cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 12 Documents clear
Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Fatmayeni; Ibrahim, Nurdin; Gatot, Masitowati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Mod Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul pada pembelajaran PAI serta menganalisis kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan ini menggunakan penilaian 3 ahli yaitu ahli media, ahli desain dan ahli materi. Hasil uji ahli media 73,5% atau termasuk dalam kategori layak, hasil uji ahli materi 99,35% dan ahli desain 99% atau dalam kategori sangat layak. Hasil uji independent t test diperoleh signifikansi 0,027 < 0,05 artinya ditolak menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai PAI siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan E-modul dengan kelas kontrol yang menggunakan media buku cetak/paket PAI. ul pada pembelajaran PAI serta menganalisis kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan ini menggunakan penilaian 3 ahli yaitu ahli media, ahli desain dan ahli materi. Hasil uji ahli media 73,5% atau termasuk dalam kategori layak, hasil uji ahli materi 99,35% dan ahli desain 99% atau dalam kategori sangat layak. Hasil uji independent t test diperoleh signifikansi 0,027 < 0,05 artinya ditolak menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai PAI siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan E-modul dengan kelas kontrol yang menggunakan media buku cetak/paket PAI.
Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Zakuma Berbasis Wordwall Di SMP Cendekia Baznas Cibungbulang Kabupaten Bogor Nursirwan, Helmi; Abidin Arief, Zainal; Hartono, Rudi
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Board GameZakuma berbasis Wordwall pada pembelajaran agama islam kelas IX di SMP Cendikia BAZNAS, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan gabungan Borg and Gall dan Dick and Carey yang menghasilkan model pengembangan dengan langkah sebagai berikut; studi pendahuluan, perencanaan, desain model, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, uji lapangan dan implementasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Board Game Zakuma berbasis Wordwall layak untuk digunakan pada kelas IX di SMP Cendikia BAZNAS, Kabupaten Bogor.
Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent pada Mata Pelajaran PAI Marliah, Ari; Abidin Arief, Zainal; Hartono, Rudi
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-Modul berbasis Hypercontent pada pembelajaran agama islam kelas VII di SMP Islam Izzatul Madani, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan gabungan Borg and Gall dan Dick and Carey yang menghasilkan model pengembangan dengan langkah sebagai berikut; studi pendahuluan, perencanaan, desain model, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, uji lapangan dan implementasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan E-Modul berbasis Hypercontent layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP Islam Izzatul Madani, Kabupaten Bogor.
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS I KECAMATAN PONDOK GEDE Nurtiya Novia Rizky; Edy Purwanto, Sigid; Rahman A. Ghani, Abdul
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa, hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, hubungan iklim belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan hubungan perhatian orang tua, disiplin belajar dan iklim belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus I Kecamatan Pondok Gede. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 100 orang sebagai responden. Berdasarkan hasil uji normalitas data terdistribusi normal dilihat dari nilai p value 0.200 > 0.05. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment : 1) Dari analisis data dengan korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika; 2) Dari analisis data dengan korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) Dari analisis data dengan korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara iklim belajar terhadap hasil belajar matematika; dan 4) Dari analisis data dengan korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara perhatian orang tua, disiplin belajar dan iklim belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Perhatian orang tua, disiplin belajar, dan iklim belajar memberikan kontribusi sebesar 66,40 % terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara perhatian orang tua, disiplin belajar, dan iklim belajar terhadap hasil belajar matematika.
IMPLEMENTASI PROGRAM BINA AKHLAK DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER PROFETIK DI SDIT AS-SALAAM KARANGGAN Fauziah, Syifanur; Yanita Sari, Yessy; Rahman A. Ghani, Abdul
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pelaksanaan program binaakhlak dalam mendukung pendidikan karakter profetik peserta didik di SDIT As-SalaamKaranggan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Impelementasi program bina akhlak dalam mendukung karakter profetik direalisasikandalam bentuk program dan aktivitas seperti: Program dan aktivitas harian dan aktivitasmingguan. (2) Implementasi program bina akhlak untuk mengetahui standar operasionaldalam mendukung pendidikan karakter proferik di SDIT As-Salaam Karanggan. (3)Keberhasilan program bina akhlak dalam mendukung pendidikan karakter profetik terjadipeningkatan pada sikap dan prilaku peserta didik. (4) Faktor pendukung implementasipenerapan program bina akhlak dalam mendukung karakter profetik peserta didik yaitu motivasi, sarana dan prasarana, peran kepala sekolah. Adapun yang menjadi faktor penghambat implementasi penerapan program bina akhlak dalam mendukung karakter profetikpeserta didik adalah kesadaran
EVALUASI IMPLEMENTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU JALUR ZONASI DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SDN GROGOL UTARA 09 KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN Raniasih, Pipit; Rahman A.Ghani, Abdul; Amaliyah, Nurrohmatul
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Paradigma evaluasi konteks, input, proses, dan produk (CIPP) digunakan dalam penelitian ini oleh para peneliti. Metodologi penelitian ini mengambil sikap analitis. Melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, data ilmiah dikumpulkan. Wawancara dilakukan dengan anggota komunitas sekolah, termasuk orang tua siswa, guru, pengawas sekolah, wakil kepala sekolah, dan tim komite PPDB sekolah. Hasil penelitian dalam program PPDB jalur zonasi ini, pada komponen context menyebutkan bahwa pelaksanaannya sudah sesuai dengan aturan dari pemerintahan DKI Jakarta. Untuk komponen input, disebutkan bahwa program PPDB ini dilaksanakan oleh seluruh SDM di SDN Grogol Utara 09 khususnya panitia dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sudah memadai yang dilakukan pemeliharaan secara bersama-sama dengan baik pula. Pada komponen process, PPDB Jalur zonasi ini sudah sesuai dengan tahapan dan alur yang berlaku di Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan terintegrasi dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Terakhir, komponen product menyebutkan bahwa beberapa hambatan yang ada teratasi dengan pelayanan dari panitia yang siap sedia. Dan hasil dari program PPDB jalur zonasi ini menghasilkan peserta didik yang tidak lagi terlambat ke sekolah karena jarak tempat tinggal yang dekat dengan sekolah sehingga semakin menguatkan karakter disiplin pada kurikulum merdeka di SDN Grogol Utara 09.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS V Sakila Batubara, Lailan; Irdalisa; Hikmat, Ade
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui pengaruh Metode pembelajaranCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan literasi, (2) mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan literasi. (3)interaksi antara metodepembelajaran dengan kebiasaan membaca terhadap kemampuan literasi. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif. Bertempat di SDNAren Jaya XIII dengan informan dalampenelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan peserta didik di sekolah. Metode pengumpulan data dengan angket, instrument set dan dokumentasi. Uji keabsahan datamenggunakan uji validitas dan ujireliabilitas.. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan UjiHomogenitas.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil pengujian hipotesis pertama, diperoleh Fhitung (3,551) > Ftabel (4,048) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode pembelajaran Direct Introduction terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran literasi. Fenomena ini menunjukkan bahwa hasil belajar matapelajaran Literasi akan meningkat bila siswadiajar dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC). (2) Hasil pengujian hipotesis kedua, diperoleh Fhitung(4,970) > Ftabel (0,030)yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca kategori tinggi dan kebiasaan membaca kategori rendah terhadapkemampuan literasi siswa pada mata pelajaran Literasi. Fenomena ini menunjukkanbahwa hasil belajar mata pelajaran literasi akan meningkat bila siswa memiliki kebiasaan membaca kategoritinggi. Artinya semakin baik kebiasaan membaca siswa,maka akan menghasilkan hasil belajar Kemampuan literasi yang semakin baik pula. (3)Hasil pengujian hipotesis ketiga (interaksi) diperolehFhitung (11,809) > Ftabel (4.048). Halini menunjukkan terdapat interaksi metode pembelajaran dan kebiasaan membaca terhadap Kemampuan literasi. dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yangmemiliki kebiasaan membaca kategori tinggi lebih efektif diajarkan dengan metodepembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dari pada metode pembelajaran Direct Introduction. Oleh karenanya lebih berhasil dengan metode CIRC yangbersifat global karena memacu kemampuan sosial mereka dalambelajar sebagai ciri dari siswakebiasaan membaca kategori rendah yakni kemampuanmemahami permasalahan adalah denganmengembangkan kemampuan sosial.
PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP INTERAKSI BELAJAR SISWA Damami Novayanto, Arif; Pribadi, Benny A
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh, khususnya pada peningkatan interaksi dan hasil belajar siswa. Dengan metode penelitian literatur, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber yang relevan, termasuk majalah, buku, dan publikasi lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa Google Classroom meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi, sebagaimana ditemukan oleh Baser & Rizal (2021). Selain itu, pelatihan Google Classroom untuk guru, seperti yang dijelaskan oleh Nissa et al. (2020), terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran daring. Studi oleh Farida Isroani (2021) dan penelitian lainnya menyoroti penerimaan Google Classroom oleh guru dan siswa, menunjukkan efektivitasnya dalam memudahkan transfer materi, penugasan, dan penilaian. Penelitian oleh Simanjuntak et al. (2021) dan Septiani (2022) menekankan adaptabilitas Google Classroom dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti. Kesimpulannya, Google Classroom telah menjadi alat penting dalam pendidikan modern, tidak hanya memudahkan pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa dalam berbagai konteks.
FUNGSI AKUN MEDIA SOSIAL YOUTUBE GADGETIN TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI SUBSCRIBERS Radya Fernanda, Edwin
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media masa kini telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dengan berbagai konten yang bervariasi. Teknologi informasi merupakan perkembangan dari era sebelumnya, memfasilitasi akses informasi melalui perangkat digital dan memungkinkan pengiriman informasi secara luas. Penggunaan internet di Indonesia umumnya untuk mencari, mendapatkan informasi, dan berkomunikasi. Jumlah pengguna internet dan media sosial terus meningkat, dengan platform seperti WhatsApp, Instagram, dan YouTube menjadi populer. Perkembangan media sosial telah mengubah cara komunikasi menjadi lebih bebas dan tanpa batasan. YouTube, sebagai platform berbagai konten, memiliki peran penting dalam penyampaian informasi dan ulasan produk. Salah satu kreator YouTube terkenal dari Indonesia adalah GadgetIn, yang membahas teknologi dan review gadget dengan akurat dan objektif. Meskipun kompetitif, GadgetIn memainkan peran inspiratif dan acuan bagi kreator lain serta pengguna internet. Penelitian ini fokus pada GadgetIn, menyelidiki bagaimana konten mereka memenuhi kebutuhan informasi para pengguna sesuai dengan tujuannya. Dalam hal ini, penelitian bersifat teoritis dan praktis, mendukung perkembangan pengetahuan di bidang penyiaran dan media sosial seperti saluran GadgetIn di YouTube
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif T-learning (Tematik Learning) Berbasis Software Articulate Storyline 3 pada Materi Energi di Sekolah Dasar Ajat
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif T-Learning (tematik learning) berbasis software Articulate Storyline 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Model ini meliputi empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Bojong Rangkas dengan subjek uji coba kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan penilaian oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan siswa. Hasil penilaian yang didapatkan oleh para ahli diantaranya, skor rata-rata 91% dari ahli media, 91% dari ahli materi, dan 98% dari ahli bahasa, dengan kategori sangat layak. Pada penilaian angket siswa, dilakukan dua uji coba, diantaranya uji coba terbatas dengan perolehan nilai rata-rata 92%, dan uji coba diperluas dengan perolehan nilai rata-rata 94% sehingga keduanya mendapat kategori “sangat layak”. berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran interaktif T Learning berbasis Articulate Storyline 3 pada materi energi di sekolah dasar dinyatakan sangat layak digunakan pada pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 12