cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Rotasi
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 1411027x     EISSN : 24069620     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021" : 12 Documents clear
Analisa Jenis Fluida Pendingin Proses Quenching Pada Besi Cor Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Atmoko, Nugroho Tri; Margono, Margono; Priyambodo, Bambang Hari
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.26-30

Abstract

Proses quenching merupakan salah satu metode perlakuan panas terhadap logam dengan cara memanaskan material pada fasa austenit, kemudian didinginkan secara cepat. Tujuan dari proses quenching pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan sifat mekanik berupa kekerasan  dan sifat fisis berupa struktur material. Furnace digunakan dalam penelitian ini sebagai alat untuk memanaskan material. Suhu furnace diatur pada temperatur 8500C (fase austenit) serta waktu tahan selama 20 menit, dilanjutkan didinginkan secara cepat menggunakan media pendingin berupa air, air es dan oli. Karakteristik mikro dilakukan untuk mengetahui struktur dan ukuran butir serta untuk mengetahui sifat mekanik dilakukan uji kekerasan vickers, sesuai standar ASTM E92. Hasil menunjukkan bahwa struktur material yang terlihat berupa pearlit, ferrit dan cementit. Struktur dan ukuran butir tersebut cenderung lebih kecil dikarenakan efek pendinginan yang cepat. Sifat mekanik berupa kekerasan juga mengalami peningkatan. Kekerasan tertinggi didapat ketika media pendingin yang digunakan air es yakni 766.6 HV atau meningkat sekitar 350% dibandingkan dengan besi cor non treatment. Meningkatnya tingkat kekerasan besi cor dikarenakan ukuran butir menjadi kecil sesuai dengan hukum Hall petch dimana semakin kecil ukuran butir maka kekerasan semakin meningkat.
Analisis Pengaruh Modifikasi Penukar Panas Terhadap Efisiensi Pendinginan Oli Gearbox Separator pada Pabrik Semen Iskandar, Norman; Aritonang, Riventus
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.56-63

Abstract

Inside the cement factory, there is a finish mill which functions for the mixing process between clinker and gypsum to be used as cement. In that section there is a separator that functions to separate the finished cement and cement that still requires a re-milling process. In the separator there is a separator rotor which has a role to separate cement according to the size of the granulation so that those with standard sizes can be easily pushed by the circulating air fan and brought to the cement silo. The separator rotor is rotated by a motor which is passed by the gearbox as the transmission system. In order for the gearbox to work optimally, oil with certain temperature conditions is needed. Over time, the oil will become hot and cannot work effectively, so an oil cooling system is installed in this system. The oil cooler is a heat exchanger with water cooling fluid. This study aims to apply the NTU (Number of Transfer Units) method, in order to obtain an efficient and suitable heat exchanger working system as an oil cooler. The results obtained are an increase in efficiency of 2.74% from 35% to 37.74%.
Analisis Kinerja Sistem Pendinginan Mesin Dengan Udara Langsung Menggunakan CFD Pada Mobil Konsep Hemat Energi Sudarma, Andi Firdaus; Islahuddin, Islahuddin; Firmansyah, Nisfi
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.31-37

Abstract

Mobil konsep hemat energi dirancang oleh Universitas Mercu Buana untuk diperlombakan pada ajang Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) kategori urban vehicle. Secara fisik mobil ini didesain beroda empat dengan mesin yang tersambung dengan poros roda belakang. Agar konsumsi bahan bakarnya rendah, maka mesin yang akan dipakai adalah motor bensin 4 tak berkapasitas 110 cc dan berpendingin udara langsung (direct air-cooled system). Ruang mesin diletakan di bagian belakang kendaraan dengan sistem ventilasi yang memungkinkan udara mengalir dari bagian depan kendaraan dan dibuang ke bagian belakang kendaraan. Pada penelitian ini, pengaruh posisi mesin dianalisis secara numerik terhadap laju pendinginan agar desain sistem pendinginan dapat memberikan hasil optimum. Aliran udara masuk ke dalam ruang mesin menyerap panas yang dipancarkan oleh sirip-sirip badan silinder mesin dan membawanya keluar dari ruang mesin. Penelitian dilakukan dengan menganalisis pengaruh penempatan mesin (di tengah, kanan dan kiri) terhadap sistem pendinginan mobil dengan kecepatan aliran masuk 40, 60 dan 80 km/jam menggunakan software ANSYS Fluent. Distribusi temperatur dan laju perpindahan panas dari masing-masing konfigurasi kemudian dibandingkan untuk mendapatkan sistem pendinginan yang optimal. Dari hasil simulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pendinginan pada posisi mesin di tengah lebih optimal dibanding posisi lainnya. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa dengan bertambahnya kecepatan maka laju pendinginan mesin semakin meningkat.
Front Matter Rotasi Vol. 23 No. 3 Juli 2021 Rotasi, Rotasi
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.i-v

Abstract

Peningkatan Nilai Kekuatan Tekan Paving Block Berbahan Sampah Plastik Melalui Optimalisasi Peleburan dan Persentasi Komposisi Pasir Siregar, Rolan
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.38-43

Abstract

Sampah anorganik seperti plastik merupakan sampah yang sulit terurai dan terus menerus bertambah di lingkungan masyarakat. Dampak sampah anorganik di berbagai daerah di Indonesia cukup besar, seperti aliran sungai terhambat yang dapat menjadi penyebab banjir. Perlu dilakukan pengolahan sampah dengan serius untuk mengurangi dampak buruk sampah tersebut. Maka pada penelitian ini ditampilkan tentang daur ulang sampah plastik menjadi sebuah produk yang lebih bernilai ekonomi yaitu paving block. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan paving block berbahan dasar sampah plastik. Penelitian tentang ini telah dilakukan dalam penelitian sebelumnya namun perlu dilakukan peningkatan kekuatan tekan paving block tersebut. Metode dalam riset ini dilakukan secara eksperimental yaitu dengan mengoptimalisasi proses peleburan plastik dan pengadukan leburan plastik dengan pasir sebagai campuran tambahan menggunakan mixer pada mesin sehingga lebih merata. Hasil penelitian ini menampilkan besar compressive stress paving block sebesar 26,93 MPa, nilai ini meningkat sebesar 43% dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Diharapkan dalam penelitian ini dapat menjadi bahan dalam pengembangan paving block berbahan dasar sampah plastik untuk dikomersialisasi.
Perhitungan Lifetime Prediction Pada Komponen Kritis Centrifugal Pump Menggunakan Metode Weibull Haryadi, Gunawan Dwi; Suprihanto, Agus; Butarbutar, Martin
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.1-8

Abstract

Bencana alam utama yang dihadapi Kota Semarang adalah banjir dengan genangan yang cukup lama. Salah satu upaya mencegah dan mengurangi dampak dari bencana banjir yaitu dengan menggunakan pompa di daerah titik – titik rawan banjir di Kota Semarang. Pompa mengubah energi mekanik dari suatu penggerak menjadi energi potensial berupa head, sehingga fluida cair tersebut berpindah dan memiliki tekanan sesuai dengan head yang dimilikinya. Diperlukan juga maintenance yang tepat untuk memaksimalkan peforma dari Centrifugal Pump. Dengan tujuan memaksialkan peforma, diperlukan sistem perawatan yang tepat untuk meminimalisirkan downtime. Weibull adalah metode yang tepat untuk menentukan yang termasuk bagian kritis dan bagian tidak kritis dan sering digunakan dalam menentukan tingkat kegagalan atau kerusakan dari pola data yang terbentuk. Hasil yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan metode ini terdapat 3 komponen kritis yang sama yaitu pada mechanical seal, bearing, shaft. Nilai MTTF dari mechanical seal, bearing, shaft adalah 194.18 jam, 194.37 jam, 194.24 jam. Nilai keandalan mechanical seal 1, bearing 1, shaft 1 adalah 50%, 47%, dan 47%. Periodic Maintenance yang diperoleh berdasarkan hour meter (HM) dari tiap pompa.Kata kunci: Centrifugal Pump, Komponen Kritis, Weibull, Lifetime Prediction, Reliability.
Back Matter ROTASI Volume 23 Nomor 3 Juli 2021 Rotasi, Rotasi
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.App. 1-4

Abstract

Analisis Kekuatan Rear Axle Housing Truk Kategori II Dengan JBB 7,5 TON Menggunakan Metode Elemen Hingga Sukarnoto, Tono; Hambaly, Rubanto Sidi; Maulana, Muhammad Ihram
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.44-50

Abstract

Truk kategori II populer di kalangan para pelaku  usaha di Indonesia sebagai sarana angkutan barang. Pengoperasian truk dengan beban berlebih sering terjadi dan potensial menimbulkan kerusakan komponen. Penelitian ini membahas kerusakan rear axle housing truk katagori II dengan JBB 7,5 ton. Data yang didapat dari PT. KY di awal tahun 2018, menunjukkan jenis kerusakan yang teradi pada truk kaegori II dengan GVW 7,5 ton yaitu patah pada area sambungan spindle dan housing. Untuk itu dilakukan analisa dari aspek kekuatan rear axle housing mengunakan metode elemen hingga (MEH) dengan model 3D yang didapat dari PT. KY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi tegangan pada rear axle housing dan membandingkan dengan kerusakan rear axle housing untuk memperkirakan apakah ada kelemahan dalam desain saat itu. Analisis dilakukan untuk beban sesuai desain dan beban berlebih. Material yang digunakan sebagai acuan SAPH 540, hasil analisis MEH menunjukkan bahwa desain rear axle housing yang ada cukup aman termasuk untuk kondisi beban berlebih. Analisis pada bagian yang patah menunjukkan tegangan yang terjadi di bawah tegangan luluh material. Kemungkinan penyebab kegagalan pada komponen rear axle housing adalah masalah material atau masalah proses produksi atau penyebab yang lain
Analisis Kekuatan Tarik Sambungan Aluminium (Al) dan Tembaga Cu) Pada Pengelasan Gesek (Friction Welding) Dengan Variasi Waktu Gesek dan Tempa Firmansyah, Yosi
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.%p

Abstract

Pengelasan gesek merupakan salah satu metode pengelasan dengan cara menggesekan kedua material sampai mencapai temperatur tertentu sampai kedua ujung logam tersebut dapat meleleh kemudian ditekan dengan kekuatan dan waktu tertentu sehingga kedua logam tersebut dapat tersambung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kekuatan tarik sambungan aluminium dan tembaga pada pengelasan gesek dengan variasi waktu gesek dan tempa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Variabel bebas yang digunakan adalah variasi waktu gesek dan waktu tempa sedangkan variabel terikatnya merupakan kekuatan tarik sambungan tersebut. Variasi waktu gesek yang digunakan yaitu 8, 10 dan 12 detik sedangkan waktu gesek 8 detik dan 16 detik. Hasil uji kekuatan tarik sambungan aluminium dan tembaga dengan pengelasan gesek memperoleh rata-rata kekuatan tarik tertinggi pada variasi waktu gesek 12 detik sebesar 49,94 MPa, diikuti waktu gesek 10 detik dengan nilai sebesar 44,67 MPa, dan waktu gesek 8 detik dengan nilai 31,45 MPa. Selanjutnya untuk kekuatan tarik variasi waktu tempa 8 detik sebesar 44,67 MPa, dan waktu gesek 8 detik dengan nilai 31,45 MPa. 
Numerical Study of Cooling Air Flow Distribution in Car Cabin Jamaldi, Agus
ROTASI Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.23.3.51-55

Abstract

This numerical study aims to investigate the performance of car air-conditioning (AC) cooling of cabin car. The research was done in the two-step. The first step is to collect data by experiment study. Numerical study of performance car air-conditioning is the second step. Detached Eddy Simulation k-epsilon (DES k-ε) turbulence model was utilized in the study. A cabin car design was used as a specimen study. Two key parameters, i.e. temperature distribution, and air cooling speed, were used to assess the AC cooling performance compared with experimental data. Two types of mesh (mesh A and B) with different smooth was utilized. The results showed that mesh B gave good agreement with experimental data with a discrepancy of 0.14%, and 0.27% with mesh A. Air cooling distribution at three measured positions are 0.47; 0.08; and 0.04 m/s, respectively.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 3 (2025): VOLUME 27, NOMOR 3, OKTOBER 2025 Vol 27, No 2 (2025): VOLUME 27, NOMOR 2, JULI 2025 Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025 Vol 26, No 4 (2024): VOLUME 26, NOMOR 4, OKTOBER 2024 Vol 26, No 3 (2024): VOLUME 26, NOMOR 3, JULI 2024 Vol 26, No 2 (2024): VOLUME 26, NOMOR 2, APRIL 2024 Vol 26, No 1 (2024): VOLUME 26, NOMOR 1, JANUARI 2024 Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023 Vol 25, No 3 (2023): VOLUME 25, NOMOR 3, JULI 2023 Vol 25, No 2 (2023): VOLUME 25, NOMOR 2, APRIL 2023 Vol 25, No 1 (2023): VOLUME 25, NOMOR 1, JANUARI 2023 Vol 24, No 4 (2022): VOLUME 24, NOMOR 4, OKTOBER 2022 Vol 24, No 3 (2022): VOLUME 24, NOMOR 3, JULI 2022 Vol 24, No 2 (2022): VOLUME 24, NOMOR 2, APRIL 2022 Vol 24, No 1 (2022): VOLUME 24, NOMOR 1, JANUARI 2022 Vol 23, No 4 (2021): VOLUME 23, NOMOR 4, OKTOBER 2021 Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021 Vol 23, No 2 (2021): VOLUME 23, NOMOR 2, APRIL 2021 Vol 23, No 1 (2021): VOLUME 23, NOMOR 1, JANUARI 2021 Vol 22, No 4 (2020): VOLUME 22, NOMOR 4, OKTOBER 2020 Vol 22, No 3 (2020): VOLUME 22, NOMOR 3, JULI 2020 Vol 22, No 2 (2020): VOLUME 22, NOMOR 2, APRIL 2020 Vol 22, No 1 (2020): VOLUME 22, NOMOR 1, JANUARI 2020 Vol 21, No 4 (2019): VOLUME 21, NOMOR 4, OKTOBER 2019 Vol 21, No 3 (2019): VOLUME 21, NOMOR 3, JULI 2019 Vol 21, No 2 (2019): VOLUME 21, NOMOR 2, APRIL 2019 Vol 21, No 1 (2019): VOLUME 21, NOMOR 1, JANUARI 2019 Vol 20, No 4 (2018): VOLUME 20, NOMOR 4, OKTOBER 2018 Vol 20, No 3 (2018): VOLUME 20, NOMOR 3, JULI 2018 Vol 20, No 2 (2018): VOLUME 20, NOMOR 2, APRIL 2018 Vol 20, No 1 (2018): VOLUME 20, NOMOR 1, JANUARI 2018 Vol 19, No 4 (2017): VOLUME 19, NOMOR 4, OKTOBER 2017 Vol 19, No 3 (2017): VOLUME 19, NOMOR 3, JULI 2017 Vol 19, No 2 (2017): VOLUME 19, NOMOR 2, APRIL 2017 Vol 19, No 1 (2017): VOLUME 19, NOMOR 1, JANUARI 2017 Vol 18, No 4 (2016): VOLUME 18, NOMOR 4, OKTOBER 2016 Vol 18, No 3 (2016): VOLUME 18, NOMOR 3, JULI 2016 Vol 18, No 2 (2016): VOLUME 18, NOMOR 2, APRIL 2016 Vol 18, No 1 (2016): VOLUME 18, NOMOR 1, JANUARI 2016 Vol 17, No 4 (2015): VOLUME 17, NOMOR 4, OKTOBER 2015 Vol 17, No 3 (2015): VOLUME 17, NOMOR 3, JULI 2015 Vol 17, No 2 (2015): VOLUME 17, NOMOR 2, APRIL 2015 Vol 17, No 1 (2015): VOLUME 17, NOMOR 1, JANUARI 2015 Vol 16, No 4 (2014): VOLUME 16, NOMOR 4, OKTOBER 2014 Vol 16, No 3 (2014): VOLUME 16, NOMOR 3, JULI 2014 Vol 16, No 2 (2014): VOLUME 16, NOMOR 2, APRIL 2014 Vol 16, No 1 (2014): VOLUME 16, NOMOR 1, JANUARI 2014 Vol 15, No 4 (2013): VOLUME 15, NOMOR 4, OKTOBER 2013 Vol 15, No 3 (2013): VOLUME 15, NOMOR 3, JULI 2013 Vol 15, No 2 (2013): VOLUME 15, NOMOR 2, APRIL 2013 Vol 15, No 1 (2013): VOLUME 15, NOMOR 1, JANUARI 2013 VOLUME 14, NOMOR 4, OKTOBER 2012 VOLUME 14, NOMOR 3, JULI 2012 VOLUME 14, NOMOR 2, APRIL 2012 VOLUME 14, NOMOR 1, JANUARI 2012 VOLUME 13, NOMOR 4, OKTOBER 2011 VOLUME 13, NOMOR 3, JULI 2011 VOLUME 13, NOMOR 2, APRIL 2011 VOLUME 13, NOMOR 1, JANUARI 2011 Volume 12, Nomor 4, Oktober 2010 Volume 12, Nomor 3, Juli 2010 Volume 12, Nomor 2, April 2010 Volume 12, Nomor 1, Januari 2010 Volume 11, Nomor 4, Oktober 2009 Volume 11, Nomor 3, Juli 2009 Volume 11, Nomor 2, April 2009 Volume 11, Nomor 1, Januari 2009 Volume 10, Nomor 4, Oktober 2008 Volume 10, Nomor 3, Juli 2008 Volume 10, Nomor 2, April 2008 Volume 10, Nomor 1, Januari 2008 Volume 9, Nomor 4, Oktober 2007 Volume 9, Nomor 3, Juli 2007 Volume 9, Nomor 2, April 2007 Volume 9, Nomor 1, Januari 2007 Volume 8, Nomor 4, Oktober 2006 Volume 8, Nomor 3, Juli 2006 Volume 8, Nomor 2, April 2006 Volume 8, Nomor 1, Januari 2006 Volume 3, Nomor 2, April 2001 Volume 3, Nomor 1, Januari 2001 Volume 2, Nomor 4, September 2000 More Issue