cover
Contact Name
Chairunnisa
Contact Email
chairunnisa.neys@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
wartapenelitianperhubungan@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Warta Penelitian Perhubungan
ISSN : 08521824     EISSN : 25801082     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Warta Penelitian Perhubungan diterbitkan oleh Sekretariat Badan Litbang Perhubungan yang memuat hasil penelitian dan kajian kebijakan di sektor transportasi. Pada tahun tahun sebelumnya hingga tahun 2016 Warta Penelitian Perhubungan terbit 12 (dua belas) kali dalam satu tahun. Namun, mulai tahun 2017 terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yakni edisi Januari - Juni dan Juli - Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan" : 6 Documents clear
Pengaruh Motivasi, Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pemandu Lalu Lintas Penerbangan (Airtraffic Controller) di Bandara Sentani - Papua Yuliana, Dina
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2421.714 KB) | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.742

Abstract

Semakin tingginya frekuensi penerbangan yang melintasi ataupun mendarat di bandara saat ini, maka tugas dan tanggung jawab pelayanan operasi lalu lintas penerbangan menjadi semakin berat. Oleh karena itu, kualitas dan kehandalan perangkat kerja dan SDM yang ada dibelakangnya harus benar-benar prima untuk mencapai keselamatan penerbangan. Berdasarkan hal ini maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi, kecerdasan emosional, dan komitmen organisasi terhadap kinerja petugas pemandu lalu lintas penerbangan (air traffic controller) di Bandara Sentani - Jayapura dan berapa besar pengaruhnya. Metode penelitian menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional, komitmen organisasi dan motivasi berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja petugas pemandu lalu lintas penerbangan di Bandara Sentani - Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh langsung dengan koefisien jalur sebesar 0,307 dan pengaruh tidak langsung melalui variabel komitmen organisasi sebesar 0,305. Kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung terhadap kinerja petugas pemandu lalu lintas penerbangan di Bandara Sentani-Jayapura sebesar 0,384. Nilai koefisien jalur komitmen organisasi terhadap kinerja sebesar 0,332.
Sistem Penyediaan Air Bersih Dan Penyaluran Air Buangan Bandar Udara Syamsudin Noor Terhadap Peningkatan Jumlah Penumpang Pakan, Welly; Muliasari, Ataline
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1579.966 KB) | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.748

Abstract

Peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Syamsudin Noor juga perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan. Selain meningkatkan kapasitas terminal untuk peningkatan kenyamanan penumpang, perlu juga diperhatikan penyediaan air bersih yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di bandar udara, diperlukan air bersih dengan kapasitas yang memenuhi peningkatan jumlah pergerakan penumpang setiap tahunnya. Selain itu, diperlukan juga system penyediaan yang meliputi proses pengaliran dari sumber air menuju bandar udara. Terkait dengan hal tesebut diatas, maka perlu dilakukan pengkajian sistem dan kapasitas penyediaan air bersih Bandar udara Samsudin Noor - Banjarmasin Kalimantan Selatan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan supply air bersih di Bandar udara Syamsudin Noor Banjarmasin adalah 65.352 lt / hari (65m3/ hari). Sementara itu, dengan supply air bersih 32 m3 /jam didapatkan 3 (tiga) sumur bor yang tersedia. Penyediaan air bersih (Q) yang dibutuhkan untuk Bandar Udara Syamsudin Noor adalah 65.352 lt, sehingga estimasi kapasitas air buangan diperkirakan 80% x 65.352 = 52.281 lt. Terkait dengan hal tersebut diatas, maka debit pengaliran di bandara ini adalah (Q) = 6,43m3 / dt dan diameter saluran untuk Bandar udara Syamsudin Noor dengan debit air hujan rata-rata sebesar 2400 mm/ dt adalah 1.32 m
Analisa Rencana Overlay Landas Pacu Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Terhadap Equivalent Single Wheel Load (ESWL) Pesawat Boeing 737-900 ER Muliasari, Ataline; Purnama, M Herry
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1402.031 KB) | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.746

Abstract

Bandar udara Iskandar yang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan bagi masyarakat pengguna, berencana melakukan pengembangan fasilitas landas pacu dari 1.850 meter menjadi 2.250 meter. Pemanjangan fasilitas landas pacu sepanjang 350 meter ini diharapkan agar pesawat udara berbadan lebar dapat mendarat di bandar udara Iskandar yang saat ini baru dapat didarati oleh pesawat dengan tipe 737500. Analisa rencana overlay landas pacu bandar udara Iskandar Pangkalan Bun, terhadap Equivalent Single Whell Load (ESWL) pesawat Boeing 737-900ER ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ketebalan rencana lapisan perkerasan landas pacu yang akan di overlay terhadap equivalent single wheel load (ESWL) pesawat hoeing 737-900 ER. Sementara itu, perurnusan masalah dari pengkajian ini adalah apakah rencana tebal perkerasan overlay fasilitas landas pacu di Bandar Udara Pangkalan Bun telah memenuhi persyaratan untuk dapat didarati pesawat tipe Boeing 737-900 ER. Bandar Udara Iskandar pangkalan Bun akan melakukan overlay setebal 7,5 cm. sehingga flexible pavement yang semula setebal 80 cm akan menjadi setebal 87,5 cm. tetapi, dari hasil perhitungan terlihat bahwa tebal pavement minimal adalah 88 cm. oleh sebab itu terdapat selisih tebal lapisan perkerasan hasil perhitungan dengan rencana sebesar 0.25 cm.
Uji Prestasi Pesawat Terbang Wing In Ground Effect Saat Hydro Planning Syamsuar, Sayuti
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.932 KB) | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.745

Abstract

Fase take off merupakan saat kritis pada pesawat wing in ground effect dimana terjadi moment pitching positif yang membesar. Caya hambat air pada titik pusat buoyansi dari hull, gaya angkat aerodinamika pada titik pusat tekanan dari sayap, gaya propulsi dan gaya berat pada titik pusat gravitasi dalam keadaan tidak dalam posisi seimbang saat hydro planning. Sayap jenis inverse delta dengan bentuk punduk diatasnya dan airfoil jenis Clark Y mempunyai luas sayap sebesar 31.75 m2• Koefisien gaya angkat dan gaya hambat aerodinamika dihitung dengan menggunakan piranti lunak DATCOM. Sayap horizontal pada ekor menggunakan airfoil NACA 0012 dan sayap vertikal pada ekor mempunyai airfoil simetri NACA 0015. Ponton dan winglet dipasang pada bagian ujung luar sayap. Kurva hambatan air dari hull diperoleh perhitungan analisis dan uji model di towing tank. Uji thrust dan penimbangan berat pesawat sudah dilakukan di hanggar. Kesimpulan dari hasil uji terbang mengatakan bahwa terjadi kondisi kelebihan berat, tidak tepatnya posisi titik pusat gravitasi sehingga diperlukan tenaga mesin yang lebih besar untuk meneruskan fase takeoff.
Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Transportasi Rumah Tangga Indonesia Siswanto, Adrianus Dwi
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.743

Abstract

Transportasi merupakan bagian yang integrasi dengan kegiatan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran rumah tangga transportasi Indonesia. Faktor-faktor yang termasuk dalam penelitian ini adalah pengeluaran rumah tangga, pengeluaran pajak kendaraan, roda dua kepemilikan kendaraan bermotor, dan kapal motor. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dikembangkan dengan membangun sebuah model persamaan matematika. Data yang digunakan adalah Susenas 2010. Data kemudian diolah dengan menggunakan program pengolahan data SPSS. Dalam penelitian ini ditetapkan empat variabel independen, yaitu pengeluaran rumah tangga, pajak kendaraan bermotor, kepemilikan aset roda dua dan perahu motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini telah memenuhi syarat Best Linear Unbiased Estimate. Dari hasil model yang dibangun, pengeluaran transportasi rumah tangga dipengaruhi oleh belanja rumah tangga, pajak kendaraan bermotor, dan kepemilikan aset. Untuk belanja rumah tangga dan pajak kendaraan bermotor memiliki hubungan yang positif. Berarti perubahan kedua variabel tersebut searah. Ta pi untuk kepemilikan kendaraan roda dua, aset dan kapal motor, memiliki hubungan yang berlawanan. Ini berarti bahwa jika ada perubahan dari dua variabel akan berdampak berbeda. Jika rumah tangga tidak memiliki aset akan menyebabkan kenaikan dalam pengeluaran biaya transportasi dan sebaliknya.
Efisiensi Ukuran Pallet Terhadap Ruang Kontaener Dan Truk Angkutan Barang Akustia, Win
Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan
Publisher : Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/warlit.v25i7.747

Abstract

Tidak hanya kelancaran transportasi yang diharapkan, tetapi juga efisien. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencapai transportasi yang efisien. Salah satu contoh adalah ukuran pallet yang cocok dengan bentuk dan ukuran kontaener atau truk, hal ini memudahkan pemindahan dan mengoptimalkan pemakaian ruang, selain itu juga barang dalam kontaener atau truk tidak bergeser, yang dapat berpengaruh terhadap keselamatan barang. Ukuran pallet yang sesuai dapat lebih memudahkan dalam hal pengaturan dan tata letak dalam kontaener atau truk. Pengaturan dan tata letak ini juga penting, karena berpengaruh terhadap volume barang yang dapat dimuat, serta berpengaruh terhadap kemudahan saat pembongkaran barang. Dari data yang terkumpul, kemudian dilakukan analisis dengan hasil , jenis produk yang biasa dikirim sebagai komoditas ekspor/ impor yang terbanyak adalah general cargo, sebanyak 86 %, hasil pertanian/ perkebunan 7 % dan lainnya 7 %.  Negara yang biasa menjadi tujuan ekspor a tau asal impor yang terbanyak adalah kelompok negara-negara benua Asia. Jenis pallet yang digunakan pada umumnya adalah yang terbuat dari kayu, dan ukuran 1.100mmX1.100 mm paling banyak digunakan. Truk ukuran sedang dan besar menurut responden sama cocoknya untuk digunakan. Kesimpulan kajian adalah ukuran pallet yang paling efisien terhadap kontaener dan truk, adalah yang berukuran 1.100mmX1.100 mm. Truk sedang yang berukuran 430 cm X 205 cm lebih efisien dibanding truk sedang ukuran 310cmX170 cm. Truk besar ukuran 800 cm X 250 cm lebih efisien dibanding truk besar ukuran 650 cm X 250 cm.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 37 No. 1 (2025): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 36 No. 2 (2024): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 36 No. 1 (2024): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 35 No. 2 (2023): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 35 No. 1 (2023): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 34 No. 2 (2022): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 34 No. 1 (2022): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 33 No. 2 (2021): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 33 No. 1 (2021): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 32 No. 2 (2020): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 32 No. 1 (2020): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 31 No. 2 (2019): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 31 No. 1 (2019): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 30 No. 2 (2018): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 30 No. 1 (2018): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 29 No. 2 (2017): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 29 No. 1 (2017): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 6 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 5 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 4 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 3 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 2 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 28 No. 1 (2016): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 6 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 5 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 4 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 3 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 2 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 27 No. 1 (2015): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 12 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 11 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 10 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 9 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 8 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 7 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 6 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 5 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 4 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 3 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 2 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 26 No. 1 (2014): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 7 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 6 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 5 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 4 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 3 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 2 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 25 No. 1 (2013): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 6 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 5 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 4 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 3 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 2 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 24 No. 1 (2012): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 23 No. 5 (2011): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 23 No. 4 (2011): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 23 No. 3 (2011): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 23 No. 2 (2011): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 23 No. 1 (2011): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 12 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 11 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 10 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 9 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 8 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 7 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol 22, No 7 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 6 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 5 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 4 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 3 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 2 (2010): Warta Penelitian Perhubungan Vol. 22 No. 1 (2010): Warta Penelitian Perhubungan More Issue