cover
Contact Name
Mochamad Ainur Rhoviq
Contact Email
jipemas@unisma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipemas@unisma.ac.id
Editorial Address
Gedung Al Gahazali Lantai III Jl. MT Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
ISSN : 2654282X     EISSN : 2621783X     DOI : http://dx.doi.org/10.33474/jipemas
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) dengan nomor registrasi ISSN 2654-282X (cetak) 2621-783X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum dari hasil penelitian yang diimplementasikan kepada masyarakat. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pelayanan kepada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)" : 15 Documents clear
Peningkatan keterlibatan stakeholder dalam upaya pembangunan wisata nagari Hidayatul Fajri; Iip Permana; Yuliarti Yuliarti; Nila Wahyuni
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.14055

Abstract

Nagari Salimpaung memiliki rencana untuk mengembangkan potensi wisatanya. Namun sayangnya, beberapa masalah membuat pengembangan pariwisata menjadi stagnan. Permasalahan yang mereka hadapi adalah 1) Belum adanya komitmen bersama antar stakeholders yang ada, 2) Belum adanya pemetaan potensi dan permasalahan dalam pengembangan pariwisata, dan 3) Belum optimalnya kelembagaan/aktor penggerak pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, PKM ini bertujuan untuk membantu mitra dalam mengembangkan pariwisata dengan melibatkan pemangku kepentingan (elemen terkait) di nagari. Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah: 1) Melakukan pretest untuk mengetahui tingkat pemahaman stakeholders dalam pengembangan wisata nagari, 2) Memberikan materi untuk memperkuat pemahaman stakeholders terhadap pengembangan desa wisata, dan 3) Menggali potensi wisata dengan menggali informasi dari pemangku kepentingan dengan menggunakan Participatory Rural Appraisal. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman pemangku kepentingan mengenai pengembangan wisata nagari masih rendah. Dengan demikian, para pemangku kepentingan harus meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya, terutama dalam mencapai komitmen bersama untuk pengembangan pariwisata di Nagari Salimpaung.
Pengetahuan dan Sikap Masyarakat terhadap Bahaya Tikus sebagai Agen Global Penular Penyakit Zoonosis Shelly Kusumarini R; Chandra Luki Annadhifa; Farida Puspita Zuhria; Frida Ayu Salsana Billa; Putri Dwi Lestari
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13955

Abstract

Tikus adalah urban animal sekaligus sumber patogen dan reservoir berbagai penyakit yang berbahaya bagi Kesehatan masyarakat. Bentuk penularan penyakit melalui tikus dapat terjadi secara direct maupun indirect. Masyarakat desa Pucakwangi Kabupaten Lamongan umumnya memiliki mata pencaharian sebagai petani dan peternak. Berdasarkan hasil survei permasalahan yang terjadi di desa tersebut adalah intensitas masyarakat untuk bertemu tikus sangat tinggi yaitu 65% khususnya di sawah dan rumah. Disisi lain, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap penyakit zoonosis dan Rodent-borne disease masih rendah. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat penting untuk dilakukan berfokus terhadap pengetahuan dan sikap masyarakat dalam menghadapi potensi dan resiko bahaya yang ditimbulkan oleh Tikus. Hasil dari kegiatan ini antara lain mampu meningkatkan pemahaman masyarakat sebesar 100%. Kegiatan ini juga dapat mengetahui upaya yang dilakukan masyarakat selama ini dalam menghadapi tikus diantaranya dengan penggunaan racun tikus, lem tikus, jebakan tikus, dipukul dan ditembak. Kegiatan ini merupakan bagian dari pendekatan sistem One health demi terwujudnya Kesehatan masyarakat yang lebih baik. Lebih lanjut, perlu peningkatan partisipasi aktif masyarakat dengan kegiatan pendampingan agar terbentuk sikap kepedulian terhadap penyakit zoonosis.
Peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang penerapan ASI eksklusif dan MP-ASI Affan Al Maududi; Ilham Budi Prasojo; Lintang Pakerti Esa Wahyu Aji; Septa Katmawanti
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13813

Abstract

Pemanfaatan aplikasi learning management system (LMS) menggunakan sevima edlink bagi guru SMA A’am Rifaldi Khunaifi; Arif Supriyadi; Dedy Setyawan
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13978

Abstract

Guru SMAN 1 Pandih Batu belum menggunakan Learning Management System (LMS) secara maksimal sehingga membutuhkan pelatihan dalam menggunakan aplikasi ini.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai LSM khususnya menggunakan Sevima Edlink.  Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah demonstrasi, praktek, dan diskusi. Peserta pada kegiatan ini adalah 30 orang guru di SMAN 1 Pandih Batu.  Target pelatihan ini yaitu guru mampu menggunakan Sevima Edlink, pembuatan topik materi,  invite  siswa,  pengunggahan materi pelajaran, dan kuis daring. Hasil dari kegiatan ini menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berdasarkan hasil pretest dengan nilai 62,3 meningkat pada hasil postest dengan nilai 80,5. Hasil skor N-Gain menunjukan terjadi peningkatan kemampuan guru sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Peserta menilai bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan diri bagi peserta dengan metode ceramah maupun kegiatan demonstrasi dan peserta juga menilai bahwa pemateri baik ceramah maupun praktek sangat baik dalam penguasaan metode dan materi.
Penerapan alat minimum quantity lubrication pada pemberian cairan pemotongan sebagai upaya pemesinan ramah lingkungan Muhammad Yanis; Al Antoni Akhmad; Barlin Barlin; Aneka Firdaus; Nova Yuliasari
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13957

Abstract

Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital untuk Mewujudkan UKM Handal Juwita Sari; Titik Mildawati; Yahya Yahya; Kurnia Kurnia
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13976

Abstract

The government's program "Belanja di Warung Tetangga" is one of the efforts to increase sales transactions at traditional grocery stores (Toko kelontong). On the other hand, with restrictions on the public's movement space due to an appeal from the government to suppress the spread of COVID-19, people's spending behavior has begun to change. If you usually shop at the supermarket, stay at home and shop at the store near your house. This shows the fact that traditional grocery store buyers have indeed declined, but sales of household goods have continued. Sales of basic commodities are still operating. Traditional Grocery stores cannot control people's purchasing power because indeed the global economic conditions are not good, but their business does not immediately close. Therefore, while surviving in the midst of a pandemic, it is possible that traditional grocery stores can streamline their operations. This STIESIA’s teams activity with traditional grocery store business partners outlines solutions to traditional grocery store problems, through financial management using the "buku warung" application. The Stiesia's teams, acts as a facilitator as well as a companion from the the traditional grocery store with the developer of the Buku Warung. The fundamental contribution of this activity is the improvement of traditional grocery stores in managing their financial effectiveness. Increasing the understanding of traditional grocery store regarding digital financial records and opening up the insight of owners on current technological developments. The hope is, during this pandemic, traditional grocery stores can survive and be able to perform financial efficiency.
Budidaya Jamur Tiram pada KPM PKH untuk Mendukung Ketahanan Pangan Pada Masa Pendemi COVID 19 Alfi Sahrina; Sumarmi Sumarmi; Fatiya Rosyida; Ninik Sri Indayani; Muhammad Sainul Fadlan; Mohammad Ainul Labib; Ika Zutiasari
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.13949

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 masyarakat miskin dan rentan miskin yang ada di Desa Srimulyo memiliki dampak ekonomi yang cukup berat. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pendampingan budidaya jamur tiram terhadap anggota Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan pendampingan pada anggota KPM PKH dalam melakukan budidaya dan pengemasan jamur tiram. Hasil dari pendampingan ini yaitu terbentuknya kelompok-kelompok yang mengelola budidaya jamur tiram, terbentuknya dua kumbung sebagai lokasi budidaya jamur tiram, dan meningkatnya soft skills dan hard skills dalam menjalankan usaha khususnya budidaya jamur tiram sehingga dapat bertahan di masa pandemi COVID-19. Dengan adanya kelompok-kelompok dalam mengelola budidaya jamur tiram akan menambah lapangan kerja baru dan membantu perekonomian bagi anggota KPM PKH di Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.
Pemanfaatan Sampah Dapur sebagai Pupuk Organik Cair dan Padat pada Tanaman Buah dalam Pot Toto Supartono; Ilham Adhya; Iing Nasihin; Alifah Sari; Galang Aulia Prasetya
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.14114

Abstract

Produksi sampah dapur masih menjadi permasalahan di banyak tempat. Banyak pihak yang masih menganggap bahwa sampah dapur merupakan barang yang tidak berguna. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk merubah pemahaman tersebut guna membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan sampah dapur menjadi pupuk organik, baik padat maupun cair, dengan lokasi kegiatan di Desa Tundagan, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan. Kegiatan dilakukan dengan penyuluhan yang disertai peragaan, dengan masyarakat sasaran adalah kelompok PKK dan KWT desa. Masyarakat sasaran sebelum ada kegiatan ini tidak mengetahui kedua teknik pemanfaatan sampah dapur sebagaimana yang disampaikan. Masyarakat tertarik terhadap materi teknik pemanfaatan sampah dapur dan dapat memahaminya. Kegiatan ini telah memberikan dampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan sampah dapur. Penanganan sampah dengan metode lain juga perlu dilakukan pada program berikutnya, termasuk penanganan sampah non organik agar permasalahan lingkungan akibat sampah dapat dikurangi.
Inovasi lingkungan dan dampak pandemi: Studi kasus pada UMKM makanan dan minuman Budi Harsanto; Asep Mulyana; Yudi Ahmad Faisal; Venny Mellandhia Shandy
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.14147

Abstract

Tujuan artikel berbasis pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memahami inovasi lingkungan dan dampak pandemi COVID-19 terhadap UMKM. Mitra yang dipilih yaitu UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Metode pelaksanaan pengabdian adalah melalui wawancara kepada pelaku usaha disertai observasi dan analisis dokumen. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa dampak pandemi secara umum adalah negatif bagi usaha ditandai dengan penurunan permintaan serta terhambatnya rantai pasok baik ke arah pemasok maupun ke arah konsumen. Kegiatan pengabdian memberikan dampak meningkatnya awareness pelaku usaha mengenai praktik-praktik inovasi lingkungan untuk meraih tujuan ekonomi sekaligus meminimalisir dampak negatif usaha terhadap lingkungan.
Peningkatan kompetensi pembuatan laporan keuangan BUM Desa menggunakan aplikasi berbasis android Shanti Veronica br Siahaan; Friska Debi; Helminus Mardi; Novelni Clara
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
Publisher : University of Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jipemas.v5i2.14183

Abstract

Pelatihan peningkatan kemampuan membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi berbasis android ini bertujuan untuk membantu pengurus BUM Desa Panyanggar dan pengelola unit wisata BUM Desa yaitu Pokdarwis Sepadang Hill dan Pokdarwis Riam Palayo di Desa Cipta Karya, Bengkayang dalam pembuatan laporan keuangan agar lebih cepat dan lebih mudah di akses oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan simulasi yang bertujuan untuk mengetahui dan memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi peserta dalam kegiatan pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh enam orang ini menunjukkan peserta dapat menggunakan aplikasi Akuntansi UKM dan aplikasi Catatan Keuangan dengan baik sehingga dapat menghilangkan perulangan pencatatan dan perhitungan yang dilakukan secara manual. pada periode harian, mingguan dan bulanan laporan keuangan yang selama ini dilakukan menjadi hanya satu kali input dan dapat diunduh serta dibagikan ke pengguna lainnya berdasarkan periode yang diinginkan serta penghematan waktu pengerjaan. Agar dapat mengikuti program pelatihan penggunaan SIA BUM Desa selanjutnya, diharapkan BUM Desa memiliki perangkat computer atau laptop yang sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan disertai dengan kemauan untuk berdisiplin dalam melakukan penginputan data laporan keuangan disertai bukti yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15