cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi" : 12 Documents clear
Gelar Ummi Pada Nabi Muhammad SAW Studi: Tematik Tafsir Al Munir Gita Morinda, Claudio; Jumrotun, Siti; Damayanti, Rizka; Agustiar, Agustiar
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.719

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Gelar Ummi Pada Nabi Muhammad Saw dalam tafsir al-Munir. Sebuah artikel yang mengkaji dan meneliti penafsiran Wahbah Az-Zuhaili dalam tafsir al-Munir mengenai kata ummi dalam Al-Qur?an. Dimana sifat ummi pada nabi Muhammad bukan menjadikan kekurangan atau kelemahan baginya melainkan menjadikan bukti kuat akan keautentikan Al-Qur?an. Adapun teknik penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis kepustakaan (Library research) dengan metode pendekatan tematik, yang mengkaji dan menelaah referensi bersumber dari analisa buku-buku dan kitab-kitab seputar konsep ummi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah Kitab tafsir Al-Munir Jilid 5. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep keummian Nabi Muhammad dalam tafsir al-Munir adalah mukjizat utama yang sudah melekat pada pribadi nabi yang menjadikan bukti keautentikan Al-Qur?an bahwa nabi tidak mengarang atau menciptakan Al-Qur?an tersebut. Prediket an-nabiyy al-ummiy merupakan bagian unsur aqidah untuk menanamkan Tauhid Uluhiyyah dan Tauhid Rububiyyah kepada seluruh umat manusia.
Implementasi Kurikulum Merdeka; Studi Analisis Kesiapan Guru PAI SD Negeri 22 Rejang Lebong Maryana, Dela; Idris, Muhammad; Ardiansyah, Diki; Triayani, Desi; Febriyanti, Dwi
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.721

Abstract

Penelitian ini dilakukan Di SD Negeri 22 Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian ini yaitu pertama mengetahui kesiapan Guru PAI dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 22 Rejang Lebong. Kedua mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung Guru PAI dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 22 Rejang Lebong. Jenis penelitian yaitu penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan Guru PAI.Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi data, display data dan kesimpulan dan Verifikasi. Uji kredibilitas data yaitu tringulasi tempat, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini pertama, Kesiapan Guru PAI dalam mengimplementasikan. Kurikulum Merdeka di SD Negeri 22 Rejang Lebong, sudah baik. Sebagai salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka, sudah tentunya pihak sekolah bersama dengan guru melakukan terobosan sehingga kurikulum merdeka ini dapat terimplementasi dengan baik dan sesuai, mengadakan dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pemahaman mereka terkait dengan kurikulum merdeka, kemudian penguatan fasilitas untuk mendukung pengimplementasian kurikulum merdeka ini. Kedua, Faktor Pendukung dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di SD Negeri 22 Rejang Lebong yakni adanya kepercayaan dari masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SDN 22 Rejang Lebong, adanya fasilitas yang cukup memadai dukungan kepala sekolah, dan dukungan dari kepala sekolah dan para siswa itu sendiri.
PELAKSANAAN PENGAJIAN IBU-IBUDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM PADA JAMAAH AL-JAMI’ DESA SAMBIREJO KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG Mahfuz, Mahfuz; Kristiyah, Ade Rahma; Kinanti, Agnestya Anggun; Setiowati, Andhela Gigih
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pemahaman Agama Islam pada jama’ah Al-Jami’ di desa Sambirejodan bagaimana pelaksanaan pengajian dalam meningkatkan pemahaman Agama serta sampai tingkat mana pemahaman Agama Islam pada jama’ah Al-Jami’ di desa Sambirejo, kecamatan Selupu rejang, kabupaten Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini berlandaskan kurangnya pengetahuan agama Islam akan mempengaruhi tingkat kesadaran seseorang dalam melakukan ibadah dan muamalah. Norma dan aturan yang ada akan sulit untuk diterapkan karena kurangnya pengetahuan mengenai agama Islam dan juga merupakan dampak dari lingkungan sekitar yang jauh dari agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pemahaman Agama Islam pada jama’ah Al-Jami’ di desa Sambirejo, kecamatan Selupu rejang, kabupaten Rejang Lebong mengalami kesulitan dan pelaksanaan pengajian dalam meningkatkan pemahaman Agama Islam dilakukan dengan baik dan terstruktur. Tingkat pemahaman Agama Islam pada jama’ah Al-Jami’ di desa Sambirejo, kecamatan Selupu rejang, kanupaten Rejang Lebong menjadi lebih baik. para jama'ah atau ibu-ibu mendapatkan kebiasaan dan ilmu pengetahuan baru yang berkaitan dengan agama Islam, dengan keinginan para jama'ah juga yang membuat kesuksesan dalam diri mereka.
IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI SOSIAL KONSEP KAFA’AH DALAM PERKAWINAN (STUDI KASUS DI DESA GUNUNG ALAM KECAMATAN PELABAI KABUPATEN LEBONG) Yustika, Nova; Ridwan, Rifanto Bin; Hayati, Ilda
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.737

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi dan implikasi sosial konsep Kafa?ah dalam perkawinan di Desa Gunung Alam, Kecamatan Pelabai, Kabupaten Lebong. Kafa?ah, dalam konteks perkawinan Islam, berarti kesesuaian antara suami dan istri dalam berbagai aspek, seperti nasab, kemerdekaan, pekerjaan, kekayaan, dan lain-lain. Dalam Islam, Kafa?ah dianggap sebagai syarat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dan mencegah ketidakcocokkan antara suami dan istri. Adapun jenis penelitian ini adalah yuridis empiris.Penelitian yuridis empiris merupakan jenis penelitian hukum sosiologis (socio-legal) atau dapat disebut dengan penelitian lapangan (field research) mengkaji terkait ketentuan hukum yang berlaku serta terjadi ditengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptifuntuk menggambarkan implementasi dan implikasi sosial Kafa’ah dalam perkawinan di Desa Gunung Alam. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandangan masyarakat Desa Gunung Alam terhadap konsep kafa’ah dalam pernikahan untuk mencapai keluarga yang Sakinah, mawaddah, warrahmah menunjukkan bahwa penerapan konsep kafa’ah belum sepenuhnya terwujud seperti yang diharapkan. Ini disebabkan oleh mayoritas masyarakat yang meyakini bahwa pekerjaan dan tingkat pendidikan menjadi faktor yang paling penting dalam pertimbangan perkawinan. Dalam praktiknya, orang tua lebih cenderung mempertimbangkan pekerjaan dan tingkat pendidikan mereka dari pada akhlak dan agama. Mereka menganggap bahwa pekerjaan yang stabil menandakan kesiapan untuk menikah karena dapat memenuhi kebutuhan finansial anak merea, sementara tingkat pendidikan yang tinggi dianggap dapat membuka pintu untuk masa depan yang lebih cerah bagi keluarga anak tersebut.Dampak dan implikasi sosial dari penerapan konsep kafa’ah dalam perkawinan di Desa Gunung Alam adalah selain penerapan konsep kafa’ah memberikan dampak positif yaitu mampu membentuk keluarga yang langgeng dan harmonis, penerapan standarisasi dalam kriteria pasangan yang dibentuk oleh masyarakat umum di Desa Gunung Alam menyebabkan ketimpangan sosial yang signifikan di masyarakat. Individu yang tidak memenuhi standar pendidikan dan pekerjaan yang ditetapkan mengalami stigma dan diskriminasi karena dianggap tidak layak sebagai pasangan hidup, sehingga mereka dinilai tidak cukup kompeten untuk membentuk rumah tangga yang diharapkan selain itu standarisasi yang ditetapkan mempengaruhi sulitnya seseorang untuk menikah.
IMPLEMENTASI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PROSEDUR MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA LEBONG Nophian, Benny; Ridwan, Rifanto Bin; Hayati, Ilda
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.738

Abstract

Implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan Agama Lebong dan melihat tingkat keberhasilan mediasi. Hal ini perlu peneliti proses plaksanaan Mediasi yang lakukan 1 tahun terakhir (2023-2024) di Pengadilan Agama Lebong, serta kendala dalam mediasi tidak berhasil sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2016 pada Pengadilan Agama Lebong. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Pengadilan Agama Lebong dan Pendekatan yang di gunakan Case Approach yaitu Pendekatan kasus dilakukan dengan menelaah kasus yang terkait dengan isu hukum yang dihadapi. Kasus tersebut merupakan kasus yang telah menjadi putusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap atau inkracht. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa upaya hakim dalam melakukan Implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan Agama Lebong adalah belum maksimal. Hal ini didasarkan pada cara hakim mediator itu sendiri dalam memperlakukan mediasi dan pendalaman peran bila menjadi seorang hakim mediator. Kemudian penyebab sedikitnya mediasi yang berhasil di Pengadilan Agama Lebong adalah dilihat dari sisi hakim mediator itu sendiri, terkait tentang pemahaman hakim mediator dalam persiapan diri sebagai mediator yang andal. Mediator yang andal akan memperhatikan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan dan Surat Keputusan Mahkamah Agung Nomor 108 Tahun 2016 tentang Tata Kelola Mediasi di Pengadilan.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI DESA SUKA DATANG CURUP UTARA KABUPATEN REJANG LEBONG Itepio, Ade Riski; Putri, Adek Monika; Arsil, Arsil; Azizah, Anjar; Lestari, Emelya Ayu
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.740

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi masyarakat terhadap amalan tarekat Naqsyabandiyah di Desa Suka Datang. Tarekat Naqsyabandiyah adalah salah satu tarekat sufi yang memiliki pengikut yang cukup banyak di Indonsia. Penelitian ini akan fokus pada bagaimana masyarakat di Desa Suka Datang memahami, mengamalkan, dan proses amalan-amalan yang dilakukan oleh pengikut tarekat ini. Metode penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai tekhnik pengumpulan data. Wawancara akan dilakukan dengan beberapa anggota tarekat Naqsyabandiyah dan juga masyarakat Desa Suka Datang yang tidak terlibat dalam tarekat ini. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikn gambaran yang jelas tentang persepsi masyarakat terhadap amalan tarekat Naqsyabandiyah di Desa Suka Datang. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang keberagaman keagamaan di Indonesia dan juga memberikan wawasan bagi masyarakat umu tentang tarekat Naqsyabandiyah.
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESETA DIDIK DI SMP IT RABBI RADHIYYAH REJANG LEBONG Komalasari, Bakti; Habibullah, Abdul Rahman; Handayani, Ayu Sri; Wulandari, Ayu
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.741

Abstract

Dalam dunia pendidikan yang memegang kunci dalam pembangkitan dan pengembangan daya kreativitas anak itu adalah seorang guru. Seorang guru yang ingin membangkitkan kreativitas pada anak-anak didiknya, harus lebih dahulu berupaya supaya ia sendiri kreatif. Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya meningkatkan minat belajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar pada anak SMP IT Rabbi Rahiyyah Rejang Lebong dan untuk mengetahui kesulitan guru dalam meningkatkan minat belajar pada anak SMP IT Rabbi Rahiyyah Rejang Lebong.Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan ada tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. dan subjek penelitian ini Guru pendidikan agama islam. Sumber data primer penulis dari hasil wawancara dengan guru pendidikan agama islam kellas VII, sedangkan data skunder penulis dari hasil dokumentasidokumentasi dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian ini di lapangan menunjukan bahwa, 1) kesulitan fasilitas dari sekolah. 2) Kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar dengan keterbatasan sarana dan prasarana di SMP IT Rabbi Rahiyyah Rejang Lebong berbeda-beda.
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALUR MERRDEKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI SKI DI MAN REJANG LEBONG Indrawari, Karliana; Kahfi, Muhammad Al; Agustia, Leoni; Hastuti, Miryana; Prasetio, Kgs Budi
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alur MERRDEKA dalam meningkatkan pemahaman pada materi Studi Keterampilan Islam (SKI) di MAN Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini berlandaskan pada kebutuhan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien, terutama dalam konteks peralihan dari pembelajaran konvensional ke Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka, terutama dalam pembelajaran SKI, telah membawa dampak positif. Proses pembelajaran yang menggunakan alur MERRDEKA memberikan fleksibilitas bagi peserta didik untuk belajar sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Guru juga merasakan kemudahan dalam menyampaikan materi dan mengadakan diskusi di kelas. Peserta didik menunjukkan respon positif terhadap pendekatan ini, menganggapnya lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Meskipun masih dalam tahap peralihan, implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong telah menunjukkan beberapa keberhasilan dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
INTEGRITAS NILAI-NILAI BUDAYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Buhari, Daudy; Endayana, Bestari; Siregar, Fitriani Siregar
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.743

Abstract

Integritas nilai-nilai budaya dalam pendidikan Islam merupakan pendekatan yang bertujuan untuk memperkaya proses pembelajaran dengan menggabungkan elemen-elemen budaya lokal ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan Islam. Pendekatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat identitas dan karakter peserta didik, tetapi juga untuk memastikan bahwa mereka memahami dan menghargai warisan budaya mereka. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya, pendidikan islam dapat lebih relevan dan kontekstual, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai metode dan strategi untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pendidikan Islam, serta dampaknya terhadap perkembangan moral dan spiritual peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa integrasi ini tidak hanya mempromosikan harmoni antara tradisi dan agama, tetapi juga mendukung pembentukan pribadi yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas.
ANALISIS METODE PEMBELAJARAN MICROTEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 STUDI KASUS IAIN CURUP Siswanto, Siswanto; Wijaya, Altoma; Tini, Tini; Mufidah, Ummi; Eliza, Veta
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v12i1.744

Abstract

Pembelajaran microteaching merupakan pelatihan tahap awal dalam membentuk kompetensi dan keterampilan mengajar melalui pengaktualisasikan kompetensi dasar mengajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas PAI 6G terlihat bawah masih banyak mahasiswa yang kurang publik speaking, mahasiswa masih teks book, mahasiswa yang kurang aktif, mahasiswa kurang percaya diri dan tidak menguasai materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis metode pembelajaran microteaching untuk mengembangkan potensi mahasiswa pai angkatan 2020 studi kasus iain curup. Penelitian ini menggunakan pendekatkan kualitatif, Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa PAI kelas 6G. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati, untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menemukan bahwa microteaching tersebut dapat mengembangkan potensi kemampuan dalam diri mahasiswa sebagai calon guru.Adapun temuan penelitian analisis metode pembelajaran microteaching untuk mengembangkan potensi mahasiswa pai angkatan 2020 studi kasus iain curup yaitu : mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik yakni kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan) dan afektif (nilai-nilai dasar atau sikap yang direfleksikan dalam berfikir dan bertindak). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah calon guru memiliki pengalaman melakukan pembelajaran dan kesiapan untuk melakukan praktik pendidikan disekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 3 (2025): Jurnal Literasiologi Vol 13 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi Vol 13 No 1 (2025): Jurnal Literasiologi Vol 12 No 5 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 12 No 4 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 12 No 3 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 11 No 1 (2024): Jurnal Literasiologi Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Literasiologi Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Literasiologi Vol 9 No 4 (2023): Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Literasiologi Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Literasiologi Vol 8 No 4 (2022): Jurnal Literasiologi Vol 8 No 3 (2022): Jurnal Literasiologi Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Literasiologi Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 3 No 4 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 3 No 3 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Literasiologi Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Literasiologi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi More Issue