cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pasca Sarjana : EDUKASI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
MAKNA KEINOVATIFAN DALAM MANAJEMEN SEKOLAH Suharyat, Yayat
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.328 KB)

Abstract

Inovasi merupakan sebuah pembaruan, penemuan yang baru, baik berupa gagasan, metode, alat, dan produk. Inovasi diperlukan sebagai sebuah tahapan proses riset dan pengembangan (research and development). Dalam sebuah lembaga pendidikan sebuah inovasi diperlukan. Dalam tulisan ini mencoba mengurai makna keinovatifan dalam sebuah lembaga pendidikan.
STRATEGI PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBANGUN PERADABAN MUSLIM DI INDONESIA Sugiarti, Diyah Yuli
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.933 KB)

Abstract

Keberadaan pesantren di Indonesia memiliki berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Bila dianalisa keempat unsur tersebut dengan SWOT, maka didapat nilai (1,25 : 0,90). Ini menunjukkan bahwa pesantren di Indonesia berada pada kuadran pertama yang berarti bahwa pesantren di Indonesia memiliki kondisi yang menguntungkan sehingga mendukung kebijakan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Maka ketika ada gagasan menjadikan pesantren sebagai pusat peradaban di Indonesia adalah suatu keniscayaan. Dan untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan strategi umum (Grand Strategy) yang meliputi: (1) Memahami landasan dan konsep kebangkitan; (2) Merumuskan kembali tujuan pesantrren; (3) Membenahi sistem pendidikan pesantren; (4) Meningkatkan manajemen pesantren; (5) Meningkatkan kompetensi output pesantren; (6) Refungsionalisasi pesantren; (7) Membangun mitra kerjasama ke luar; (8) Meningkatkan peran pesantren; (9) Modernisasi dalam teknologi, informasi dan komunikasi; dan (10) Program unggulan di era globalisasi.
KUALITAS PENGELOLAAN SEKOLAH LUAR BIASA ., Suyatmi
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.27 KB)

Abstract

Kualitas atau mutu sangat bervariasi sehingga sulit ditentukan batasannya, termasuk kualitas pengelolaan lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan, termasuk di dalamnya sekolah luar biasa, mengenal model-model pengelolaan yang berkualitas. Salah satunya adalah model Total Quality Management. Dalam tulisan ini mencoba menjelaskan mengenai konsep kualitas dalam pengelolaan di sekolah luar biasa.
KONTRIBUSI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PROFESIONAL GURU ., Inayatullah
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.572 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi komitmen organisasi, kecerdasan emosional, budaya organisasi, kompensasi, kepuasan kerja dan kinerja profesional guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Bekasi, Jawa Barat, dan besarnya kontribusi, baik secara individual maupun bersama komitmen organisasi, kecerdasan emosional, budaya organisasi, kompensasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja profesional guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Bekasi, Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat sejumlah perbaikan dan kesenjangan antara faktor-faktor internal dan eksternal dengan upaya peningkatan kinerja profesional guru.
ANALISIS KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) Asiah, Siti; Rofieq, Ainur
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.459 KB)

Abstract

Ujian Nasional dilakukan dengan harapan dapat diperoleh lulusan yang bermutu yang diakui di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Demikian pula dengan pelaksanaan ujian nasional di tingkat sekolah menengah kejuruan. Namun perbedaan paradigma antara sekolah menengah umum dan sekolah menengah kejuruan muncul sejumlah persoalan. Dalam tulisan ini berusaha menganalisa pelaksanaan ujian nasional di tingkat sekolah menengah kejuruan itu.
MENELUSURI BUDAYA DAN BAHASA MELAYU BETAWI DIALEK BEKASI: DULU, KINI DAN PROSPEK SEBAGAI MUATAN LOKAL Sopandi, Andi
Edukasi Vol 3 No 1 (2011): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.133 KB)

Abstract

Upaya pengembangan dan pelestarian budaya dan bahasa merupakan paradigma yang perlu dikembangkan dalam proses pembangunan global saat ini. Dahulu budaya lokal seringkali dianggap sebagai penghambat pembangunan, tetapi kini budaya/bahasa lokal justru menjadi faktor utama dalam proses pembangunan. Berkaitan dengan budaya dan bahasa melayu dialek Betawi di Bekasi, Depok, dan Tangerang, perlu dilakukan kajian komprehensif. Hal ini tidak terlepas darikondisi historis perkembangan sejarah Jakarta (Batavia) dan sejarah wilayah di Bekasi yang sebelum tahun 1949 masuk ke wilayah Provinsi Jakarta, dan pada tahun 1950 berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 1950, masuk wilayah provinsi Jawa Barat. Sejak itulah terjadi dilema dilihat dari kultur dan bahasa, di satu sisi sebagian masyarakatnya menggunakan bahasa Melayu Betawi, tetapi sebagai bagian Provinsi Jawa Barat dalam kurikulum mulai diarahkan pada muatan lokal Bahasa Sunda. Namun, akhirnya Provinsi Jawa Barat kemudian mengapresiasi keragaman budaya dan bahasa di Jawa Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6