cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 20883226     EISSN : 26208210     DOI : -
Core Subject : Education,
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, Ushuluddin, dan Dakwah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, Juni dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): Madania" : 6 Documents clear
Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asya’ri Dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim Afiq Budiawan
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.274 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v9i1.8385

Abstract

Pendidikan karakter pada umumnya masih pada taraf menghafal atau memperkenalkan nilai belum sampai pada tingkat penghayatan dan tingkat menjadikan nilai-nilai sebagai komitmen pribadi dalam kehidupan. Melihat kembali kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya K.H Hasyim Asy’ri, maka terdapat risalah mengenai pendidikan karakter terkhusus pada nilai karakter pendidik dan peserta didik. Maka penelitian ini berfokus pada Bagaimana karakter pendidik dan Bagaimana relevansinya pendidikan karakter menurut K.H Hasyim Asya’ri dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian bersifat kualitatif dengan teknik library research. Sumber data primer berasal dari kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal-jurnal dan hasil penelitian lain yang terkait. Teknik pengumpulan data: dokumentasi dan mengidentifikasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian: 1) karakter pendidik dan peserta didik diklasifikasikan menjadi tiga bagian: a. sikap mental atau karakter b. upaya yang dilakukan agar menjadi pendidik dan peserta didik yang berkarakter, c. strategi mengajar belajar yang dilakukan pendidik. Ketiga tersebut memiliki indicator yang sesuai dengan kopentensi pendidik menurut UU Sisdiknas 2003, 2) relevansi pendidikan karakter antara lain; makna dan tujuan pendidikan karakter, nilai-nilai karakter baik untuk pendidik maupun peserta didik, latar belakang pemikiran tentang pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, media dan evaluasi pendidikan karakter.
POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK BERPRESTASI STUDI KASUS MINAT BACA KELUARGA MUSLIM DI SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU Mulyadi, Mulyadi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.24 KB)

Abstract

Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: Pertama, Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa mayoritas orang tua siswa berprestasi adalah orang yang sibuk bekerja dan mempunyai sedikit waktu untuk memberikan kasih sayang, perlindungan, bimbingan, mendampingi anak dalam belajar, pengarahan dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari.Kedua Pola asuh orang tua yang dapat mempengaruhi minat baca anak berprestasi yang diterapkan keluarga muslim SD Ash-Shofa Pekanbaru Riau berdasarkan wawancara dan pendalaman langsung ke lapangan, yaitu pola asuh situasional. Ketiga Upaya orang tua dalam mengembangkan minat baca pada keluarga Muslim di SD Islam Ash-Shofa Pekanbaru Riau, adalah kepedulian masalah pendidikan anaknya, Menyediakan makanan bergizi bagi anaknya, Memotivasi agar giat belajar, Membuat jadwal kegiatan anaknyaKata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Anak Prestasi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqidah Akhlak Nur’aini Nur’aini
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.518 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v9i1.8370

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan manusia, memupunyai peranan yang sangat penting yang dapat membantu kepribadian seseorang melalui pembelajaran, Islam menempatkan pendidikan pada kedudukan yang tinggi, karena pendidikan agama Islam pada dasarnya membina akidah akhlak sebagai suatu keyakinan yang tumbuh dan berakar dalam hati, bukan pada lisan atau pikiran sesorang, akan tetapi sebagai pondasi bagi seseorang untuk berpikir dan bertingkah laku, dengan tujuan mengantarkan dan membentuk manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa serta berakhlah muliah, sehingga menjadi manusia cerdas, terampai, berbudi luhur, bertangung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat,  guna tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat 
Nilai–Nilai Moral-Education Di Lingkungan Masyarakat Sosial Dalam Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji Nofmiyati Nofmiyati
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (957.904 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v9i1.8387

Abstract

Raja Ali Haji menyakini bahwa manusia adalah ciptaan Allah dan pada akhirnya kembali kepada-Nya. Namun bukan berarti manusia melupakan kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Islam memberikan kepada manusia tolak ukur yang pantas  untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya, termasuk di dalamnya hidup dengan masyarakat dengan menghargai cinta diri dan bukan egoisme. Cinta diri adalah suatu tanda kebesaran spiritual dan kepribadian yang besar, yang mendorong manusia ke arah sederhana dan pengorbanan.
Pengetahuan Manajemen Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sdit Al Kautsar Madani Afi Parnawi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.977 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v9i1.8381

Abstract

Guru adalah sumber pengetahuan  bagi anak didiknya. Dalam konteks persoalan manajemen kelas, yang dapat dilakukan oleh guru adalah pelaksanaan mengatur pembelajaran secara baik. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Peran Guru Dalam Pelaksanaan dan peran dalam mengatasi kendala-kendala manajemen kelas SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara, adapun yang menjadi informan ialah enam orang guru kelas. Teknik analisis data dengan tahapan: mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian peran guru dalam mengatur manajemen siswa dengan selalu memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dengan baik, dan memberikan nashehat. Siswa yang berbuat tidak baik guru memberi teguran, sehingga perilaku siswa yang tidak baik tersebut tidak berkelanjutan, guru kelas di SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisakan dll, dengan cara guru membina dan membimbing peserta didik sesuai dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya, membantu peserta didik belajar dan bekerja sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya, dan mengatasi hambatan-hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi dalam kegiatan belajar mengajar. 
Urgensi Kurikulum Dalam Prespektif Pendidikan Islam Mariatul Hikmah
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 9, No 1 (2019): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.969 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v9i1.8382

Abstract

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya pembaharuan terus saja terjadi dalam kurikulum, karena kemajuan kurikulum terus saja terjadi mengikuti kemajuan zaman. Kurikulum memiliki sifat dinamis selalu mengikuti keberadaan masa sesuai dengan perkembangan teknologi. Frankin Bobbit mengatakan bahwa kurikulum yang baik akan mampu mendiagnosa kesulitan belajar siswa. Kajian pada karya ilmiah ini terkait dengan keberadaan kurikulum masa orde baru di Madrasah Aliyah. Adapun factor yang sangat mempengaruhi pembaharuan kurikulum di masa orde baru terkait dengan komponen yang ada dalam pendidikan yang meliputi kurikulum itu sendiri, komponen, dan tujuan serta metode yang ada dalam kurikulum. Penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang digunakan tidak menentu (snowball). Hasil Penelitian Di masa orde baru kurikulum yang ada di Madrasah Aliyah sudah bersifat nasional yakni sejak tahun 1973. Dominasi pelajaran umum di Madrasah Aliyah sudah mulai kelihatan, mata pelajaran agamanya mulai menyempit yang dibagi dengan mata pelajaran umum. Kurikulum di masa ini mulai menampakkan keseragamannya sehingga bisa disebut desentralisasi. Pembaharuan kurikulum terus terjadi yang meliputi kurikulum 1975, kurikulum 1984, UUSPN N0 2 tahun 1989, yang intinya menyatakan bahwa isi kurikulum di MA disamakan dengan kurikulum di SMU da nada beberapa penambahan mata pelajaran agama untuk mempertahankan isi dari sebuah kurikulum.

Page 1 of 1 | Total Record : 6