cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : 1412632X     EISSN : 26146789     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 8 Documents clear
Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) (Survey Pelanggan Jasa Transportasi Grab Car di Kampus UBD Tangerang) Yosamanta Vistara; Petrus T. Resi
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.822 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.186

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa pesatnya teknoogi informasi menyebabkan bisnis baik produk barang maupun jasa mengalamipergeseran kedalam bisnis online, tidak terkecuali bisnis jasa dalam bidang tranportasi atau angkutan umum. Adapun tujuan penelitian adalah untukmengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) jasa transportasi online Grab Car terhadap Kepuasan Pelanggan (customer satisdaction) di Kampus UBD Tangerang dilihat dari persepsi pelanggan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang pengguna jasa Grab Car. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling sebanyak 50 responden. Hasil analisis terhadap data penelitian secara umum, kualitas pelayanan jasatransportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori baik dan Secara umum, kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori baik. Korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori signifikan, ditunjukkan oleh nilai koedisien korelasi sebesar 0,848. Uji Hipotesis menunjukkan meolak H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang, atau dengan kata lain menerima H1 yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang.
Pengaruh Pendelegasian Wewenang Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tangerang Rabitha Fazira; Lena Erdawati
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.73 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendelegasian wewenang Dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial pada organisasi perangkat daerah Pemerintahan Kota Tangerang. Dalam hal ini peneliti mendistribusikan Kuisioner kepada 61 orang pegawai Pemkot Kota Tangerang, dimana teknik Analisis data Yang digunakan Dalam penelitian ini yaitu SMART PLS (Partial Least Square). Tahapan analisis dengan metode perancangan model pengukuran, uji model luar (validitas dan reliabilitas), uji model dalam (koefisien jalur), uji model fit (goodness of fit), pengujian hipotesis (resampling bootstrap) dan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pendelegasian wewenang berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial dan komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial.
Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia) Vincent Virgo Dinata; Tjong Se Fung; Nana Sutisna
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.507 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.187

Abstract

Penulisan penelitian ini adalah bertujuan mengetahui seberapa jauh kualitas harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Le-Minerale. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuisioner, sedangkan untuk metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan analisis koefisien korelasi, analisis regresi linear berganda dan uj F serta uji T.Dari hasil analisis penulis memperoleh hasil sebagai berikut. Dari analisis regresi linear berganda maka didapat persamaan Y = 22.299 + 0.112X1+ 0.366X2dimana artinya Harga (variabel X1) terjadi peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin maka keputusan pembelian produk Le-Minerale (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.112, dan promosi (variabel X2) terjadi peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin maka keputusan pembelian produk LeMinerale (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.366. Dari analisis hubungan koefesien korelasi ditunjukan oleh nilai koefesien korelasi harga sebesar 0.236 mendekati 1, dan nilai koefesien korelasi promosi sebesar 0,473 maka hubungannya kuat dan memiliki hubungan positif terhadap keputusan pembelian produk Le-Minerale. Dari hasil uji F model 1 didapat nilai 4.608, dan untuk model 2 didapat nilai 12.341 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 2.72, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji T diketahui hasil, pada kolom T diketahui bahwa Thitung untuk harga (X1) adalah sebesar 1.386, kolom Thitung untuk promosi (X2) adalah sebesar 4.360, dengan menggunakan tabel distribusi normal T dan menggunakan tingkat kesalahan (α) sebesar 5% serta kebebasan (degree of freedom) atau (df) n-2 = 80-2 = 78, maka diperoleh nilai distribusi tabel T adalah 1.990. Oleh karena Thitung harga < dari tabel T yaitu 1990, maka Ho diterima dan Ha ditolak dan promosi > dari tabel T yaitu 1.990, maka Ho ditolakdan Ha diterima
Pengaruh “Brand Name”, “Perceived Quality”, Harga terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak jenis Super, Studi Kausalitas pada Pengguna Motor Produksi Masal di Shell BSD 1 Jalan Pahlawan Seribu Angelia Inggriani; Suhendar Janamarta
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.846 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.188

Abstract

Suatu produk tentu tidak lepas dari yang namanya merek. Banyak masyarakat lebih sering menyebutkan mereknya daripada menyebutkan produk itu sendiri. Seiring berjalannya waktu dalam membeli produk, selain mereknya, tentu masyarakat juga memperhatikan kualitas dari produk tersebut karena dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi, semakin melaju seiring kesadaran konsumen terhadap komoditas tersebut yang kian meningkat. Dalam membeli produk tidak hanya dilihat dari segi kualitas atau merek semata. Tetapi dilihat juga dari segi harga. Harga juga bisa menjadi keputusan membeli untuk masyarakat membeli suatu produk.Tujuannya adalah melihat pengendara motor produksi masal yang secara umum adalah kelas ekonomi menengah kebawah yang memperhitungkan biayaoperasional yang menggunakan pengeluaran seminim mungkin untuk menekan pengeluaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuisioner dan jenis penelitiannya adalah eksplanasi kausalitas pada pengguna motor produksi masal yang memakai bahan bakar shell jenis super.Dari 95 responden, mayoritas responden yang menjawab kuisioner berjenis kelamin pria, berumur 20 – 29 tahun, berprofesi pegawai swasta, berpendidikan terakhir SMA / SMK dan pengeluaran biaya hidup rata – rata per bulan sekitar 1 juta – 2 juta. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terbentuk persamaan regresi linear yaitu: Y = -0,70 + 0,223X1 + 0,335X2 + 0,401X3. Dan berdasarkan hasil penelitian, didapat F hitung yaitu sebesar 32,834 lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 2,70 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,000.
Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang) Melinda Agustina; Fidellis Wato Tholok; Handry Handry
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.568 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara online pada situs jual beli Tokopedia (studi kasus wilayah Tangerang). Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online di situs Tokopedia. Sampel berjumlah 100 orang dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Fhitung adalah 54.919 dengan probabilitas 0.000, jika dibandingkan dengan Ftabel dengan tingkat signifikan 0.05 diperoleh nilai sebesar 2.70, sehingga Fhitung > Ftabel ( 54.919 > 2.70). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan antara variabel Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara online pada situs jual beli Tokopedia
Pengaruh Perputaran Piutang Dan Perputaran Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas (Pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013 – 2017) Emmi Rhury Agleintan; Sutrisna Sutrisna; Sutandi Sutandi
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.057 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas, pengaruh perputaran aktiva tetap terhadapprofitabilitas, dan pengaruh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dimana dalam penelitian ini menggunakan Return On Assets untuk menentukan profitabilitas.Objek dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan tahunan dari perusahaan terbuka yang merupakan perusahaan jasa, sektor Perdagangan, Jasa dan investasi, dengan sub sektor adalah perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan yaitu sebanyak tujuh perusahaan dengan periode waktu selama lima tahun berturut-turut, yaitu dari tahun 2013 sampai tahun 2017. Laporan keuangan tahunan diperoleh dari web resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI).Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistikdeskriptif, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 0,05.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, adanya pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas (ROA) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Selain itu, terdapat juga adanya pengaruh perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas (ROA) dengan tingkat signifikan sebesar 0,16. Serta adanya profitabilitas (ROA) yang dipengaruhi oleh perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap sebesar 41,3%
Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Sinar Surya Baja Profilindo Kenny Kenny; Heri Satrianto
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.212 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.185

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja pada PT. Sinar Surya Baja Profilindo. Untukmenganalisis pengaruh stres kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Sinar Surya Baja Profilindo. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Sinar Surya Baja Profilindo.Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Sampel penelitian adalah 80 karyawan menggunakan simple random sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dibudidayakan dengan menggunakan SPSS 25.0. Hasil uji t pada variabel kepuasankerja adalah 2.205, dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Hasil uji t pada variabel stres kerja adalah 3,018 dengan nilai signifikansi 0,000. Ini berarti stres kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Hasil uji F adalah 154,526, itu berarti kepuasan kerja dan stres kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Nilai koefisien determinasi (R2) untuk X1 dan X2 adalah 0,700, itu berarti turnover intention dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan stres kerja sekitar 70,0%, kemudian faktor lain sekitar 30,0%. Rumus regresi linier untuk hipotesis 1 adalah Y = 0,507+0,203 X1. Rumus regresi linier untuk hipotesis 2 adalah Y = 0,507 + 0,518 X2. Rumus regresi berganda untuk hipotesis 3 adalah Y = 0,507+0,203 X1 + 0,518 X2
Pengaruh Penjaminan Kredit Daerah Dan Bankable Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Provinsi Banten ( Yang Terdaftar Di Pt. Jamkrida Banten Priode 2015-2018) Deni Sunaryo
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.151 KB) | DOI: 10.31253/pe.v17i3.190

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sumber yang dapat diandalkan di Indonesia. Berdasarkan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2016 sektor UMKM menyumbang 60.34% terhadap produk domestik bruto (PDB) dalam lima tahun terakhir. Keberadaan UMKM terbukti mampu menjadi penyelamat perekonomian, khususnya di Indonesia. Sektor UMKM menyerap 97.22% tenaga kerja dari pelaku usaha nasional.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh variabel Penjaminan Kredit Daerah terhadap variabel Pertumbuhan UMKM, pengaruh variabel Bankable terhadap variabel Pertumbuhan UMKM, dan pengaruh variabel Penjaminan Kredit Daerah dan Bankable terhadap variabel Pertumbuhan UMKM. Metode pengumpulan data sekunder melalui PT Jamkrida Banten dengan cara bertatap muka langsung dengan jumlah 80 perusahaan/pelaku UMKM Priode 2015-2018. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel Penjaminan Kredit Daerah berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM dengan arah negatif, variabel Bankable Kredit UMKM berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM dengan arah positif. Secara simultan variabel Penjaminan Kredit Daerah dan variabel Bankable berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM. Hasil penelitian ini dapat mengkonfirmasi temuan sebelumnya dan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 3 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 2 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 1 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 3 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 2 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 1 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 2 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 3 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 3 (2021): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 2 (2021): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 19 No. 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 3 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2020): PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Vol 18 No 1 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 2 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 1 (2018): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue