak di Jalan Ir.Soekarno no. 23 Blitar Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 4-7 bulan September tahun 2017 selama 2 siklus, dalam tiap siklus ada 2 kali pertemuan (2 X 35 jam pelajaran). Pada siklus I pertemuan I, terdapat 11 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau 42,31%. Pada pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 13 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau 50%. Berdasarkan paparan data tersebut ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan pendek melalui model Picture and Picture mengalami peningkatan. Pada siklus II pertemuan 1, nilai rekapitulasi keterampilan siswa mencapai peningkatan dengan ketuntasan klasikal sebanyak 17 siswa atau 65,38% dan terus meningkat pada pertemuan 2 siklus II menjadi 22 siswa tuntas atau 84,62%.
Perbedaan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Jigsaw Dan Two Stay Two Stray Dengan Kemampuan Awal Di Sma Negeri 1 Terbanggi Besar Tri Indah Utami
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.654 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.79

Abstract

The difference of students achievement in mathematics by using jigsaw and two stay two stray model learning with entry behavior at SMA N 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah. The objectives of this research are to describe : 1) the interaction between learning and entry behavior on student’s achievement, 2)the difference of students achievement between Jigsaw and TSTS model learning, 3)the difference of students achievement through Jigsaw and TSTS model learning for high entry behavior students, 4)the difference of students achievement through Jigsaw and TSTS model learning for low entry behavior students. The method used is experimental research. The population of the research was conducted at two classes with the samples of students class X IPA 2 and X IPA 6 in SMA N I Terbanggi Besar Central Lampung , involving 64 students.The data collecting was done by using test instrument. Then the data analysis used variant analysis with two directions and T-test. The research results show that : (1) there is an interaction of student’s achievement between learning and their entry behavior with P-value of 0,036, (2) the average student’s achievement who use Jigsaw model learning is higher than TSTS model learning with average difference of 1,94 and P-value 0,024,(3) the average achievement on high entry behavior students who use Jigsaw model learning is higher than TSTS model learning with the average difference of 5,14 and P-value 0,045, (4) there is no differenceon the average achievement on low entry behavior studens who use Jigsaw and TSTS model learning with P-value of 0,852.
Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Huda, Muhammad Jamalul; Pertiwi, Anisa Yuni
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.895 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.71

Abstract

The absence of media in the learning process has an impact on students' learning motivation which is still low. This study aims to determine the effectiveness of audiovisual media on the motivation to learn Indonesian. This type of research is an experiment with a population of 44 students. The sample in the study was taken with saturated sampling technique. Data collection techniques through interviews, documentation, and questionnaires. Hypothesis test results of differences in learning motivation using Independent Samples T Test shows the value of t count> t table (3.142> 2.018) and a significance value of 0.003 <0.05, while the results of the effectiveness hypothesis testing using the party t test shows the value of t count> t table (2.173> 2.080) and significance value 0.041 <0.05.
Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Ips Dalam Mengembangkan Silabus Dan Menyusun Rpp Dengan Standar Proses Di Smp Negeri Kabupaten Blitar Mursini, Mursini
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.84 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.85

Abstract

Kompetensi sebagai penguasaan terhadap suatu tugas ,ketrampilan, sikap dan aspirasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan (Mulyasa, 2003:38) penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan kompetensi guru mata pelajaran IPS dalam mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan standar proses . Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kompetensi guru mata pelajaran IPS dalam mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan standar proses .Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan ,refleksi da revisi. Sasaran penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Kabupaten Blitar.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntasi dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Demontrasi Nasrip Nasrip
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.566 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.80

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mata diklat Akuntansi setelah diterapkannya strategi pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, praktik mengerjakan siklus akuntansi dan tes. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran demontrasi dalam pembelajaran akuntansi siswa kelas X akuntansi dapat meningkat secara signifikan.
Efektivitas Kegiatan Mencetak dengan Berbagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Seni Anak pada Kelompok B di TK Yos Sudarso Tiwuk Agustiningsih
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.472 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.75

Abstract

Penelitian ini berwujud PTK yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Anak diajak untuk mencetak dengan media yang berbeda setiap pertemuan untuk meningkatkan kemampuan seni anak. Peningkatan terlihat baik dari segi proses pembelajaran, maupun dari segi hasil. Dari segi proses terlihat dari peningkatan persentase aktifitas guru dan siswa yang secara konsisten meningkat. Dari segi hasil terlihat dari peningkatan persentase jumlah siswa yang memperoleh bintang empat.
Meningkatkan Kompetensi Guru BK dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Supervusi Akademik Hariyanto Hariyanto
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.848 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal di kelas pada sekolah binaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan guru bimbingan konseling SMPN 1 Kanigoro , SMPN 1 Wlingi dan SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar dengan indikator keberhasilan >90.0. Penelitian ini diawali dengan pelaksanaan supervisi akademik pelaksanaan bimbingan klasikal kepada guru BK SMP sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru BK melaksanakan program bimbingan konseling sangat penting dan wajib dilaksanakan di sekolah dan semua sekolah melaksanakan program bimbingan dan konseling yang direncanakan dan dibuat, walaupun masih ada guru yang berlatar belakang bukan bimbingan konseling.
Penerapan Game Angry Bird untuk Materi Gerak Parabola pada Pembelajaran fisika Wulandari, Nira Nur
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.098 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan game Angry Bird untuk materi gerak parabola pada Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Energi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian mix-method dengan embedded experimental, dengan populasi seluruh siswa SMA kelas X semester ganjil angkatan 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika siswa sebelum dan setelah pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 4 (2025): Volume 9, Nomor 4 Tahun 2025 Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025 Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025 Vol 9 No 1 (2025): Volume 9, Nomor 1 Tahun 2025 Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024 Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024 Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024 Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024 Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023 Vol 7 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3, 2023 Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2, 2023 Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023 Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022 Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022 Vol 6 No 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, April 2022 Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022 Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021 Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021 Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021 Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021 Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020 Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020 Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020 Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019 Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019 Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019 Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019 Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018 Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018 Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017 More Issue