MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis.
Jurnal yang terbit dua kali setahun, bulan Maret dan September.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018"
:
8 Documents
clear
Pembentukan Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Matematika melalui Penerapan Supercamp
Hartono Hartono;
Marhadi Saputro
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.60
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kepercayan diri dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui penerapan supercamp. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengolahan data secara deskriptif dan inferensial. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design, Rancangan penelitian ini adalah one group postest only design dengan postest berupa soal ujian akhir (UAS) mahasiswa sesuai semester masing-masing. hasil penelitian yang diperoleh adalah supercamp membentuk kepercayaan diri mahasiswa, akan tetapi dengan kepercayaan diri yang sudah terbentuk, indeks prestasi mahasiswa tidak meningkat walaupun Secara statistik deskriptif rata-rata indeks prestasi ada perbedaan sebesar 0,02.
Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif
Andi Mulawakkan Firdaus
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.115
Penelitian ini merupakan pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode Question Student Have (QSH) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode Question Student Have (QSH). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design yakni diberi pretest sebelum perlakuan dan diberi posttest setalah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA SMPN 1 Bulukumba sebanyak 29 orang sebagai kelas uji coba untuk diterapkan metode Question Student Have (QSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba.
Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar
Endang Suprapti
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.116
Matematika dasar merupakan matakuliah dasar yang diberikan kepada mahasiswa di awal semester pada program studi pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pada umumnya mahasiswa baru motivasinya masih tinggi dalam belajar dengan semangat yang tinggi, sehingga penting untuk meningkatkan semangat tersebut dengan hasil balajar yang baik. Hasil belajar yang baik tentunya harus didukung dengan proses perkuliahan yang mendukung dan kondusif. Tentunya proses yang kondusif didukung dengan persiapan dan penerapan model pembelajaran yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut dilaksanakan penerapan teori belajar konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalam peningkatan sebesar 29,25% dari siklus 1 kesiklus 3 disamping itu respon mahasiswa positif sebesar 90%.
Keterkaitan Pencapaian Nilai Akhir dengan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru
Ayu Faradillah
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.117
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan pencapaian nilai akhir dengan pemahaman konsep pada mata kuliah program linier. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Metode penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mencoba menganalisis dan mendeskripsikan paparan keterkaitan pencapaian nilai akhir dan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah program linier. Adapun indikator-indikator pemahaman konsep matematis pada penelitian ini adalah menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menggunakan prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Kata Kunci: keterkaitan, pencapaian nilai akhir, pemahaman konsep matematis
Math Talk: Strategi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi di Kelas
Nailul Authary
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.122
Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi menjadi dua kemampuan penting dan mendasar untuk dimiliki peserta didik. Kemampuan ini kemudian dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan setelah peserta didik selesai menempuh pendidikan formal. Sadar akan kebutuhan ini, penerapan strategi math talk pada pembelajaran matematika diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi. Artikel ini dikaji dengan menggunakan data kualitatif dengan menggunakan metode eksplorasi. Melalui metode eksplorasi dapat mengkaji secara mendalam mengenai penggunaan strategi math talk dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kritis. Strategi math talk pada pembelajaran matematika di kelas dimulai dengan membuat kelompok atau komunitas belajar di kelas. math talk diterapkan, secara bersamaan kemampuan berpikir kritis dan dan komunikasi dikembangkan.
Improving Students Mathematical Understanding and Proving Ability by Using Moore Method
Rizky Oktaviana Eko Putri
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.145
Kemampuan pembuktian matematika merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang pembelajaran matematika di tingkat yang lebi tinggi. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan pembuktian tersebut sulit untuk dikuasai oleh siswa. Ada banyak metode yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membuktikan. Salah satu metode yang dapat dipakai yaitu Metode Moore. Studi literatur ini menggunakan analisis metode dari hasil penelitian yang relevan. Tujuan dari studi ini adalah menyediakan informasi tentang keefektifan metode Moore dalam meningkatkan pemahaman matematika dan kemampuan pembuktian siswa. Hasil studi menyediakan informasi bagi guru tentang bagaimana menerapkan metode Moore secara efektif.
Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks
Suesthi Rahayuningsih
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.147
Matriks merupakan sub materi pelajaran matematika yang wajib dikuasai siswa. Matriks secara umum akan melibatkan angka-angka atau aljabar yang disusun dalam entri-entri tertentu (letaknya pada baris dan kolom ke-(?,?)).Dalam menyelesaikan soal mengenai operasi matriks sebenarnya bukanlah halyang sulit untuk diselesaikan,hanya saja untuk mengoperasikan matriks ada beberapa konsep lain yang harusdipahami. Namun, kenyataan di lapangan yang terjadi bahwa masih banyak siswayang belum menguasai sub materi ini,dikarenakan kurangnya pemahamansiswa tentang konsep yang digunakan untuk mengoperasikan matriks. Sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi hal itu maka diperkenalkan penggunaan softwareMicrosoft mathematics dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran matriks. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan motivasi untuk belajar matriksdengan cara yang tidak membosankan yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarsiswa terhadap materitersebut. Penelitian ini baru sebatas kajian teori dan belum diimplementasikan.
Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Ditinjau dari Kemampuan Matematika
Feriyanto Feriyanto
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36815/majamath.v1i1.153
Tujuan dalam penelitianiniuntuk mengetahui kepercayan diri dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui penerapan supercamp. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengolahan data secara deskriptif dan inferensial. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah pre eksperimentaldesign, Rancangan penelitian ini adalah one group postest only designdengan postest berupa soal ujian akhir (UAS) mahasiswa sesuai semester masing-masing. hasil penelitian yang diperolehadalah supercamp membentuk kepercayaan diri mahasiswa, akan tetapi dengan kepercayaan diri yang sudah terbentuk, indeks prestasi mahasiswa tidak meningkat walaupun Secara statistik deskriptif rata-rata indeks prestasi ada perbedaan sebesar 0,02.