cover
Contact Name
Taopik Rahman
Contact Email
opik@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalagapedia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PAUD AGAPEDIA
ISSN : 25812823     EISSN : 25809679     DOI : https://doi.org/10.17509/jpa
Core Subject : Education,
Jurnal PAUD Agapedia adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian terkait pendidikan anak usia dini dari perspektif mutidisipliner. Jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi konsep, teori, paradigma, perspektif dan metodologi dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022" : 15 Documents clear
MODEL PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Penelitian Pada Orangtua di PGTK Pasim Ar-rayyan, KB/PAUD An-Najwa dan RA Lijamul Athfal Sukabumi) Devi Cahya Permata; Achmad Mudrikah; Hanafiah Hanafiah
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48097

Abstract

Learning that was originally with the face-to-face method has now been changed to online learning. This raises problems, especially the implementation of learning for early childhood. Learning is carried out using communication technology media, one of which is a smartphone. In its application, parental assistance is needed because early childhood cannot learn on their own without assistance from parents. The concept of online learning that can be implemented in a learning process is the basic concept initiated by George R. Terry known as POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controling). The specific objectives of this study were to obtain an overview of: 1) Planning, 2) Organizing, 3) Implementation and 4) Assessment of parental assistance models in the use of smartphone media to improve the quality of learning. The research method uses a qualitative approach with a descriptive method. The research data were collected by using observation, interview, documentation, and triangulation techniques. The research locations were PGTK Pasim Ar-Rayyan, KB/PAUD An-Najwa and RA Lijamul Athfal Sukabumi. The theory that underlies this research is the model of parental assistance and the quality of learning. The results of this study include: 1) The learning planning carried out by the institution refers to the emergency curriculum and is designed flexibly or adapted to conditions; 2) The organization of learning materials that have been designed is made as creative as possible and involves all parties; 3) The implementation of learning is carried out on the learning method while playing and the Institute cooperates with parents in the implementation of learning; 4) Assessment of the learning process according to the required data, students collect assignments, attendance so that principals and tutors can evaluate the learning process of students. Conclusions of research results 1) Research subjects carry out lesson plans that refer to the emergency curriculum and design flexible learning plans; 2) Organizing early childhood learning, namely organizing time, human resources and teaching materials; 3) The implementation of learning is carried out through indirect learning using supporting media, namely smartphones; 4) Assessment by collecting data and information on activities carried out by children on a daily basis. Pembelajaran yang semula dengan metode tatap muka kini diubah menjadi pembelajaran daring/online. Hal tersebut menimbulkan problematika khususnya pelaksanaan pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media teknologi komunikasi salah satunya smartphone. Dalam penerapannya, diperlukan pendampingan orangtua karena anak usia dini tidak dapat belajar sendiri tanpa adanya pendampingan dari orang tua. Konsep belajar secara daring/online yang bisa diimplementasikan dalam sebuah proses pembelajaran yaitu konsep dasar yang digagas oleh George R. Terry yang dikenal dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controling). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan dan 4) Penilaian model pendampingan orangtua dalam penggunaan media smartphone untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Metode penilitian menggunakana pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Lokasi penelitian di PGTK Pasim Ar-rayyan, KB/PAUD An-Najwa dan RA Lijamul Athfal Sukabumi. Teori yang melandasi penelitian ini adalah model pendampingan orangtua mutu pembelajaran. Hasil penelitian ini diantaranya : 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan lembaga mengacu pada kurikulum darurat dan dirancang secara fleksibel atau disesuaikan dengan kondisi; 2) Pengorganisasian materi pembelajaran yang telah dirancang dibuat sekreatif mungkin dan melibatkan semua pihak; 3) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pada metode belajar sambal bermain dan Lembaga bekerjasama dengan orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran; 4) Penilaian proses pembelajaran sesuai data yang diperlukan, peserta didik mengumpulkan tugas, kehadiran sehingga kepala sekolah dan tutor dapat mengevaluasi proses pembelajaran peserta didik. Simpulan hasil penelitian 1) Subyek penelitian melakukan perencanaan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum darurat dan merancang perencanaan pembelajaran secara fleksibel; 2) Pengorganisasian pembelajaran anak usia dini yaitu melakukan pengorganisasian waktu, SDM dan bahan ajar; 3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran tidak langsung menggunakan media penunjang yaitu smartphone; 4) Penilaian dengan mengumpulkan data dan informasi kegiatan yang dilakukan anak sehari-hari.
MANAJEMEN KURIKULUM TAMAN KANAK-KANAK KURIKULUM ISLAMIC MONTESSORI (Studi Kasus di TK Budi Mulia Dua Sedayu Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022) Vinka Ratih Damayanti; Aina Kartika Rahayu; Mega Juita
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48098

Abstract

Curriculum management is a form of curriculum management in education to develop intelligence. Islamic Montessori-based curriculum management differs from curriculum management in general. The purpose of this study was to describe the curriculum of Budi Mulia Dua Sedayu Kindergarten in Yogyakarta and to describe the involvement of teachers, parents, school committees, and the surrounding community. The research uses an approach with a case study research design. The research subjects as data sources are : principals, teachers, parents, school educators, and the surrounding community. Data collection methods are : observation, interviews, and documentation. In addition, the research uses data collection, data reduction, data presentation, and concluding. The results of the study can be seen that an Islamic Montessori Curriculum management that starts from planning to evaluation. Planning that is adapted to the vision and mission of creating children who have good morals in this world and the hereafter. Organizing by developing indicators according to established themes. Implementation, and achievement of indicators with the Montessori method with an Islamic approach. Evaluations are carried out routinely every day and are held at monthly and annual meetings. The involvement of teachers, parents, school committees and the community looks good and has their respective roles. Manajemen kurikulum merupakan bentuk pengelolaan kurikulum dalam pendidikan untuk mengembangkan intelegensi. Manajemen kurikulum berbasis Islamic Montessori memiliki perbedaan dengan manajemen kurikulum sekolah secara umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen kurikulum lembaga Taman Kanak-Kanak Budi Mulia Dua Sedayu Yogyakarta dan untuk menggambarkan keterlibatan guru, orang tua, komite sekolah, dan masyarakat sekitar.  Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subyek penelitian sebagai sumber data adalah : kepala sekolah, guru, orang tua, tenaga pendidik sekolah dan masyarakat sekitar. Metode pengumpulan data adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, data penyajian dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teknik sumber dan triangulasi metode.  Hasil penelitian dapat dilihat bahwa Taman Kanak-Kanak Budi Mulia Dua Sedayu memiliki manajamen Kurikulum Islamic Montessori yang baik dimulai dari perencanaan hingga evaluasi. Perencanaan disesuaikan dengan visi dan misi yaitu menciptakan anak yang memiliki akhlak baik di dunia dan akhirat. Pengorganisasian dengan mengembangkan indikator sesuai tema yang ditetapkan. Pelaksanaan, mencapai indikator dengan metode Montessori dengan pendekatan Islamic. Evaluasi yang dilakukan rutin setiap hari dan dirapatkan pada rapat bulanan dan tahunan. Keterlibatan guru, orangtua, komite sekolah dan masyarakat terlihat baik dan mempunyai peran masing-masing. 
MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Rupnidah Rupnidah; Dadan Suryana
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48199

Abstract

Media pembelajaran merupakan aspek penting yang menunjang proses belajar bagi anak usia dini agar dapat mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan untuk persiapan pendidikan pada jenjang selanjutnya. Sangat banyak media pembelajaran yang sudah diterapkan dan dikembangkan pada pendidikan anak usia dini, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi kepustakaan. Proses pengumpulan data dalam jenis penelitian ini adalah: editing, organizing dan finding. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa begitu banyak media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik sesuai dengan aspek-aspek tertentu seperti aspek pengembangan kosakata, kognitif, berbicara, kreativitas, berhitung, bahasa, sosial emosional, fisik motorik dan membaca. Learning media is an important aspect that supports the learning process for early childhood so that they can develop all aspects of development to prepare for the next level education. There are many learning media that have been applied and developed for early childhood education, therefore this study aims to describe early childhood learning media. This type of research was qualitative research with the type of literature study. The process of collecting data in this research are: editing, organizing and finding. The data analysis technique of this research is content analysis technique. The results of this study explain that there are so many learning media that can be applied by the educators according to certain aspects such as vocabulary development, cognitive, speaking, creativity, arithmetic, language, social, emotional, physical motor and reading.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI KINDERWORLD MONTESSORI BSD BAGI ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 Lathipah Hasanah; Dede Rina Utariah; Fulkiya Hidayah; Nurul Asyifa Julia
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48056

Abstract

The Montessori method is a method of teaching children according to their childhood personality. This method focuses the attention of children individually (child/student focus), focuses on practical life skills, freedom, independence, and pays attention to the child's sensitive period. As a result of the Covid-19 pandemic, learning is carried out online using multimedia technology with an internet network with the flexibility of being able to hold meetings between teachers and children to carry out learning interactions. The purpose of this study was to describe the implementation of learning through the Montessori method during the covid-19 pandemic. Research subjects were selected using a non-probable sampling technique: target sampling (sampling with certain considerations). This study used five subjects at Kinderworld Montessori: the principal, two teachers at Kindergarten 1 and Kindergarten 2, and 2 parents. This research was analyzed by descriptive qualitative method. This study uses in-depth interviews and documentation to collect data with the analysis process using the Miles Huberman method, namely, through four stages, namely data reduction, data display, conclusions and data verification. Based on the results of interviews with research subjects, it can be concluded that, during a pandemic learning activities using the Montessori method can be said to be relatively going well, but the percentage is not up to 100% as when learning is done offline, the reason is because the materials used when doing Montessori activities are substituted. or replaced with equipment that is relatively the same as the equipment available at home, even so the teacher still ensures that the learning outcomes of the Montessori Method are achieved well. Metode Montessori adalah metode mengajarkan anak sesuai dengan kepribadian masa kecilnya. Metode ini memfokuskan perhatian anak secara individual (fokus anak/siswa), memfokuskan kemampuan Practical life, kebebasan, kemandirian, serta memperhatikan Masa peka anak. Akibat dari Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan secara Daring menggunakan teknologi multimedia dengan jaringan internet yang fleksibilitas mampu melakukan pertemuan antara guru dan anak untuk melaksanakan interaksi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui metode montessori selama pandemi covid-19. Subyek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik non-probable sampling: target sampling (pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Penelitian ini menggunakan lima subjek di Kinderworld Montessori: kepala sekolah, dua guru di Kindergarten 1 dan Kindergarten 2, dan 2 orang tua Murid. Penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mengumpukan data dengan proses analisis menggunakan metode MilesHuberman yaitu, melalui empat tahapan yaitu reduksi data, display data, kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan subjek penelitian dapat disimpulkan bahwa, saat pandemic kegiatan pembelajaran Menggunakan metode Montessori bisa dikatakan relative berjalan dengan baik, namun presentase nya tidak sampai 100% seperti saat pembelajaran dilakukan secara Offline, alasannya adalah karena Material yang digunakan ketika berkegiatan Montessori di Subtitusi atau diganti dengan peralatan yang relative sama dengan peralatan yang tersedia dirumah, meski begitu guru tetap memastikan capaian pembelajaran Metode Montessori nya tercapai dengan baik. 
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN SAINS RAMBATAN WARNA Siti Alifiya Hayatun Nufus
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48200

Abstract

This article discusses research related to the application of experimental methods through science games as an effort to improve science process skills for children aged 4-5 years. This study aims to look at the initial conditions of early childhood science process skills before the implementation of science play activities, an overview of the implementation of science play activities, and the improvement of children's science process skills after the implementation of science play activities. This research was conducted in Group A2 TK Aisyiyah 12 Singaparna with the number of research subjects as many as 14 children aged 4-5 years. This type of research is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in two cycles. The instrument used was an observation sheet for children's process skills. The results showed that the development of children's science process skills was quite significant for two cycles. Children's learning outcomes using the experimental method through color propagation science games managed to achieve a higher percentage on the development of children's science process skills by 85.7%. Artikel ini membahas tentang penelitian terkait penerapan metode eksperimen melalui permainan sains sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains bagi anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi awal keterampilan proses sains anak usia dini sebelum penerapan kegiatan bermain sains, gambaran pelaksanaan kegiatan bermain sains, serta peningkatan keterampilan proses sains anak setelah penerapan kegiatan bermain sains. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok A2 TK Aisyiyah 12 Singaparna dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 14 anak yang berusia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses anak. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan keterampilan proses sains anak yang cukup signifikan selama dua siklus. Hasil belajar anak dengan metode eksperimen melalui permainan sains rambatan warna berhasil mencapai persentase yang lebih tinggi pada perkembangan keterampilan proses sains anak sebesar 85, 7%.
GAMES TEBALEG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWI KELOMPOK C SPS MATHLA’UL ANWAR Rena Aprilia S
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48057

Abstract

Research has been carried out that aims to find out how children process in carrying out structured activities. Here, the researcher applies the theme of nature and the universe to observe the process of early childhood. The research method used is a qualitative method that focuses on classroom action research (CAR). The research instrument used an observation sheet of science process skills and attitudes. Data collection is done by observation and documentation. The field study was carried out at SPS Mathla'ul Anwar, which is located in Tamansari District, Tasikmalaya City. Based on the results of the activity analysis, the researchers concluded that it is necessary to introduce various types of science games on the theme of nature and the universe in early childhood education to identify and improve AUD process skills, especially for ages 5 to 6 years. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak-anak berproses dalam melakukan kegiatan terstruktur. Disini peneliti mengaplikasikan tema alam dan jagad raya untuk mengamati proses anak usia dini. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode kualitatif yang berfokus pada penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian menggunakan lembar onservasi keterampilan proses dan sikap sains. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi.  Studi lapangan dilaksanakan di SPS Mathla’ul Anwar yang beralamat di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil analisis kegiatan, peneliti menarik kesimpulan bahwa perlu adanya perlu adanya pengenalan berbagai jenis permainan sains pada tema alam dan jad raya di Pendidikan anak usia dini untuk mengetahui dan meningkatkan keterampilan proses AUD khususnya untuk usia 5 sampai 6 tahun.
IMPLEMENTASI PROGRAM DETEKSI DINI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK HARAPAN BANGSA Khadijah Khadijah; Nadya Octa Nanda; Khoirunisa Khoirunisa; Tina Alfina Sari; Zahra Ayuni Nasution
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48281

Abstract

Growth and development in early childhood is a very important period because it is a part of subsequent development. Growth and development are two distinct events but they are not easily separated. The purpose of this research is to conduct an Early Detection Program for Child Development in Harapan Bangsa Bulu Cina Kindergarten. This study uses a qualitative method, where the researcher describes the results obtained using a written narrative based on the results of interviews and observations. The results of this study indicate that this program is very helpful in observing the growth and development of children. If a delay is found, the educator will make appropriate interventions and communicate with experts so that the delay can be overcome as early as possible. Tumbuh kembang pada anak usia dini adalah periode yang sangat penting karena merupakan dari perkembangan selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kejadian yang berbeda tetapi tidak mudah begitu saja untuk dipisahkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di TK Harapan Bangsa Bulu Cina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana peneliti menggambarkan hasil yang didapat menggunakan narasi yang ditulis berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program ini sangat membantu dalam melihat pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Apabila ditemukannya keterlambatan, pendidik akan melakukan intervensi yang tepat serta berkomunikasi dengan orang yang ahli sehingga keterlambatan tersebut bisa diatasi dengan sedini mungkin.
MENSTIMULUS KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI KELOMPOK B TK ARMAWIYAH 1 Rini Novianti Yusuf; Dede Nurul Qomariah; Siti Hamidah Hamidah
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.48059

Abstract

Children's motoric skills developed from birth, so they need a continuous stimulated to support the child's growth and development. Traditional games are mentioned as one of the effective ways to stimulate the development of gross motoric skills in children. This study aims to explore how to stimulated children's gross motoric skills through the traditional engklek game. Descriptive research method with a qualitative approach is used in this study. The results showed that simple motion exercises, the directional patting method, the "trench" jump and zigzag line, as well as the gacok forward throwing movement were proven effective ways to stimulated gross motoric skills in children through the traditional engklek game. These four simple ways not only help stimulated gross motoric skills in children, but also make play fun and safe. Keterampilan motorik anak berkembang sejak lahir, sehingga memerlukan stimulus yang berkelanjutan guna mendukung tumbuh kembang anak. Permainan tradisional disebut-sebut sebagai salah satu cara efektif dalam menstimulus perkembangan keterampilan motorik kasar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara menstimulus keterampilan motorik kasar anak melalui permainan tradisional engklek. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan gerak sederhana, metode tepukan arah, lompat “parit” dan garis zigzag, serta gerakan melempar gacok ke depan merupakan cara yang terbukti efektif dalam menstimulus keterampilan motorik kasar pada anak melalui permainan tradisional engklek. Empat cara sederhana ini tidak hanya membantu menstimulus keterampilan motorik kasar pada anak, tetapi juga mewujudkan permainan yang menyenangkan dan aman.
TINJAUAN PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA CIANAGA KECAMATAN KABANDUNGAN Rahmi Kemala Handayani; Elan Elan; Sima Mulyadi
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.51343

Abstract

Cianaga Village is one of the villages in the Kabandungan sub-district, Sukabumi Regency. Its location which is still rural, the educational background of the parents is still low, and the unavailability of a formal PAUD institution is an interesting phenomenon to study. The general purpose of this research is to describe the perception of parents in Cianaga Village on Early Childhood Education from the results of the questionnaire measurements distributed. This research was conducted using a quantitative approach to the survey method. The study was conducted by distributing questionnaires to parents as research samples. Aspects that are used as a measure are the nature, objectives and functions, as well as the path for the implementation of Early Childhood Education. Based on the results of data analysis, the perception category of parents in Cianaga Village towards Early Childhood Education is "Medium" with a value of 56%.Desa Cianaga merupakan salah satu Desa di kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Letaknya yang masih pedesaan, latar belakang Pendidikan para orang tua yang masih rendah, serta belum tersedianya lembaga PAUD Formal menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Adapun tujuan umum penelitian ini ialah dapat mendeskrifsikan persepsi orang tua di Desa Cianaga terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dari hasil pengukuran angket yang disebar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey. Penelitian dilakukan dengan membagikan angket pada orang tua sebagai sampel penelitian. Aspek yang dijadikan ukuran yaitu hakikat, tujuan dan fungsi, serta jalur penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan kategori persepsi orang tua di Desa Cianaga terhadap Pendidikan Anak Usia Dini yaitu “Sedang” dengan nilai 56%.
POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KARAKTER JUJUR ANAK USIA DINI Nuraly Masum Aprily; Syifa Azkia Purwanti; Adi Prehanto
JURNAL PAUD AGAPEDIA Vol 6, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpa.v6i1.51358

Abstract

Honest behavior is very important to be instilled from an early age through character education carried out in schools, but in the process it needs to run in harmony with the support of parents. One of the factors that influence honest character in early childhood is good parenting. This study aims to determine the effect of democratic parenting on the honest character of early childhood. This research is a quantitative research with the type of simple linear regression research. The research sample consisted of 30 parents who have children aged 5-6 years in the District of Bojongloa Kaler. The data collection technique used a closed questionnaire with a score calculation using a Likert scale. The results showed that democratic parenting of parents has an influence on the honest character of early childhood. The results of the simple linear regression test state that there is a significant effect of democratic parenting on the honest character of early childhood.Perilaku jujur merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini melalui pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah, namun dalam prosesnya perlu berjalan selaras dengan dukungan dari orang tua dan lingkungan yang baik. Salah satu faktor yang  mempengaruhi karakter jujur pada anak usia dini adalah pola asuh yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap karakter jujur anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear sederhana. Sampel penelitian terdiri dari 30 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Bojongloa Kaler. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan perhitungan skor menggunakan skala likert. Hasil penelitian diperoleh bahwa pola asuh demokrasi orang tua memiliki pengaruh terhadap karakter jujur anak usia dini. Hasil uji regresi linear sederhana menyatakan adanya pengaruh yang signifikan pola asuh demokratis terhadap karakter jujur anak usia dini.

Page 1 of 2 | Total Record : 15