cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Edu Biosfer Journal
ISSN : -     EISSN : 26560526     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, Botani, Zoologi, Mikrobiologi dan Biologi Lingkungan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal" : 5 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA SUB MATERI SISTEM SARAF Larassati Hardianti Kadir; Ani M Hasan; Margaretha Solang
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v5i1.4431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada sub materi Sistem Saraf di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental dan rancangan One Group pretest-posttest. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni XI IPA 3 dengan siswa yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal objektif pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu statistik inferensial yang dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru dan siswa dengan melihat persentase setiap aspek, ketuntasan individual, nilai rata-rata kelas, N-Gain siswa serta uji-t berpasangan. Hasil analisis data menunjukkan persentase rata-rata aktivitas guru mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II yakni 75% (baik) menjadi 100% (sangat baik). Hasil aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata berbeda yang mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II dengan nilai persentase tertinggi yaitu 87,9% (sangat baik). Hasil belajar yang diperoleh siswa yakni nilai rata-rata pretest yaitu 33. Sedangkan nilai rata-rata posttest yakni 73. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan persentase nilai N-gain yang didapatkan siswa dengan 3 kategori yaitu tinggi=36%, sedang=61% dan rendah=3%. Hasil uji-t berpasangan diperoleh thitung 16,67291 sehingga hipotesis H0 ditolak. Penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada sub materi sistem saraf di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gorontalo
VALIDASI E-MODUL BERBASIS PENELITIAN HEMATOLOGI Rattus novergicus Crescentia Mishi Juniorita Ngangi; Jantje Ngangi; Emma Mauren Moko; Herry Maurits Sumampouw; Meity Neltje Tanor; Dino Rahardiyan; Livana Dethris Rawung
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v5i1.17866

Abstract

Pengembangan dan pemanfaatan media sebagai sumber belajar dalam pembelajaran memiliki korelasi yang sangat erat dengan teknologi sehingga perlu untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kehadiran konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Salah satu perubahan berdasarkan kebijakan kurikulum merdeka di sekolah adalah perbaikan RPP yang dikemas dalam bentuk RPP Plus yang dikembangkan dalam bentuk modul pembelajaran yang berisi desain dan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi modul digital (e-modul) berupa RPP plus berbasis penelitian hematologi pada hewan coba Rattus novergicus dalam menunjang implementasi kurikulum merdeka di SMA. Dalam penelitian ini, jenis penelitian RD model Kemp Dayton yang sebelumnya memiliki 9 langkah dirampingkan ke dalam 4 langkah utama, yaitu 1) persiapan, 2) desain, 3) pengembangan dan 4) uji validitas. Pengembangan modul digitak atau e-modul dibatasi pada uji validitas yang melibatkan validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 89,3% dan 100%. Media pembelajaran yang dikembangkan sangat berkualitas, layak dan tidak perlu direvisi
STUDI KEARIFAN LOKAL PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN TUMBUHAN OBAT PADA MASYARAKAT KECAMATAN LAKEA KABUPATEN BUOL Dahniar Dahniar; Jusna Ahmad; Wirnangsi D. Uno
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v5i1.15780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan pengobat tradisonal (batra) Kecamatan Lakea Kabupaten Buol. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara kepada batra secara snowball sampling dan metode survey berupa observasi, dokumentasi dan identifikasi jenis tumbuhan obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 60 jenis tumbuhan obat yang digunakan masyarakat dalam pengobatan tradisional. Bagian tumbuhan yang digunakan yakni daun (66%), seluruh organ (12%), rimpang (10%), buah (8%), kulit batang (6%), batang (3%), getah (3%), akar dan umbi (2%). Penggunaan tumbuhan obat dilakukan dengan cara direbus, digosok dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Jenis pemanfaatan berupa tumbuhan tunggal atau dalam bentuk ramuan. Kearifan lokal dalam pemanfaatan tumbuhan obat tidak ditemukan secara spesifik untuk setiap tumbuhan namun terletak pada jumlah organ tumbuhan yang diambil.
PENGEMBANGAN DAN VALIDASI VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS EKSPERIMEN HEMATOLOGI PADA Rattus novergicus DALAM MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA Veiren Wangkanusa; Emma Mauren Moko; Livana Dethris Rawung; Ferny Margo Tumbel; Anatje Lihiang; Dino Rahardiyan
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v5i1.17867

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri karena tidak semua pelajaran dapat dipelajari oleh siswa secara kontekstual akibat keterbatasan dalam pembelajaran. Pembelajaran materi sistem sirkulasi di SMA, video pembelajaran berbasis eksperimen hematologi sangat tepat untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan dan validasi video pembelajaran berdasarkan percobaan hematologi pada tikus putih Rattus novergicus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (RD) model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu  (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi namun dibatasi pada tahap pengembangan dengan memperoleh hasil validasi ahli material dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media dan validasi dari ahli materi secara berturut-turut sebesar 86,3% dan 100%. Produk video pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat baik, sangat layak dan tidak perlu direvisi
PERUBAHAN TUTUPAN HUTAN MENJADI LAHAN TANAMAN MONOKULTUR JAGUNG DI WILAYAH UPT SP3, DESA SARITANI KABUPATEN BOALEMO PERIODE 2013-2022 Bambang Mamangkay; Sukirman Rahim; Andi Satari Salahudin; Dewi Wahyuni K. Baderan
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v5i1.15720

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perubahan tutupan hutan dalam waktu 10 tahun (periode 2013-2022) yang ada di wilayah Unit Pemukiman Terpadu (UPT) Desa Saritani Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengindraan jauh, melalui data-data delineasi dari Google Earth dalam periode waktu 2013-2022 kemudian dianalisis dengan software ArcGis. Hasil penelitian menunjukkan bukaan tutupan lahan pada tahun 2013 sebesar 348.30 ha, 602,82 ha pada tahun 2018 dan 1138,39 ha pada tahun 2022. Temuan ini menunjukkan dalam waktu sepuluh tahun terakhir bukaan tutupan lahan mengalami perluasan hingga 300%. Kondisi ini dapat memicu kerusakan lingkungan serius apabila pengelolaan lahan pertanian di Desa Saritani dikelola secara tidak berkelanjutan. Penanaman jagung di lahan miring dapat memicu erosi dan sedimentasi sehingga membuat tanah semakin tidak produktif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan bahan informasi dalam pengambilan kebijakan khususnya di wilayah pertanian Desa Saritani yang berbatasan langsung dengan wilayah konservasi 

Page 1 of 1 | Total Record : 5