cover
Contact Name
Yessi Fitriani
Contact Email
yessifitriani931@gmail.com
Phone
+6281278893228
Journal Mail Official
pembahsipps@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
  • Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In
  • Website
ISSN : 2337456X     EISSN : 26223732     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/pembahsi
Core Subject : Education,
Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian literature.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)" : 16 Documents clear
IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN Hafidz Yarnaidi Latief; Asropah; Neyama Lukitasari; Yusuf Sidiq Budiawan
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.15981

Abstract

Tujuan penelitian ialah mengetahui implementasi aplikasi Kahoot dalam pembelajaran teks cerpen di kelas XI SMAN 9 Semarang. Metode yang diterapkan ialah kualitatif deskriptif, hal ini dilakukan untuk mengetahui fenomena secara langsung di lapangan, sehingga peneliti mengetahui situasi dan kondisi secara realitas. Sumber data penelitian ialah test, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah faktor yang melandasi penggunaan aplikasi Kahoot ialah distrupsi teknologi, implementasi kurikulum Merdeka di SMAN 9 Semarang, dan adanya degradasi aktivitas pembelajaran. Langkah-langkah dalam penggunaan Kahoot ialah guru menyiapkan akun Kahoot dan membagikan link Kahoot, kemudian peserta didik mengerjakan pertanyaan sesuai intruksi, melihat hasil, dan mendiskusikan hasil pembelajaran yang tertera dalam aplikasi Kahoot. Selanjutnya manfaat dari penggunaan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran teks cerpen ialah menumbuhkan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan inovatif, memberikan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, serta memberikan kesan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi.
BENTUK EKSPRESI EMOSIONAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LUKA CITA KARYA VALERIE PATKAR : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Zalfaa Azzah, Syaafira; Eko Sri Israhayu
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16012

Abstract

Abstrak -- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspresi emosional tokoh utama dalam novel Luka Cita karya Valerie Patkar. Novel tersebut menggambarkan tentang berbagai macam bentuk emosi dan keadaan psikologis tokoh utama. Penelitian ini menentukan unsur-unsur psikologis yang terdapat dalam novel, kemudian menganalisis keterkaitannya dengan karakter masing-masing tokoh. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bentuk ekspresi emosional pada tokoh Utara dan Javier diantaranya: marah, muak, takut, senang, sedih, terkejut. Novel Luka Cita memberikan pemahaman mendalam tentang kondisi psikologis dan emosional melalui karya sastra. Penelitian ini berfokus pada ilmu psikologi sastra sekaligus memperlihatkan usaha pengarang yang melibatkan ilmu psikologi dalam pembentukan karakter tokoh serta memberi respon emosional terhadap penafsiran novel. Kata kunci : Novel, Psikologi sastra, Emosional, Novel Luka Cita.
PENGEMBANGAN BOARD GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Rizki Nur Aisah; Dian Nuzulia Armariena; Marleni
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16032

Abstract

Game monopoli board dapat membantu Anda belajar tentang pola hidup gotong royong. Karena kurangnya minat belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran board game berdasarkan materi pola hidup gotong royong di kelas IV SDN 229 Palembang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi. Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi adalah langkah-langkah yang terdiri dari model pengembangan ini. Tahap penelitian dan pengembangan ini berlanjut hingga tahap pengembangan.  Untuk mengevaluasi kebutuhan guru dan siswa, penelitian ini menggunakan angket (kuisioner), tes hasil belajar, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran board game monopoli di SDN 229 Palembang dianggap “Sangat Praktis” karena memperoleh nilai kevalidan sebesar 89,3% dan hasil validasi ahli media dan materi keseluruhan sebesar 83% atau Sangat Valid. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran board game monopoli di SDN 229 Palembang layak diterapkan pada kelas IV SD.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Arriza; Jayanti; Marleni
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16033

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat produk pengembangan media diorama yang dapat digunakan dan berguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Dalam penelitian ini, model pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa kelas V SDN 140 Palembang adalah subjek penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh dari dua angket validasi dan tanggapan siswa. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai tampilan media, penyajian materi, dan penggunaan bahasa. Angket validasi tim ahli menerima skor presentase 91,6% dengan kriteria sangat valid, dan angket tanggapan siswa menerima skor presentase 89,6% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, temuan peneliti menunjukkan bahwa media diorama yang dibuat sudah memenuhi persyaratan yang sah dan praktis.
PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASROOM BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE DALAM TEKS TANGGAPAN M. Zainal Habib; Asrofah; Theresia Danik K; Ngatmini
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16111

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan model flipped clasroom dengan bantuan media YouTube dalam teks tanggapan yang diberikan siswa di kelas IX SMP Negeri 6 Semarang. Metode deskriptif kualitatif digunakan. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang alami dan membutuhkan banyak interaksi. Wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah sumber data penelitian ini. Sementara itu, hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi digabungkan untuk melakukan analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor yang mendorong penerapan model flipped classroom berbantuan YouTube dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX SMP N 6 Semarang adalah kemajuan teknologi, pelaksanaan kurikulum merdeka, dan inovasi dalam pembelajaran. Sementara itu, langkah-langkah penerapan model flipped classroom berbantuan YouTube dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX SMP N 6 Semarang adalah guru memberikan video YouTube yang relevan kepada siswa, dan siswa memiliki akses ke video tersebut.
NILAI-NILAI MORAL DAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL 172 DAYS Putri Ayu Khairunisyah; Yessi Fitriani; Missriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16177

Abstract

Metode deskriptif kualiatif digunakan sebagai metode penelitian, dan tujuan penelitian adalah untuk memberikan deskripsi moral dan religius dari Novel 17 hari.Teknik analisis adalah inti dari teknologi analisis data.Peneliti menemukan tiga nilai moral dari Novel 172 hari. Mereka menemukan bahwa hubungan manusia dengan Tuhan memiliki tiga nilai, yaitu bersyukur, berserah diri, dan doa. Bahwa hubungan manusia dengan diri sendiri memiliki lima nilai, yaitu (1) kesabaran, (2) tanggungjawab, (3) kejujuran, (4) emosi, dan (5) kedamaian. Selanjutnya, hubungan manusia dengan orang lain memiliki empat nilai, yaitu (1) memberi nasehst, (2) menolong sesama, (3) kasih sayang, dan (4) peduli. Semua orang memiliki nilai religius. Agama memiliki empat nilai, yaitu (1) doa, (2) shalat, (3) dzikir, dan (4) sedekah. Akhlak memiliki lima nilai, yaitu (1) nasehat, (2) tingkah laku, (3) sopan santun, (4) ucapan, dan  (5) ketegasan. Pekerjaan memiliki tiga nilai, yaitu kerja keras, usaha, tindakan, dan cinta kasih
PENERAPAN PENDEKATAN CRT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS BUDAYA SEMARANG Ida Indriyana; Siti Ulfiyani; Tutik Naviatun; Arisul Ulumuddin
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16220

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian terhadap pentingnya pembelajaran yang relevan dengan budaya lokal. Bagi siswa, budaya Semarang yang kaya dan beragam dapat menjadi sumber inspirasi untuk belajar menulis puisi. Pembelajaran Responsif Budaya (CRT) adalah pendekatan pembelajaran yang bagus karena melibatkan pengalaman dan budaya siswa.Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana metode CRT digunakan untuk mengajarkan siswa kelas X-10 di SMAN 8 Semarang menulis puisi yang didasarkan pada budaya Semarang. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mempelajari fenomena secara langsung di lapangan sehingga peneliti dapat memahami situasi dan kondisi secara nyata. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah sumber data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode CRT dalam pengajaran menulis puisi memiliki efek positif. Peserta didik dapat berpartisipasi secara aktif dalam pencarian dan analisis pengaruh budaya dalam proses menulis puisi. Metode CRT meningkatkan pemahaman peserta didik tentang prinsip budaya lokal dan membantu mereka mengekspresikan pengalaman budaya mereka melalui penulisan puisi.
PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MUSIKALISASI PUISI PESERTA DIDIK Diyah, Diyah Ayu Fatmawati; Siti Ulfiyani; Sagino
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16238

Abstract

Studi ini menyelidiki peran YouTube dalam mengajarkan musikalisasi puisi di kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan melibatkan 35 siswa sebagai sampel. Dokumentasi menunjukkan metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube digunakan sebagai platform pembelajaran yang memperluas aksesibilitas, memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan kreativitas melalui musikalisasi puisi, dan sebagai media untuk mempublikasikan karya-karya mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan YouTube sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang musikalisasi puisi, memperluas pengetahuan mereka dengan tutorial dan referensi musik yang tersedia, dan mendorong mereka untuk untu Singkatnya, siswa SMA Negeri 10 Semarang memanfaatkan YouTube sebagai alat pembelajaran yang berguna dan juga meningkatkan pengalaman pembelajaran seni mereka.
PENERAPAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI Nur Faizin; Asropah; Sri Handayani; Nazla Maharani Umaya
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16251

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana kelas X di SMA Negeri 11 Semarang menggunakan media Wordwall untuk mengajarkan teks biografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah sumber data penelitian ini. Studi ini menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi Wordwall saat mengajar teks biografi di kelas di SMA Negeri 11 Semarang. Metode penggunaan Wordwall adalah guru membuat akun dan membagikan link, kemudian siswa mengerjakan kuis yang sudah diberikan. Selain itu, manfaat penggunaan aplikasi Wordwall untuk mengajar teks biografi adalah pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kreatif, dan peserta didik menjadi lebih termotivasi.
PENERAPAN STRATEGI BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI Putrika Sari, Sinta; Asrofah; Sri Handayani; Nazla Maharani Umaya
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 14 No. 2 (2024): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v14i2.16304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi berdiferensiasi dalam pembelajaran teks biografi di kelas X SMA N 11 Semarang guna mengetahui efektivitas strategi ini dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam di antara peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas X SMA N 11 Semarang dan guru Bahasa Indonesia, Ibu Sri Handayani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki beragam gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) yang diidentifikasi melalui asesmen diagnostik. Guru menerapkan diferensiasi dalam konten, proses, produk, dan lingkungan belajar untuk menyesuaikan dengan karakteristik tersebut. Strategi ini mencakup penggunaan presentasi PowerPoint dan Canva untuk peserta didik visual, ceramah dengan tutor sebaya untuk peserta didik auditori, serta mind mapping dan permainan puzzle untuk peserta didik kinestetik. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi berdiferensiasi meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran teks biografi, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Strategi ini membantu mengoptimalkan potensi masing-masing peserta didik dan membentuk karakter serta wawasan yang lebih luas.

Page 1 of 2 | Total Record : 16