cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 24068365     EISSN : 28289935     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas" : 15 Documents clear
SOSIALISASI PENGETAHUAN HIPERTENSI KEPADA PASIEN DI PUSKESMAS DUREN JAYA KECAMATAN BEKASI TIMUR KOTA BEKASI TAHUN 2024 Muda, Cut Alia Keumala; Joesriati, Ria; Susilo, Suherman; Yusvita, Fierdania; Veronika, Erna; Andani, Dhea Julia; Zulhazmi, Kiflan Adam
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8828

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dalam mencegah dan mengelola hipertensi. Penyuluhan dilakukan menggunakan metode ceramah dan diskusi interaktif, pada bulan Juni 2024 yang diberikan oleh mahasiswa dan dosen kesehatan masyarakat yang menjelaskan tentang definisi hipertensi, penyebab, cara pencegahan dan pengendaliannya. Dalam sesi diskusi interaktif, peserta dapat bertanya dan berbagi pengalaman mereka tentang hipertensi, hal ini membantu peserta dalam memperkuat pemahaman mereka. Penyuluhan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Duren Jaya dan dihadiri sebanyak 29 peserta. Kegiatan penyuluhan dimulai dari kedatangan masyarakat, melakukan skrining kesehatan, senam pagi dan penyuluhan yang didalamnya juga terdapat pembagian pre-test, penyampaian materi, sesi tanya jawab, pemberian hadiah, penyerahan leafleat dan poster serta pembagian post-test. Kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar dan kondusif, ditandai dengan keaktifan partisipan selama kegiatan berlangsung. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pre-test dan post-test yang telah diberikan kepada responden bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mengenai hipertensi yang telah disampaikan.Kata kunci : Hipertensi, Pengetahuan, dan Kesehatan
PENYULUHAN HUKUM TENTANG PERMASALAHAN DAN PENCEGAHAN SENGKETA KEPEMILIKAN TANAH DI DESA TAMANSARI KABUPATEN BOGOR Widiatno, Men Wih; Susetio, Wasis; Judge, Zulfikar; Triningsih, Anna; Bertha, Anna; Saragih, Horadin; Taher, Irmanjaya; Widarto, Joko; Siswanto, Ade Hari; Suprajogi, Agus; Muliawan, Anatomi; Hikmawati, Elok; Rahmadani, Adhining Prabawati; Nazah, Farida Nurun; Olivia, Fitria; Citra, Lana Fadila; Feriza, Gousta; Arianto, Henry; Kurniawan, I Gede Hartadi; Alfiana, Rita; Slamet, Sri Redjeki; Azis, Riska Amelia; Nurhayani, Nurhayani; Wardhani, Sri Pramudya
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8723

Abstract

AbtractLand is an important aspect in people's lives, but there are still many village people who do not know information about the land administration process. Similarly, the community in Tamansari Village, Bogor District, has expressed concerns over the lack of advocacy regarding their land rights. For this reason, legal counseling on problems and prevention of land ownership disputes in Tamansari Village, Bogor District, is essential. This counseling aims to enhance the community’s understanding of their rights to land, the correct procedures for managing land certificates, and the legal avenues available for resolving disputes over land ownership. This community service initiative focuses on providing legal counseling and socialization, centered on the theme of addressing and preventing land ownership conflicts within the Tamansari Village community, Bogor Regency, West Java. Through this initiative, legal counseling serves not only as a preventive measure but also as a tool to empower the community to manage their land assets more wisely and sustainably.. Keywords: problems and prevention,  land ownership disputes, land rights AbsrakPertanahan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat, namun masih banyak masyarakat desa yang belum mengetahui informasi mengenai proses administrasi pertanahan. Sama halnya dengan masyarakat desa Tamansari kabupaten Bogor yang merasakan kurangnya advokasi mengenai pertanahan di wilayah mereka. Untuk itu, penyuluhan hukum tentang pertanahan di desa  Tamansari kabupaten Bogor menjadi sangat penting. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai hak-hak mereka atas tanah, prosedur yang benar dalam pengurusan sertifikat, dan bagaimana cara menyelesaikan sengketa tanah secara hukum. kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan melakukan penyuluhan hukum dan sosialisasi dengan mengangkat tema permasalahan dan pencegahan sengketa kepemilikan tanah pada masyarakat desa Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Melalui kegiatan penyuluhan ini, penyuluhan hukum ini tidak hanya menjadi langkah preventif, tetapi juga menjadi sarana pemberdayaan masyarakat agar lebih berdaya dalam mengelola aset tanah mereka secara bijak dan berkelanjutan. Kata Kunci : permasalahan dan pencegahan, sengketa kepemilikan tanah, hak-hak atas tanah
SOCIALIZATION OF COMPLAINT SERVICE APPLICATION MANAGEMENT IN MEKARJAYA VILLAGE, CIANJUR Muslim, Buhori
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8729

Abstract

The village, as the closest government institution to the community, has the responsibility to provide good and prompt services. In Mekarjaya Village, Campaka, Cianjur, an information system called SISimpe has been developed as a platform for monitoring complaints and submissions. This system was built as a testament to the concern of the UNPI Cianjur academic community for the harmony of Mekarjaya Village residents. The idea for developing the application originated from the findings of the Community Service Team's survey, which indicated that Mekarjaya Village needed a communication platform and had issues with conveying complaint information or proposal submissions, especially during the selection of village officials, where there was a lot of unverified and often misleading information, even tending towards hoaxes. Therefore, in this follow-up service activity, based on the existing platform and the problem of misinformation being spread by irresponsible parties, the team is conducting outreach for the SISimpe application as an effort to foster a responsible character in communicating all information. This community service compares and observes the behavior of society in using the application and its impact on their character, through questionnaires and direct interviews with the application users. The results show a significant change in the behavior of the community, becoming more responsible in delivering information.
PENYULUHAN HUKUM BAGI KALANGAN REMAJA DALAM MENCEGAH PERILAKU KRIMINAL DI SMAN 2 KOTA TANGERANG Shohib, Moh; Baharudin, Erwan; Ernawati, Ernawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8761

Abstract

Kenakalan remaja bukanlah hal yang baru. Permasalahan ini sudah berlangsung sejak lama. Perilaku kekerasan anak berbeda-beda dari generasi ke generasi karena pengaruh lingkungan budaya dan sikap psikologis masyarakat pada saat itu. Saat ini, kejahatan remaja berkisar dari hak pilih, perkelahian pelajar, merokok dan penggunaan obat-obatan terlarang, pencurian, bunuh diri dan intimidasi hingga pembunuhan. Tahun ini harus disibukkan dengan proyek sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. namun beberapa siswa terlibat dalam kegiatan buruk yang merugikan tidak hanya mereka sendiri tetapi banyak orang. Permasalahan kenakalan pada anak khususnya remaja usia sekolah dan generasi muda yang sedang bersekolah tidak hanya menimbulkan permasalahan bagi orang tua dan masyarakat saja, namun guru sekolah juga mempunyai permasalahan tersebut. Kenakalan siswa bukan hanya menjadi permasalahan orang tua dan masyarakat. Namun terdapat pula permasalahan bagi sekolah, karena lembaga formal, sekolahlah yang paling bertanggung jawab terhadap hasil pendidikan, termasuk derajat anak (siswa). Dalam karya ini, kami memberikan instruksi interaktif tentang kekerasan remaja terhadap siswa SMAN 2 di kota Tangerang. Pekerjaan yang dilakukan dalam pekerjaan ini memberikan pembelajaran interaktif kepada siswa SMAN 2 Tangerang dan diharapkan hasilnya adalah terbentuknya kesadaran diri serta menambah pengetahuan dan pemahaman siswa SMAN 2 Tangerang dalam bidang pendidikan hukum dalam bidang pencegahan. tentang perilaku buruk generasi muda.
DAUR ULANG MINYAK JELANTAH : EDUKASI DAN PEMANFAATAN LIMBAH MENJADI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN Istiqomah, Aulia Nurfazri; Pratama, Reza
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8783

Abstract

Minyak jelantah, yang sering dianggap sebagai limbah rumah tangga, dapat memberikan dampak buruk terhadap lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Namun, limbah ini memiliki potensi untuk didaur ulang menjadi produk bermanfaat seperti sabun. Tim dosen Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana melaksanakan edukasi dan pelatihan di Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan minyak jelantah. Kegiatan ini melibatkan pengumpulan bahan pada 15 November 2024 dan pelaksanaan edukasi serta pelatihan pada 21 November 2024. Hasil kuisioner menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman warga mengenai risiko penggunaan minyak jelantah berulang dan cara pengolahannya menjadi sabun. Pendekatan ini tidak hanya mengedukasi warga tentang pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan praktis untuk menghasilkan produk ramah lingkungan yang bernilai ekonomis. Edukasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
Petualangan Sains Data: Meningkatkan Literasi Data Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Pengalaman Hisyam, Andi; Siregar, M. Fadhlandhifan; H, Reoni Indra; Transito, Maharana; P, Hanif Fakhri
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8839

Abstract

Kemajuan pesat teknologi informasi dan digitalisasi telah menjadikan literasi data keterampilan penting yang perlu dikenalkan sejak dini kepada siswa di tingkat pendidikan dasar. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul "Petualangan Sains Data: Meningkatkan Literasi Data Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Pengalaman" dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sains data melalui model pembelajaran berbasis pengalaman. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Rejasa dan bertujuan untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar dengan menggunakan metode interaktif. Metodologi yang digunakan mencakup pengenalan konsep dasar data, kegiatan pengumpulan data secara langsung, dan visualisasi data menggunakan alat sederhana. Siswa terlibat dalam latihan praktis, seperti mengukur tinggi dan berat badan mereka, yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan data nyata dan menganalisisnya secara efektif. Evaluasi pre-test dan post-test dilakukan untuk menilai efektivitas intervensi, yang menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan di semua kelas. Kelas dengan pemahaman awal terendah menunjukkan peningkatan yang paling substansial, yang mengindikasikan efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman. Inisiatif ini tidak hanya berhasil membangkitkan minat siswa terhadap sains data dan teknologi, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka. Disarankan agar program serupa dilanjutkan dan diperluas untuk lebih meningkatkan literasi data di kalangan siswa sekolah dasar, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di era digital.
Pemberdayaan Remaja Desa Sirna Jaya Bogor Melalui Penyuluhan Komunikasi Keamanan Digital Di Era Disrupsi Teknologi Rachmat, Ikbal; Yulistiani, Indriati; Siregar, Ballian; Firmansyah, Agus; Navalino, Djoko; Toruan, Tahan S.L.; Madjid, Adnan; Supriyanto, Taufik
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8787

Abstract

Serangan siber dalam teknologi komunikasi dan informasi menjadi fenomena dalam kehidupan saat ini, dengan kemampuan aksesibilitas pelaku dalam berbagai platform melalui internet. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan remaja melalui literasi keamanan digital sebagai pertahanan di era disrupsi teknologi, seperti perlindungan data, penggunaan perangkat, fitur, dan aplikasi yang aman dari serangan cyber serta dampaknya. Tahap kegiatan dimulai dengan melakukan audiensi ke perwakilan masyarakat dan tokoh masyarakat setempat, Analisa situasi wilayah pelaksanaan kegiatan menjadi tahap berikutnya. Setelahnya tim melakukan koordinasi guna persiapan pelaksanaan, berupa pembuatan proposal, dan materi - materi penyuluhan, Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan penyuluhan komunikasi keamanan digital melalui metode teori dan praktek, dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada model siklus yang berlangsung secara simultan, dengan tahap – tahap to Know, to Understand, to Plann, to Act, dan to Change  (Afandi et al., 2022), kepada warga masyarakat khususnya remaja Desa Sirna Jaya, Kabupaten Bogor. Hasil penyuluhan dalam keahlian soft skill dan hard skill yang disampaikan menunjukan peningkatan pemahaman serta kemampuan peserta terhadap komunikasi keamanan digital meliputi perlindungan data, fitur – fitur keamanan pada smartphone, penggunaan aplikasi transaksi pembayaran dengan mobile banking dan QRIS, aplikasi jasa angkut online serta dampak yang ditimbulkannya. Kegiatan di tutup dengan melakukan evaluasi bersama melalui kuesioner, dengan hasil yang menunjukan bahwa semua peserta memahami materi penyuluhan yang disampaikan, dengan tema yang mudah difahami, kemampuan penyampaian yang baik, jelas dan mudah difahami.    
PEMODELAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DURI KEPA Sardjana, Narhendrha Putra; Huddiansyah, Huddiansyah; Rachmat, Ikbal; Surya, Geggy Gamal
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8999

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pengelolaan sumber daya di PAUD Nusa Indah 04 Duri Kepa. Metode yang digunakan adalah pengadaan produk Alat Permainan Edukatif yang dirancang melalui pemanfaatan visual dua dimensi yang menarik serta mudah dipahami saat digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Hasil yang dicapai adalah peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di PAUD Nusa Indah 04 agar mampu bersaing dengan PAUD lainnya di Kota Jakarta Barat sesuai dengan standar Nasional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat sebagai solusi guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagi anak usia dini dengan lebih menyenangkan dan menarik. Kata kunci : Pendidikan, anak usia dini, mainan
UPAYA PENGENALAN POTENSI DIRI PADA ANAK & REMAJA DI WILAYAH KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT Widiastuti, Mariyana; Mulyani, Erry Yudhya; Yumeldasari, Yumeldasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8991

Abstract

Setiap anak dan remaja memiliki potensi diri yang unik dan dapat berkembang dengan dukungan yang tepat dari lingkungan sekitar, termasuk keluarga, teman, dan sekolah. Penting bagi anak dan remaja untuk mengenali potensi diri mereka dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki untuk mencapai tujuan hidup dan menjadi individu yang berkualitas. Dalam mengembangkan potensi diri remaja, peran orang tua menjadi sangat penting untuk memberikan dukungan, bimbingan, dan dorongan agar anak dan remaja dapat mengoptimalkan potensi diri mereka. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai potensi diri yang dimiliki anak dan remaja di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan mitra sebanyak 20 orang anak dan remaja dengan rentang usia 10-13 tahun guna memetakan potensi diri yang dimiliki. Sedangkan kepada orangtua diberikan pemahaman potensi diri dan bagaimana mengarahkan potensi yang dimiliki oleh anak dan remaja secara tepat.  Kata kunci: Potensi Diri, Psikoedukasi, Anak dan Remaja
EFEKTIVITAS PELATIHAN DIGITALISASI DATA POSYANDU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MONITORING STUNTING DI POSYANDU TAMBAK LOROK KELURAHAN TANJUNGMAS KOTA SEMARANG Anjani, Sylvia; Fauziyyah, Michel Najwa
Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Publisher : Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/abd.v11i03.8811

Abstract

Indonesia Emas 2045 bergantung pada ketersediaan tenaga kerja terampil yang dibuktikan dengan kondisi balita saat ini yang sehat jasmani.Kota Semarang menjadi salah satu kota yang memiliki sebaran kasus stunting yang tinggi.Semarang Utara menjadi Kecamatan yang memiliki balita stunting terbanyak yaitu dengan jumlah 192 balita dimana 84 anak diantaranya berada di Kelurahan Tanjung Mas. Tujuan penelitian untuk melihat efektifitas pelatihan digitalisasi posyandu sebagai upaya peningkatan monitoring stunting di Posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian analitik eksperimental dengan metode cross sectionalmenggunakan pre-post test design yang membandingkan pengaruh intervensi metode pelatihan. Jumlah pertanyaan di dalam kuesioner berjumlah 30 item yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan praktek digitalisasi data posyandu. Intervensi dilakukan kepada 19 kader posyandu untuk mengukur tingkatpengetahuan berdasarkan rerata perbedaan hasil pre-post test menggunakan uji beda wilcoxon.Efektifitasmetode pelatihan menggunakan aplikasi diukur dengan rumus Gain Score. Hasil statistik didapatkan nilai p-value 0,001, artinya terdapat beda signifikan tingkat digitalisasi data kader setelah dilakukan pelatihan dengan nilai gain-score 0,99, sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan memiliki efektifitas tinggi dalam meningkatkan digitalisasi data pada kader.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 03 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 5 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 05 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 04 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 03 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 02 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 10, No 01 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 05 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 04 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 03 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 02 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 9, No 01 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 05 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 04 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 03 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 02 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 8, No 01 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 04 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 03 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 02 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 7, No 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 4 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 6, No 2 (2020): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ABDIMAS Vol 6, No 1 (2019): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ABDIMAS Vol 5, No 4 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas More Issue