cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS RME BERBANTU E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII Ristiningsih, Ristiningsih; Karimah, Sayyidatul; 'Adna, Syita Fatih
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33280

Abstract

The background of this classroom action research is the low ability of mathematics problem solving students in class VIII SMP Cokroaminoto Batang which is caused by the learning model applied which is still teacher-centered, as well as the lack of learning media facilities for students when learning is carried out online. To solve this problem, a classroom action research was carried out through a problem based learning model based on the e-module rocky RME. This research was conducted in 2 cycles. The instruments used in this study were a test instrument for students' mathematical problem solving abilities and teacher activity observation sheets to determine the implementation of learning through problem based learning model based on RME assisted by e-module in mathematics learning. Data collection techniques used in this study were observation and test methods. Furthermore, data from observations and tests were analyzed descriptively quantitatively.The results showed that: (1) The students' mathematical problem solving abilities had increased with students who scored ≥ 75 as many as 83.44%; (2) Implementation of learning with a problem based learning model based on RME assisted by e-module with a score of 85.71%.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Think-Pair-Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Tambunan, Lois
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v11i2.28180

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar matematika dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran di kelas. Hal ini sangat menghambat siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Partisipasi ini berhubungan erat dengan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis ini mengakibatkan siswa sulit untuk mencerna soal-soal yang diberikan sehingga mereka tidak bisa memecahkan masalah tersebut. Seorang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman dan komunikasi yang baik akan dapat dengan mudah mengambil suatu langkah untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ekperimen. Penggunaan metode penelitian ini karena penelitian ini benar-benar untuk melihat hubungan sebab akibat antara model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa, dan tes statistik yang akan digunakan untuk pengujian perbedaan dua rata-rata adalah uji-t.Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Komunikasi Matematis, Think-Pair-Share.
Schoology Sebagai Media Mobile Learning Dalam Pembelajaran Matematika Atmaja, I Made Dharma; Puspadewi, Kadek Rahayu
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33295

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek kajian yaitu Schoology yang merupakan salah satu Learning Management System yang bersifat terbuka untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Fokus kajian meliputi fitur yang dimiliki Schoology dan fungsinya untuk dimanfaatkan sebagai media mobile learning dalam pembelajaran matematika. Penggunaan schoology sebagai mobile learning dalam pembelajaran matematika, dapat digunakan di berbagai tingkatan pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, hingga Kuliah baik D1, D2, D3, D4, S1, S2, dan S3. Dalam pembelajaran matematika, sangat penting bagi guru untuk memperhatikan topik materi yang akan disampaikan atau dimuat di schoology. Proses interaksi di kelas tentu tidak bisa dipindahkan sepenuhnya ke schoology tetapi jika dikaitkan dengan sumber belajar atau materi, maka schoology bisa digunakan sebagai media untuk penyampaian seluruh materi yang akan disampaikan oleh guru.
PROSES PENALARAN DAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL Maulana, Aris
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33166

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang membahas mengenai proses penalaran dan pembuktian peserta didik yang ditinjau dari perbedaan tingkat kemampuan spasial. Kemampuan penalaran yang dimiliki peserta didik sangat penting dalam membantu peserta didik untuk berfikir secara mendalam mengenai suatu permasalahan matematika baik soal rutin maupun non rutin. Dalam penelitian ini proses penalaran akan diteliti dengan melihat perbedaan kemampuan spasial yang diiliki peserta didik,  Penelitian ini berawal dari diberikannya permasalahan kepada peserta didik secara umum yakni sebanyak 32 peserta didik kelas VIII di MTs TMI Pujon. Kemudian diambil 2 peserta didik dengan kemampuan spasial yang tinggi, 2 peserta didik dengan kemampuan spasial yang sedang dan 2 peserta didik dengan tingkat kemampuan spasial yang rendah. Setelah didapat 6 subjek, kemudian dilakukan pemberian tes penalaran dalam materi persamaan garis lurus yang telah divalidasi oleh beberapa validator. Setelah pemberian soal tes penalaran, hasil pekerjaan peserta didik diidentifikasi dengan indikator penalaran. Proses identifikasi akan dilanjutkan dengan proses wawancara dengan peserta didik untuk mengetahui sejauh mana pembuktian matematis yang dimiliki peserta didik untuk memberikan alasan yang tepat untuk hasil pengerjaan peserta didik. Pada penarikan kesimpulan didapatkan bahwa peserta didik dengan kemampuan spasial yang tinggi akan mempengaruhi proses penalaran dan pembuktian matematis. Yakni peserta didik dengan kemampuan spasial yang tinggi memiliki proses penalaran dan pembuktian yang baik pada saat mengerjakan permasalahan mengenai materi persamaan garis lurus, begitupun dengan peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan spasial yang sedang memiliki tingkat penalaran yang sedang pula. Sedangkan pada peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan spasial yang rendah tidak terlihat proses penalaran dan pembuktian matematis saat mengerjakan permasalahan tersebut, juga saat melalui proses wawancara.Kata Kunci : Penalaran Matematis, Kemampuan spasial
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)-VIRTUAL MELALUI BREAKOUT ROOM PADA APLIKASI ZOOM MEETING Sasomo, Budi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33300

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk pengembangan pembelajaran STAD dengan pembelajaran virtual di masa pandemic covid-19. Penyusunan artikel ini menggunakan metode kajian pustaka untuk mendapatkan perumusan masalah.  Selanjutnya kajian pustaka juga digunakan untuk pengumpulan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil kajian pustaka didapatkan langkah-langkah pembelajaran STAD-Virtual yaitu 1) tahap penyampaian materi dilakukan pada room utama zoom meeting. 2) Tahap pembagian kelompok dengan peserta yang beragam dilakukan pada room utama zoom meeting. 3) Kegitan kelompok pada breakout room dan pendidik melakukan pengamatan dengan masuk ke breakout room masing-masing kelompok. 4) Tahap evaluasi hasil belajar pada room utama zoom meeting. 5) Tahap penghargaan kelompok terbaik dilakukan di rooms utama pada zoom meeting. Pembelajaran STAD-Virtual diharapkan menjadikan solusi pembelajaran virtual yang lebih variatif, kreatif dan inovatif.
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT PADA DUA GARIS SEJAJAR Nugrahani, Permata; Apriani, Maria Suci
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33216

Abstract

This study aims to determine the quality of the module that are considered from material and media aspects and to know students' responses at the product trial stage. This research was Research and Development (R&D). To find out the quality of the module, that was looked from the validity, we used expert judgment from three Mathematics Education lecturers. Meanwhile, to find out the students' responses, we conducted a trial on 32 students of Class VII F, SMP Regina Pacis Surakarta. The results of this study are the quality of the mathematical module that has been designed in terms of material the results are very good with an average of 3.29 and need to add exercises to accommodate the questions of cognitive demands analyzing or creating. The quality of the mathematics module in terms of media is very good with an average of 3.33 and it is necessary to add exercises about HOTS. Students respond very well to the mathematics module that is designed with an average of 3.39 and accept this module to help students learn independently outside the learning process in class
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS Payadnya, I Putu Ade Andre
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika. Metode penelitian ini metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Blahbatuh dengan jumlah 42 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling sehingga jumlah sampel penelitian ini sebanyak 6 siswa. Materi yang digunakan adalah materi persamaan garis lurus. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan – kesalahan yang dilakukan ketika siswa mengerjakan soal uraian adalah kesalahan dalam tahap membaca soal (2,61%), kesalahan memahami masalah (24,18%), kesalahan transformasi (11,11%), kesalahan keterampilan proses (31,37%) dan penulisan jawaban akhir (30,71%). Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah tidak memahami soal yang diberikan, kurang teliti, tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya, kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik.
Analisis kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Fauzi, Ahmad
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33245

Abstract

Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Daring
PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PERKULIAHAN DARING KALKULUS DIFERENSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19 Dewi, Putu Kartika; Kartika, Desak Made Ristia; Mahayukti, Gusti Ayu; Arnaputri, Gusti Ayu Made
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33466

Abstract

Pembelajaran daring merupakan solusi pelaksanaan pendidikan di masa pandemi Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus Corona baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah kalkulus diferensial pada masa pandemi Covid-19. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan dalam mempersiapkan pembelajaran daring di masa yang akan datang. Responden penelitian ini adalah 97 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha tahun ajaran 2021/2020. Data dikumpulkan dengan kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi perkuliahan. Data dianlisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar sebagian besar mahasiswa adalah audio visual, oleh karena itu pembelajaran dengan video conference lebih diminati dibandingkan dengan percakapan grup Whatsapp. Kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah buruknya koneksi internet. Dalam kondisi demikian, pembelajaran dengan percakapan grup Whatsapp merupakan alternatif yang baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran daring ke depannya, mahasiswa menyarankan dosen untuk memperbanyak video pembelajaran, agar mahasiswa dapat menyimak penjelasan materi secara berulang-ulang.
MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING THINK PAIR SHARE Kurniawan, Apri
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i1.33267

Abstract

Siswa di sekolah dengan fasilitas teknologi dan internet yang kurang memadai akan kesulitan dalam bersaing di era Industri 4.0. Oleh sebab itu sekolah seharusnya berfokus pada pengembangan keahlian yang masih sulit diotomatisasi oleh mesin, misalnya rasa ingin tahu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas VII dengan metode penemuan terbimbing setting TPS (Think Pair Share) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan penemuan terbimbing dengan setting TPS dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa setelah 2 siklus. Pada akhir siklus I siswa yang termasuk dalam kategori rasa ingin tahu sangat tinggi 0%, tinggi 57%, dan sedang 43%. Pada akhir siklus II diperoleh siswa yang termasuk dalam kategori sangat tinggi 4%, tinggi 70%, dan sedang 26%. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran di pertemuan 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 82%, 92% dan 96%; serta 100% di pertemuan 4 hingga 8.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021