cover
Contact Name
JPPG
Contact Email
jppg@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
laode.amaluddin@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Penelitian Pendidikan Geografi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 24778192     EISSN : 25022776     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi Sains.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022" : 3 Documents clear
DAMPAK PERTAMBANGAN NIKEL TERHADAP LINGKUNGAN FISIK Surdin, Surdin; Nurhidayati, Nurhidayati; Andrias, Andrias
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppg.v7i1.21675

Abstract

Desa Wonua Kongga merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan yang banyak memiliki potensi di bidang pertambangan nikel, sehingga sebagian besar penduduk di wilayah tersebut bekerja di pertambangan nikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pertambangan nikel terhadap lingkungan fisik di Desa Wonua Kongga Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif responden sebanyak 25 yang dipilih secara random Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menanggapi beberapa terkait kegiatan pertambangan nikel sebagai berikut: 1) adanya polusi udara terutama debu yang dihasilkan dari proses penambangan dan pengangkutan biji nikel dengan presentase 100%; 2) pertambangan nikel menimbulkan kebisingan dengan presentase 84%; 3) penggalian  tanah dengan  kedalaman tertentu bila turun hujan tanah yang berlubang menyebabkan terjadi longsor dengan presentase 60%; 4) terjadinya kerusakan jalan, dimana jalan berlubang dan ketika musim hujan jalan berlumpur presentase 76%; 5) areal hutan berkurang dengan presentase 100%; 6) pencemaran air laut, dimana air laut kotor dan berwarna kemerahan dengan presentase 84%; 7) pencemaran air sungai/kali, dimana air sungai/kali kabur dan berlumpur serta berwarna kuning dengan  presentase 64%; dan 7) kerusakan lahan, dimana terbentuknya lahan tandus akibat penggerukan dengan presentase 100%.
PEMETAAN OBJEK WISATA DI KOTA BAUBAU MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) Afiah, Sitti Nurul; Kasmiati, Sitti; Harudu, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppg.v7i1.17623

Abstract

Pulau Buton menyimpan beragam pesona alam yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat di luar Pulau Buton. Potensi objek wisata di wilayah ini terdiri dari pesona alam, wisata budaya, benda-benda sejarah, bangunan dan masih banyak lagi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menguraikan karakteristik objek wisata di Kota Baubau; 2) untuk mengetahui sebaran objek wisata di Kota Baubau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan melalui survey dan dokumentasi. Data dalam penelitian dianalisis secara spasial untuk mengetahui sebaran objek wisata di Kota Baubau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik wisata di Kota Baubau, yaitu karakteristik wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan, dimana masing-masing objeknya telah analisis berdasarkan daya tarik, aksesibilitas dan fasilitas wisata; dan 2) Objek wisata Kota Baubau tersebar di 8 (delapan) kecamatan, yaitu Betoambari, Murhum, Batupoaro, Lea-Lea, Bungi, Wolio, Kokalukuna, dan Sorawolio. 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Jumarwati, Jumarwati; Andrias, Andrias; Nursalam, La Ode; Yanti, Ipri
Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppg.v7i1.23421

Abstract

Hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS 2 di SMA Kartika XX-2 hanya 40% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menguraikan aktivitas belajar siswa kelas X IPS 2 yang diajar dengan menggunakan model PBL; 2) untuk menguraikan aktivitas mengajar guru SMA Kartika XX-2 Kendari yang mengajar dengan menggunakan model PBL; dan 3) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X SMA  Kartika XX-2 Kendari yang diajar dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan subjek peneliti kelas X IPS 2 sebanyak 18 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru serta tes siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) skor rata-rata aktivitas belajar siswa 2,3 pada siklus I meningkat menjadi 3,1 pada siklus II dan masuk dalam kategori baik; 2) skor rata-rata aktivitas mengajar guru, yaitu 2,6 pada siklus I dan pada siklus II sebesar 3,6 serta masuk dalam kategori baik; dan 3) Skor awal hasil belajar Geografi siswa pada siklus I, yaitu 67,4 dengan ketuntasan belajar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata, yaitu 77 serta ketuntasan belajar sebesar 85%. Selanjuntnya, terdapat 18 siswa dengan nilai ≥ 72 sesuai KKM Geografi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 4 Oktober 2022 Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 2 April 2022 Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022 Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 6 No. 4 Oktober 2021 Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2020) Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020) Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 4, No 1 (2019): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI VOLUME 4 NO. 1 JANUARI 2019 Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2019) Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019) Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2019) Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2019) Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2019) Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 3 Juli 2018 Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2018) Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2018) Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2018) Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2018) Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI Vol 3, No 2 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2017) Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 April 2017 2016: Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 November 2016 Vol 1, No 4 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2016) Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016) Vol 1, No 1 (2016): JUli 2016 More Issue