cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalalulum99@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan penelitian ke-Islaman
The journal AL-ULUM (Islamic thought and Educational Journal) published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority to studies related to Islamic thought and education from different perspectives. This journal serves as a means and medium of communication that is used by researchers, lecturers, teachers, students, and practitioners to examine education and Islamic thought. This journal became the medium of exchange of ideas and research findings from various traditions of interacting learning scientifically.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman" : 10 Documents clear
PEMAHAMAN REMAJA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI AL QUR’AN DIGITAL DI MASJID NURUL HUDA CIKARANG BEKASI JAWA BARAT Istiqomah, Ira Nadila; Ruslan, Undang; Abidin, Jaenal
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.233-244

Abstract

Kemajuan teknologi menghasilkan banyak produk baru, termasuk dalam hal agama, salah satunya adalah al Qur’an digital yang merupakan produk dari kemajuan teknologi. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi umat Islam, mengingat digitalisasi ini mempermudah dalam membaca, mencari ayat, tanda tajwid, dan asbabun nuzul dan lain sebagainya. Dari berbagai fasilitas kemudahan tersebut, kemudian muncul pertanyaan, bagaimana adab dalam menggunakan aplikasi Al Qur’an digital? Apakah sama dalam menyikapi mushaf Al Qur’an? Atas dasar problematika tersebut kemudian penelitian berminat untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman dan adab remaja perempuan dalam menggunakan aplikasi Al Qur’an digital. Penelitian ini dilakukan di Masjid Nurul Huda Cikarang Barat Bekasi dengan mengambil informan dari anggota remaja masjid sebanyak 5 orang perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara online melalui video call whatsapps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para remaja masjid tersbut berpendapat berbeda dalam memilih jenis aplikasi Al Qur’an digital karna melihat dari fitur dan ukuran file aplikasi tersebut. Para remaja memiliki pendapat yang mayoritas sama dalam hal adab menggunakan Al Qur’an digital yaitu harus suci, tempat untuk membaca harus bersih. Adapun implikasi penelitian ini adalah: lebih fleksibel dalam membaca al Qur’an, pendekatan pebelajaran yang kreatif dan inovatif, penguatan keterampilan dalam penggunaan teknologi.
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI APLIKASI ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PAI VIII DI SMPN 3 KARANG BAHAGIA BEKASI Syafitri, Annisa; Hermawan, Iwan; Waluyo, Kasja Eki
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.245-258

Abstract

Masa pandemi covid-19 menyebabkan interaksi manusia dibatasi, sehingga berdampak pada sirkulasi Pendidikan, aktivitas kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara daring dan berimplikasi kepada minat dan kualitas belajar siswa, oleh karena itu perlu untuk diperhatikan secara serius ketersampaian materi ajar kepada para siswa tetap terjaga secara kualitas. Dalam dunia Pendidikan, aplikasi zoom could meeting merupakan aplikasi media pembelajaran daring yang dijadikaa solusi altertanatif pada saat pembelajaran daring dilakukan. Aplikasi ini juga telah digunakan di sekolah dan Lembaga lain untuk memudahkan menyampaikan informasi, karena aplikasi ini bisa bertatap muka walaupun secara virtual, hal ini menjadi alasan ketertarikan peneliti untuk melakukan kajian tentang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan informannya adalah orang-orang yang dianggap memiliki pengetahuan dan berhubungan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan aplikasi ini sudah baik. Pembelajaran disampaikan melalui aplikasi ini mendapatkan respon yang baik oleh siswa sehingga minat belajar yang diperoleh siswa juga baik karena dengan adanya pembelajaran online. Selain itu, siswa lebih mandiri dalam mencari pengetahuan dan pengalaman belajar, siswa lebih aktif dalam proses pencarian ilmu pengetahuan. implikasi dari penelitian ini adalah: 1) berimplikasi secara akademik, 2) berimplikasi kepada kurikuler, 3) berimplikasi pada upgrading metodologis, 4) berimplikasi kepada sosial dan kultural.
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUN NAIM BEKASI Fahmi, Ahmad; Sitika, Ahmad Junaedi; Syarief, Ceceng
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.259-270

Abstract

Rewards will make students study actively, the application of the reward and punishment method should be able to make students motivated to study Islam, not violate school rules and be expected to behave well towards everyone, not focus on studying, lazy to do assignments, not pay attention to the teacher, have difficulty understand the lesson and get bored of taking the lesson. This research approach is qualitative. Data collection is carried out using observation, interviews and documentation. The results of the research show that the application of the reward and punishment method is effective in increasing enthusiasm for learning PAI fiqh in class X students at Darun Naim Vocational School, Bekasi. By giving rewards and punishments, students can improve, study diligently, always follow the PAI fiqh learning process, always carry out assignments given by teachers, and obey school rules and regulations. So that the presence of rewards and punishments can make students better, besides that the development of students' learning motivation is quite good and effective. With this, they can increase their enthusiasm to do several good things that can make them achieve, which in the future will make them passionate about learning and always enthusiastic. The implications of this research activity include: 1) developing more effective learning strategies, 2) strengthening learning discipline, and 3) improving the reward and punishment system.
PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH ISLAM BAGI GENERASI “Z” Kusumawati, Janisa; Sitika, Ahmad Junaedi
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.271-283

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menjelaskan media dakwah dengan bentuk digitalisasi yang menarik dikalangan generasi milenial. TikTok merupakan aplikasi yang sangat digemari disetiap kalangan, apabila aplikasi ini dipakai oleh para da’i muda sebagai media dakwah dalam menyampaikan pesan dakwahnya akan menarik perhatian kalangan generasi milenial. Melalui aplikasi ini, seorang da’i muda dapat dengan mudah menciptakan pesan dakwah yang lebih interaktif, menyenagkan dan asyik. Dalam penelitian peneliti metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aplikasi TikTok merupakan aplikasi yang mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih, sehingga orang-orang mampu dengan mudah untuk mengaksesnya terutama generasi Z. 2) Aplikasi tiktok sangat cocok dan bermanfaat dengan memperbanyak konten-konten yang bersifat edukasi, sehingga orang mampu lebih paham terutama konten dakwah islam hal ini akan terus berlangsung apabila penggunanya tetap diarahkan dengan baik. 3) Media dakwah dengan aplikasi tiktok sudah sangat digandrungi oleh generasi Z sejak lama dan semakin berkembang pesat dengan bertambahnya para pembuat konten dakwah yang baru. implikasi penelitian ini diantaranya adalah: 1) sosial dan kultur, 2) pendidikan dan literasi digital, 3) fisikologis dan identitas keagamaan, 3) implikasi teknologi dan inovasi, 4) etika dan pengawasan konten, 5) pendidikan agama dan pengajaran.
PERENCANAAN PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN YANG EFEKTIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KARAWANG Jaya, Nandang Putra; Sholeh, Slamet; Maryati, Mimin
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.284-293

Abstract

Junior high schools are required to have adequate library facilities and infrastructure, because according to the saying the library is a window to the world, therefore based on researcher observations data on student visitors to the library shows that student enthusiasm is quite high, therefore to optimize the library in junior high schools in Kerawang In this case, it is necessary to plan library facilities and infrastructure well. Therefore, the researcher wanted to deepen this issue because he wanted to know the extent to which the school library was planned to fulfill students' interest in reading and learning. The research method used in this research uses a qualitative approach with the type of library research. The research results show that the planning of library facilities and infrastructure in schools is carried out well by providing complete library facilities and materials so that visitors will feel comfortable in the library and it will be much easier to find the books they are looking for. In terms of planning library facilities and infrastructure, this includes budget planning and collection development planning. Apart from that, you also need to pay attention to what facilities and infrastructure are needed by the library. The implications of this research are: 1) developing more effective learning strategies, 2) strengthening learning discipline, 3) improving reward and legal systems, 4) the role of teachers as motivators and managers, 5) increasing collaboration between schools and stakeholders and the community.
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Uluwiyah, Lala Miediyana; Sholeh, Slamet
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.294-308

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas mengenai kreativitas para guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar di masa pandemic covid-19, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti untuk melakukan kajian dan penelitian secara mendalam terkait dengan kreativitas guru PAI dalam melaksanak tugas pengajaran pada masa covid-19 tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obervasi dan analisis data dokumentasi, sementara sumber data dalam hal ini adalah para guru PAI yang berhasil peneliti temui di lapangan saat peneliti melakukan penelitian. Dan hasil penelitian penunjukkan bahwa guru PAI mempunyai berbagai kreativitas untuk menciptakan proses mengajar yaitu dengan mengirimkan cerita-cerita pendek dan bergambar, dengan bantuan internet, laptop, instragram, whatsApp, aplikasi zoom meeting dan lain sebagainya, dan guru PAI pun menggunakan berbagai metode agar peserta didik tidak merasa jenuh yaitu metode projectsbased learning sangat penting karena efektif diterapkan untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil. Metode daring adalah pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protocol kesehatan metode ini siswa akan diajar secara bergiliran (shift model). Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) kreativitas guru PAI semakin meningkat, 2) guru semakin giat untuk suksesnya kegiatan pembelajaran, 3) siswa ditunutu untuk lebih terampil dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode yang baru.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER: Kajian Literatur Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Rahman, Rieza Hardiyan; Rukajad, Ajad; Ramdhani, Khalid
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.309-320

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. guru PAI mempunyai tugas yang berat dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran dan norma agama Islam, kenakalan remaja dan peningkatan semangat belajar tanggung jawab dan tugas guru dalam membentuk siswa yang berkarakter, Inilah alasan peneliti mendalami dan mengadakan penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis analisis literatur atau kajian Pustaka yang kemudian data diperkuat dengan data wawancara dengan guru PAI yang berhasil peneliti temui di lapangan, penelitian ini mengungkapkan bagaimana guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran sentral dalam pembentukan nilai-nilai moral, etika, dan akhlak siswa. Guru tidak hanya menyampaikan pelajaran agama, tetapi juga berfungsi sebagai teladan, pembimbing, dan penginspirasi siswa. Hasil penelitian ini menyoroti metode dan strategi yang digunakan oleh guru untuk membentuk karakter siswa, serta tantangan dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan pembinaan karakter. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan praktisi pendidikan untuk memahami peran berharga guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk generasi muda yang memiliki karakter kokoh dan etika yang baik di masa depan. implikasi penelitian adalah: 1) Peningkatan aksesibilitas dan penggunaan perpustakaan, 2) Pengembangan koleksi yang relevan dan diversifikasi, 3) Penggunaan teknologi dalam pengembangan perpustakaan.
PENGEMBANGAN E-BOOK “NADA BUKHU” (Nabi Adam Dan Buah Khuldi) Berbasis Web Pada Pembelajaran PAI Kelas 1 SD di SDN Karapyak I Sumedang Kamelia, Nita; Novebrianty, Lina; Ramadani, Oktavia; Aeni, Ani Nur
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.321-334

Abstract

Pada era kemajuan teknologi ini, tentu dalam penggunaannya tidak bisa dihindari baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan pembelajaran. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran e-book “ NADA BUKHU” (Nabi Adam dan Buah Khuldi) berbasis web dapat digunakan sebagai preferensi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas 1 SD Negeri Karapyak 1, Sumedang. Didapatkan hasil bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi dapat meningkat, serta membuat siswa terpusatkan perhatiannya pada materi dikarenakan adanya desain maupun gambar yang menarik. Tujuan dari pembuatan dan pengembangan media pembelajaran e-book “NADA BUKHU” adalah membantu guru dan siswa untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan membuat suasana kelas menjadi kondusif serta interaktif. Metode yang digunakan dalam mengembangkan media tersebut adalah Design and Development (D&D) dan hasil penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) siswa terbantu dalam memahami materi, 2) latihan soal dalam e-book yang interaktif, 3) penampilan e-book yang menarik bagi siswa, 4) siswa ikut aktif ketika penggunaan media pembelajaran di kelas. Adapun implikasi dari kegiatan penelitian ini diantaranya adalah: 1) meningkatkan aksebilitas materi pembelajaran, 2) memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, 3) Berikan dukungan terhadap pengajaran tematik di sekolah dasar. 4) memb pengembangan literasi digital dan kompetensi teknologi. 5) melakukan kegiatan evaluasi terhadap peningkatan konten belajar.
NILAI OPTIMISME DI FILM ALI DAN RATU-RATU QUEENS Nahda Erba, Dhiyaa Haaniya
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.335-346

Abstract

Film "Ali dan Ratu-Ratu Queens," optimisme memainkan peran dalam membentuk narasi. Kisah ini menjelaskan perjalanan seorang penyandang disabilitas, yang bermimpi menjadi seorang perancang busana terkenal. Meskipun menghadapi banyak rintangan, Ali tidak kehilangan keyakinan dan impiannya. Optimisme tercermin dalam cara Ali menghadapi tantangan. Meskipun banyak orang di sekitarnya meragukan kemampuannya, Ali tetap gigih dan percaya bahwa dia bisa meraih apa pun yang diinginkannya. Ini adalah pesan yang sangat positif, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika seseorang memiliki tekad yang kuat pada dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menyumbangkan pemahaman tentang bagaimana unsur sinematik dapat berperan sebagai alat yang efektif dalam mengkomunikasikan pesan optimisme dalam film. Metode penelitian yang diterapkan adalah analisis data kualitatif pada adegan optimisme dengan pendekatan sinematik. Data penelitian terdiri dari adegan yang dipilih secara cermat dari film "Ali dan Ratu-Ratu Queens". Pengambilan gambar yang teliti memastikan bahwa setiap adegan dapat ditangkap dengan baik, sehingga memungkinkan penonton untuk merasakan emosi yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya kombinasi mendukung pesan optimisme dalam film. Penonton dapat merasakan semangat perjuangan karakter Ali dalam menghadapi rintangan hidupnya, karena atmosfer yang diciptakan secara sinematik memberikan dukungan yang kuat terhadap narasi film. implikasi dari kegiatan penelitian ini adalah: 1) resiliensi dalam menghadapi tantangan, 2) lingkungan terhadap sikap optimis, 3) bisnis sebagai sumber inspirasi dan motivasi, 4) dalam pembentukan identitas dan karakter.
ROKAT BHELIONE: MEMAKNAI TRADISI LOCAL WISDOM MASYARAKAT PAMEKASAN SAAT ANGGOTA KELUARGA MENINGGAL DUNIA Rohman, Mujibur; Haris, Abd; Supandi, Supandi
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31102/alulum.11.3.2024.347-358

Abstract

Rokat is a tradition of the Madurese people that is still sympathetic and is still being preserved. Rokat is a cultural and religious assimilation that makes researchers interested in exploring it. The research method used is qualitative with a phenomenological type. The data collection methods used were 1) interviews, 2) observation, and 3 documentation analysis, while the research informants were 1) religious leaders, 2) community leaders, and the community. The results of the research show that the implementation of rokat belief in society is as follows: a) rokat belioneh is a salvation activity carried out when a family member dies, b) rokat belioneh is carried out to get closer to Allah SWT, c) rokat belioneh is carried out with several stage (preparation and implementation). Meanwhile, related to the views of the Pamekasan people regarding the rokat bhelioneh tradition when a family member dies, they are: a) rokat bhelioneh is a culture that does not conflict with Islamic teachings. b) Rokat bhelioneh is a tradition carried out to gain approval and mercy from Allah SWT, c) Rokat bhelioneh is carried out to eliminate sadness due to being abandoned by loved ones and aims to obtain the safety of wealth and health from all forms of danger that threatens. The applications of this research activity are 1) the importance of local traditions in dealing with death, 2) the role of family and community in the mourning process, 3) values ​​of belief and spirituality, 4) the maintenance and transmission of traditions and culture.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 4 (2025): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 12 No 3 (2025): al-Ulum: Journal of Islamic Education, Research and Thought Vol 12 No 2 (2025): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 12 No 1 (2025): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 11 No 4 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 11 No 3 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 11 No 2 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 11 No 1 (2024): Jurnal Al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman Vol 10 No 4 (2023): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 10 No 3 (2023): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 10 No 2 (2023): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman Vol 10 No 1 (2023): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman Vol 9 No 4 (2022): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman Vol 9 No 3 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman Vol 9 No 2 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman Vol 9 No 1 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman) Vol 8 No 1 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman) Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman Vol 7 No 1 (2020): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 6 No 2 (2019): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 6 No 1 (2019): Jurnal Pemikiran dan Penelitian keislaman) Vol 6 No 1 (2019): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 5 No 2 (2018): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 5 No 1 (2018): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 4 No 2 (2017): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 4 No 1 (2017): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 3 No 1 (2016): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 2 No 1 (2015): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman Vol 1 No 1 (2014): Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman More Issue