cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATERI BOLATANGAN KELAS X DI SMAN 2 PONOROGO KABUPATEN PONOROGO Enrico Alvista Brilliant Arsyendi; Siti Nurrochmach; Roesdiyanto Roesdiyanto
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p39-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Inquiry Learning yang dikemas dalam buku penunjang pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kegiatan belajar dan mengajar dalam bentuk online dan offline yang dibuat di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Penelitian ini divalidasi oleh 5 ahli yang terdiri dari 1 ahli pembelajaran, 2 ahli materi dan 2 ahli media. Hasil dari penelitian ini adalah (1) validasi ahli pembelajaran 92,50% (sangat valid), (2) validasi ahli materi 81,50% (sangat valid) dan (3) validasi ahli media 97,8% (sangat valid). Berdasarkan hasil validasi terdapat beberapa perbaikan dilakukan berdasarkan perspetif dan rekomendasi dari beberapa ahli, sehingga produk dinyatakan valid dan dapat layak digunakan.
IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN OLAH TUBUH PADA KURIKULUM MERDEKA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) Eldiene Zaura I'tamada; M.E Winarno; Imam Hariadi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p68-74

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran jati diri mengenai pembiasaan aktivitas fisik dan pengembangan motorik siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan systematic random sampling dengan jumlah 18 guru dan kepala sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen wawancara dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belum sepenuhnya dilaksanakan pada semua sekolah di Kota Batu, pelaksanaan yang dilakukan dalam proses realisasi kurikulum merdeka belum seutuhnya terjadi karena pada aspek evaluasi pendidik dan lembaga masih mengatur lebih lanjut penerapan yang akan direalisasikan. 18 pendidik menyatakan bahwa masih belum memiliki instrumen yang valid dan sesuai dengan kemampuan siswa yang dapat memberikan skor atau kategori terkait dengan motorik dan aktivitas fisik anak. 11 pendidik menggunakan data observasi pada proses pembelajaran, 6 menggunakan checklist pada kurikulum 2013 dan 1 lainnya menggunakan tes motorik tanpa penyajian skor.
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN STAKEHOLDER TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN DEPARTEMEN PJKR FIK UM DI ERA INDUSTRI 5.0 Ari Wibowo Kurniawan; Febrita Paulina Heynoek; Indi Ni'matur Rohmatika; Fajar Raya Ferdinal Kusuma Bakti
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p18-26

Abstract

Tujuan untuk mengetahui kebutuhan stakeholder dan lulusan kopetensi dari Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Hasil evaluasi kualitas lulusan Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) melibatkan 137 stakeholder, termasuk mahasiswa alumni dan kepala sekolah yang merupakan pemangku kepentingan dalam mengevaluasi lulusan. Evaluasi ini memperlihatkan mayoritas stakeholder merasa puas terhadap pengetahuan, keterampilan, dan sikap lulusan. Meskipun sebagian besar memberikan penilaian positif, sekitar 9% dari stakeholder menyatakan ketidakpuasan terhadap aspek pengetahuan dan sikap, sementara sekitar 7% merasa kurang puas dengan keterampilan lulusan.
LITERATURE REVIEW: PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR SISWA SEKOLAH DASAR Imam Safi'i Safi'i; M.E Winarno; Imam Hariadi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p56-67

Abstract

Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi keterampilan gerak lokomotor pada siswa sekolah dasar melalui penerapan permainan tradisional. Metode yang digunakan berdasarkan data sekunder dari artikel nasional dan internasional yang diterbitkan selama 5 tahun terakhir (2019-2023) dengan metode PICO/PECO. Artikel-artikel tersebut menggunakan metode searching  google scholar, eric journl, NCBI journal, dan Wiley Online Library. Artikel nasional terindek sinta 1-4 (S1-S4) dan artikel internasional terindek scopus (Q1-Q4). Subjek literature review ini yakni siswa sekolah dasar atau anak usia 5 sampai 12 tahun dengan banyak responden 18-200 anak. Melalui serangkain proses diperoleh 10 artikel nasional dan 5 artikel internasional. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa permainan tradisional dengan bantuan alat ataupan tidak, hal tersebut mampu meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa sekolah dasar pada siswa normal dan juga inklusi.
LITERATURE REVIEW: PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI STRATEGI DALAM OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG SISWA Latif Edi Wirawan; Sugiharto Sugiharto; Sapto Adi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p75-82

Abstract

Literature review dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fisik dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap optimalisasi tumbuh kembang siswa yang ditinjau dari hormon pertumbuhan, insulin growth factor-1 dan hormon kortisol. Metode dalam penelitian ini mengakses database artikel yang menggunakan prosedur PICO dengan strategi pemilihan dan penyaringan data menggunakan alur PRISMA. Hasil analisis lebih lanjut berdasarkan konsep neurohormonal terdapat 12 artikel yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dikemas dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah mempengaruhi tumbuh kembang siswa. Diharapkan bagi pemangku kebijakan pendidikan, sebaiknya tidak menomor duakan mata pelajaran pendidikan jasmani atau menganggap sebagai mata pelajaran formalitas saja. Karena perlu adanya penyesuaian kurikulum pendidikan jasmani yang tidak hanya berfungsi menyehatkan jasmani tetapi juga mencetak SDM yang berkualitas unggul dalam aspek tumbuh kembang di masa kini dan yang akan datang.
PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH Alvia Amalani
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p27-32

Abstract

Dalam melaksanakan proses pembelejaran. tidak jarang terdapat permasalahan yang muncul dari berbagai pihak, baik pendidk maupun peserta didik. Permasalahan yang dihadapi oleh pendidik dalam mengajarkan mata pelajaran penjas kepada peserta didik kelas rendah terkait dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa. Siswa yang kemampuan berfikirnya masih terbilang rendah serta masih belum bisa menerima perintah yang diberikan menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mengajarkan penjas. Selain itu, pendidik yang tidak memiliki kemampuan dasar dalam mengajarkan materi pada mata pelajaran penjas ini juga menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang idhadapi dalam pengajaran mata pelajaran penjas pada siswa kelas rendah di jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian library research atau studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Yang mana pengambilan data melalui penelusuran jurnal maupun sumber referensi lain yang berkaitan dengan Problematika Proses Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya permaslahan yang muncul dari pihan tenaga pendidik adalah kurangnya kemampuan untuk mengembangkan media serta penggunaan strategi pembelajaran, adapun permasalahan dari pihak lembaga pendidikan adalah tidak adanya sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar penjas.
PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN LATIHAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA UNTUK SISWA SMP/MTS Syahrul Fanani; Sapto Adi; Imam Hariadi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p33-39

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah produk Buku Pedoman Latihan Ekstrakurikuler Sepakbola untuk Siswa SMP/MTs, sebagai referensi pembaca, pelatih, maupun siswa sekolah yang ingin mengembangkan potensi bermain sepakbola. Tahapan yang digunakan oleh analis memanfaatkan peningkatan pembelajaran yang ditunjukkan dalam kerangka langkah-langkah ADDIE. Langkah-langkah dari penelitian ini diantaranya adalah (1) analisis fase ini untuk mengetahui kesenjangan antara kondisi. (2) Desain merupakan tahap penyusunan produk buku yang akan dibuat, (3) Pengembangan adalah fase pengembangan yang sesuai rancangan pada tahap desain, (4) Implementasi adalah fase untuk menghasilkan saran masukan tentang kelayakan produk yang melibatkan ahli materi, ahli sepakbola dan ahli media melalui uji validasi, dan (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini ialah pelatih ekstrakurikuler sepakbola tingkat SMP sederajat di Kabupaten Malang. Hasil produk dari pengembangan ini berupa pengembangan buku pedoman latihan ekstrakurikuler sepakbola untuk siswa SMP/MTs. yang dilengkapti video latihan yang terhubung melalui scan barcode.  Setelah pengembangan produk selesai produk diujikan kepada 3 ahli yang yaitu ahli sepakbola, materi, dan media serta diujicobakan kepada 32 pelatih ekstrakurikuler sepakbola di Kabupaten Malang. Yang didapat hasil sebagai berikut ahli sepakbola dengan persentase 88,7% (sangat valid), ahli materi dengan persentase sebesar 90,62% (sangat valid), ahli media adalah sebesar 87,5% (sangat valid), sedangkan untuk ujicoba produk sebesar 84,6%(baik/layak). Berdasarkan hasil validasi dari 3 ahli dan telah diujicobakan didapatkan kesimpulan bahwa produk layak untuk digunakan. Berdasarkan dari 3 ahli yang terdiri dari ahli sepakbola, ahli materi serta ahli media menyimpulkan bahwa produk pengembangan ini dinyatakan valid dan siap untuk digunakan oleh pelatih maupun peserta latihan di tingkat SMP sederajat.
UPAYA MENAMBAH HASIL KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM GAMES SEPAK BOLA DENGAN MEMAKAI PEMBELAJARAN DRILL Wisnu Mahardika; Pipit Fitria Yulianto; Kodrad Budiyono; Gandung Hermono
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p1-7

Abstract

Riset ini Bertujuan tingkatkan Hasil Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Game Sepakbola lewat pemakaian pembelajaran drill. Riset ini merupaka Riset Aksi kelas( PTK). Riset dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, penerapan, observasi, serta refleksi aksi masing- masing siklusnya. Hasil riset ini menampilkan kalau dengan Pembelajaran Drill bisa meningkatkan ketepatan passing kaki bagian dalam game sepakbola. Dari hasil uji keterampilan dini dalam melaksanakan ketepatan passing kaki bagian dalam diperoleh nilai pada aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 25, 71%. Serta pada aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 34, 28%, dan pada aspek psikomotor persentase ketuntasannya merupakan 31, 43%. Dari informasi hasil evaluasi passing kaki bagian dalam pada siklus awal diperoleh nilai buat aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 62, 86% serta aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 54, 28% dan aspek psikomotor persentase ketuntasannya sebesar 51, 43%. Sebaliknya pada siklus ke 2 diperoleh nilai aspek kognitif sebesar 94, 30%. Serta aspek afektif persentase ketuntasannya merupakan 88, 60% dan aspek psikomotor persentase ketuntasannya 100%.
DAMPAK PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING PADA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI Zainur Rohman; Sapto Adi; Supriyadi Supriyadi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p40-38

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran flipped learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimental semu dengan model The Nonrandomized Control Group Pretest Posttes Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen pretest dan postest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran flipped learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji beda rata-rata tingkat motivasi dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,026 <  0,05 untuk tingkat motivasi dan 0,004 < 0,05 untuk hasil belajar, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model flipped learning terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI BOLABASKET DENGAN I SPRING SUITE PADA SMP KELAS VII Widya Nur Afifa; Mu&#039;arifin Mu&#039;arifin; Sapto Adi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v7i1p8-17

Abstract

Model pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai tentunya dapat mewujudkan capaian kegiatan pembelajaran. model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka adalah problem-based learning yang dikemas dalam produk ajar dengan bahan ajar pendukung pembelajaran menggunakan Ispring Suite materi bola basket. Hasil pengembangan modul pembelajaran problem-based learning materi bolabasket untuk SMP kelas VII ini mendatakan hasil hasil rata-rata dari ahli pembelajaran sebesar 96,67%, ahli validasi PJOK sebesar 91,25%, ahli materi bolabasket sebesar 91,67%, ahli media sebesar 81,25%. Dan hasil rerata keseluruhan dari para ahli memperoleh hasil sebesar 90,21% yang diartikan produk ini dinyatakan sangat valid. Pengembangan modul pembelajaran problem-based learning materi bolabasket untuk SMP kelas VII di uji cobakan pada guru dan peserta didik kelas VII, untuk uji coba kelompok kecil diperoleh skor dari guru sebesar 82,25% dan dari peserta didik sebanyak 79,78%. Adapun dan uji coba pada kelompok besar didapatkan skor persentase sebesar 81,25% yang didapat dari guru PJOK dan sebanyak 80,12% dengan kategori sangat layak. Sehingga media sangat layak digunakan dalam membantu memudahkan guru dan peserta didik pada pembelajar mata pelajaran PJOK terutama pada materi bolabasket.

Page 1 of 1 | Total Record : 10