cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Edu Biosfer Journal
ISSN : -     EISSN : 26560526     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, Botani, Zoologi, Mikrobiologi dan Biologi Lingkungan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal" : 5 Documents clear
Hubungan Gaya Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Proyek Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Di SMAN 8 Kendari Sabilu, Murni; Safilu, Safilu; Sirih, M; Arifin, Kasman; Jahidin, Jahidin; Amiruddin, Amiruddin; Zubaidah, Dwi Nurhidayah; Rayani, Nur; Nurrijal, Nurrijal
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v6i1.24485

Abstract

Salah satu aspek yang kurang diperhatikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara gaya belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas XII IPA di SMAN 8 Kendari. Tiga tipe gaya belajar, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik, diidentifikasi sebagai variabel penelitian. Selain itu, pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kreatif sebagai potensi setiap individu juga diperhatikan. Penelitian dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar dan angket kemampuan berpikir kreatif kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tipe gaya belajar kinestetik dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPA di SMAN 8 Kendari. Hubungan ini bersifat positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,468, menunjukkan tingkat hubungan sedang. Sementara itu, tipe gaya belajar auditorial dan visual tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penemuan ini memberikan kontribusi dalam pemahaman pentingnya memahami gaya belajar kinestetik dan mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan gaya belajar siswa, sehingga dapat memaksimalkan potensi kreatif mereka dalam mencapai tujuan pembangunan nasional di bidang pendidikan.Kata kunci: Gaya Belajar, Berpikir Kreatif, Strategi Pembelajaran, Biologi
ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA MATERI GENETIKA DAN RELEVANSINYA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA Azzahra, Waliyyatu; Jayah, Johan Susanto; Kusumawaty, Diah
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v6i1.24426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konten buku ajar biologi dengan dimensi profil pelajar pancasila (PPP) dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menganalisis 10 buku ajar biologi SMA Kelas XII yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun beberapa elemen profil pelajar pancasila teridentifikasi dalam buku ajar, namun belum ada buku yang memuat secara lengkap semua elemen tersebut. Hal tersebut karena terdapat kesamaan dan perbedaan dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang memungkinkan sebagian elemen profil pelajar Pancasila ditemukan dalam buku Kurikulum 2013, dengan dimensi bernalar kritis memiliki persentase paling tinggi (59%), diikuti oleh dimensi mandiri (22%), bergotong royong (11%), berakhlak mulia (6%), dan kreatif (2%), namun dimensi kebhinekaan global tidak teridentifikasi dalam buku ajar yang dianalisis. Penelitian ini memberikan gambaran dan arah perbaikan dalam mengembangkan buku ajar yang relevan dengan Kurikulum Merdeka
ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT DI DESA SUNGAI DUNGUN KABUPATEN MEMPAWAH, KALIMANTAN BARAT, INDONESIA Nurotuljannah, Nurotuljannah; Syamswisna, Syamswisna; Fajri, Hayatul
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v6i1.20986

Abstract

Masyarakat asli Kalimantan Barat sudah lama mengandalkan berbagai macam tumbuhan obat untuk segala hal mulai dari pengobatan sakit hingga pencegahan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman hayati tumbuhan obat yang digunakan oleh masyarakat Desa Sungai Dungun, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, serta mengeksplorasi kearifan lokal terkait pemanfaatannya. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan 64 informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penduduk Desa Sungai Dungun memanfaatkan 34 jenis tumbuhan obat dari 26 famili untuk mengobati 22 jenis penyakit. Famili Asteraceae dan Zingiberaceae merupakan yang paling banyak digunakan, hal ini disebabkan oleh kemudahan akses dan khasiatnya. Beberapa spesies memiliki lebih dari satu manfaat pengobatan. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan yaitu daun sebanyak 23 spesies. Sementara, pengolahan tumbuhan obat paling banyak dilakukan dengan cara dihaluskan. Perbandingan dengan penelitian etnobotani lainnya menunjukkan adanya perbedaan dalam penggunaan tumbuhan obat di wilayah ini dibandingkan daerah lain, yang dipengaruhi oleh pengetahuan lokal dan ketersediaan sumber daya. perkembangan zaman turut mendorong sebagian masyarakat beralih ke obat sintetis. Penelitian ini mengungkap potensi kearifan lokal yang penting untuk didokumentasikan dan dilestarikan, khususnya oleh generasi muda, agar pengetahuan tentang tumbuhan obat tidak hilang
KEANEKARAGAMAN HERPETOFAUNA DI KAWASAN HUTAN DESA MAKARTI JAYA KABUPATEN POHUWATO, GORONTALO Panyilie, Nadia Fajri; Hamidun, Marini Susanti; Ibrahim, Mustamin; Baderan, Dewi Wahyuni; Aydalina, Regina Valentina
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v6i1.24314

Abstract

Desa Mekarti Jaya merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Blok Hutan Popayato-Paguat, kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis Herpetofauna serta menganalisis tingkat keanekaragamannya di Desa Mekarti Jaya. Penelitian ini berlangsung pada Juni–Juli 2022 di kawasan hutan Desa Mekarti Jaya, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Penelitian menggunakan metode survei perjumpaan visual yang dikombinasikan dengan teknik transek sampling pada dua jenis habitat, yaitu akuatik dan terestrial. Hasil penelitian ini menunjukkan keberadaan 10 spesies dari 5 famili Herpetofauna. Indeks keanekaragaman (H') tercatat sebesar 3,873 untuk taksa Amfibi dan 1,293 untuk taksa Reptil. Indeks keanekaragaman ini mengindikasikan tingkat keanekaragaman yang sedang, yang menggambarkan kondisi habitat yang cukup mendukung keberagaman spesies di wilayah tersebut.
BIODIVERSITAS SERANGGA TANAH DI KAWASAN AGROEKOSISTEM WILAYAH TUMBA DESA TAMAILA UTARA KABUPATEN GORONTALO Mooduto, Meikawati; Lamangantjo, Chairunnisa J.; Katili, Abubakar Sidik
Jambura Edu Biosfer Journal Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal
Publisher : Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jebj.v6i1.20546

Abstract

Dusun Tumba merupakan salah satu wilayah penyangga Suaka Margasatwa Nantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis serangga tanah di kawasan agroekosistem dusun Tumba, desa Tamaila Utara. Penelitian dilaksanakan pada Mei 2023 dengan menggunakan 2 stasiun penelitian, dengan 3 titik pengamatan untuk setiap stasiun. Serangga tanah dikumpulkan dengan perangkap lubang. Data serangga selanjutnya diidentifikasi dan dianalisis untuk memperoleh data indeks keanekaragaman serangga tanah. Hasil penelitian menemukan 11 taksa serangga tanah yakni Gryllus bimaculatus, Dolichiderus, Solenopsis, Coptotermes, Spodoptera, Nysius, Bolboceras, Halyomorpha, Velleius, dan Pyrophorus . Nilai indeks keanekaragaman sebesar 1,964 dengan kategori sedang

Page 1 of 1 | Total Record : 5