cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
di2kefendi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
ISSN : 25283669     EISSN : 2655638     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar kota Madiun.Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)" : 12 Documents clear
Usaha Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Pendekatan Kontekstual(Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun Suhadak Suhadak
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.828 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses / prosedur penerapan Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui Pendekatan konstekstual (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas IV SDN 02 Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun Ajaran 2017 / 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus yang tiap putaran terdiri dari (1) perencanaan,(2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas empat semester 1 Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (22,72%), siklus II (90,90%), begitu pula prestasi belajar kelompok mengalami peningkatan yaitu, siklus I (63,63%), siklus II (85,22%) Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan pende-katan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning ), terbukti mampu meningkatkan terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 02 Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun
Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Kejuruan Tentang Prinsip Kerja Turbin Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas X TPM B SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo Lukito Lukito
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.391 KB)

Abstract

Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil angket sebelum penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa akan belajar jika diberi tugas oleh guru. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya masih kurang, kegiatan belajar siswa masih tergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan Prinsip Kerja Turbin melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas X TPm B, SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar Mendeskripsikan Prinsip Kerja Turbin ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 74,84; siklus II 80,94; dan siklus III 85,94. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 87,50%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas X TPM A SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo Sugiono Sugiono
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.049 KB)

Abstract

Keterampilan sangat diperlukan terutama untuk keterampilan yang sifatnya produktif dan tergantung pada kehadiran pengetahuan yang dimiliki siswa, yang dibentuk melalui pengalaman pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip umum yang relevan atau strategi khusus yang telah tersusun. Untuk menunjang hal tersebut di atas, diperlukan keterampilan siswa dalam memahami pesan atau perintah berdasarkan informasi yang diterima. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk dalam bidang Matematika khususnya pada materi ajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat sangat rendah, yakni hanya 55,56% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 60,53. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Learning Expeditions. diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa terampil dalam Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Persamaan dan Fungsi Kuadrat melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas X TPm A SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan keterampilan Matematika materi ajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,40; siklus II 76,30, dan siklus III 81,48. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 70,37%, siklus II meningkat menjadi 81,48%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 92,60%.
Meningkatkan Kedisiplinan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri I Kepil Tahun Pelajaran 2016/2017 Supriyono, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.621 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedesiplinan dan prestasi belajar matematika melalui pendekatan kooperati tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri I Kepil,Kecamatan Kepil, tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian 29 siswa terdiri 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan prosedur umum a) perencanaan b) pelaksanaan c) pengamatan dan d)refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan dan tertulis. Lembar pengumpulan data pengamatan untuk mengetahui kemampuan disiplin dan tes tertulis untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tes prestasi belajar menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rasa disiplin siklus I: 31,03% tinggi, 65,52% sedang dan 3,45% rendah. Siklus II: 65,52% tinggi, 34,48% sedang dan 0% rendah. Tes prestasi belajar Siklus I: Nilai rata-rata 79,79 dengan ketuntasan belajar 72,41%. Siklus II: nilai rata-rata 80,13% dengan ketuntasan belajar 89,66%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja bagi guru untuk menerapkan pendekatan metode Jigsaw. Selain itu sekolah menggunakan metode ini guna meningkatkan prestasi belajar siswa .
Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial Tentang Perang Dunia II Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Muryani, Sri
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.382 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui metode Think-Pair-Share Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan kemampuan mendiskripsikan Perang Dunia II ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 74,28; siklus II 78, 57, dan siklus III 82,38. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 66,67%, siklus II meningkat menjadi 85,71%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 95,24%.
Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Informasi Dari Teks Cerita Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bungkal Siti Baruni
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.375 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan kemampuan materi ajar ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 73,96; siklus II 77,08, dan siklus III 79,17. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 70,83%, siklus II meningkat menjadi 83,33%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Lisan Dan Tulis Untuk Memaparkan Dan Menanyakan Jati Diri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Handoko Wijayanto
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.07 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dalam Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri melalui strategi pembelajaran Inquiry pada siswa Kelas VII D, maka tujuan penelitian dirumuskan sebagai berikut : Meningkatkan Kemampuan Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan strategi pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris materi ajar Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,50; siklus II 76,05, dan siklus III 80,42. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 62,50%, siklus II meningkat menjadi 79,17%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode ”Think-Pair-Share” Pada Siswa Kelas IX-G SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 Dra. Jamiati Takariana
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.419 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan penggunaan model cooperative learning dengan pendekatan struktural ”Think-Pair-Share” dalam meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran IPS pada Tema Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju pada siswa Kelas IX-G SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini rata-rata siklus I = 72,97 dan pada siklus II = 79,38, maka dapat disimpulkan ada Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode ”Think-Pair-Share” Pada Siswa Kelas IX-G SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.
Peningkatan Kemampuan Menganalisis Sistem Hukum Dan Peradilan Internasional Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI) Siswa Kelas XI RPL B SMK Negeri 1 Jenangan Sri Wahyuni
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.396 KB)

Abstract

Seiring melajunya pengaruh globalisasi dalam dunia pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berkembang dengan demikian pesatnya. Hal tersebut harus diimbangi dengan pengembangan peserta didik sehingga peserta didik memiliki kompetensi multidimensional. Kompetensi tersebut diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan keahlian yang akhirnya siswa diharapkan memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan sosial yang berkualitas. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan khususnya pada kompetensi dasar Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional sangat rendah, yakni hanya 54,05% dari 37 siswa memenuhi standar ketuntasan dalam belajar. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) dengan harapan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional melalui strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) pada siswa Kelas XI RPL B SMK Negeri 1 Jenangan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) dalam meningkatkan kemampuan Pendidikan Kewarganegaraan materi ajar Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,97; siklus II 77,16, dan siklus III 82,84. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu siklus I hanya 67,57%, siklus II 83,78%, siklus III mencapai 97,30%.
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Tentang Perilaku Hidup Sederhana Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas IV SDN 1 Bangunsari Kecamatan Ponorogo Muthmainnah Muthmainnah
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.154 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Menampilkan perilaku hidup sederhana melalui metode Elaborasi Siswa Kelas IV SDN 1 Bangunsari Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan Model Pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar Menampilkan perilaku hidup sederhana ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 68,54; siklus II 75,21, dan siklus III 81,04. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 70,83%, siklus II menjadi 79,17%, pada siklus III mencapai 100%

Page 1 of 2 | Total Record : 12