Jurnal Literasiologi
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi"
:
13 Documents
clear
PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA AIR RAMAN KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG
Nursanti, Titi;
Nurjannah, Nurjannah
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.760
Akhlak merupakan hasil dalam membina dan melatih dengan sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi rohaniah yang terdapat dalam diri manusia. Jika pembinaan akhlak itu dirancang dengan baik, sistematika yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan anak-anak atau orang-orang baik akhlaknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatifbersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Bardasarkan hasil penelitian Peran orang tua anak di Desa desa Air Raman Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang dalam pembinaan akhlak lingkungan keluarga dilakukan dengan berperan sebagai pengawas,pembimbing, dan tauladan. Mahka penulis menyimpulkan bahwa Para orang tua di Desa desa Air Raman Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang belum memenuhi dalam pembinaan ahklak anak belum memenuhi harapan.
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 11 KEPAHIANG
Ikaddmi, Ikaddmi;
Nurjannah, Nurjannah
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.761
This study discusses the efforts of Islamic religious education teachers in fostering the morals of students at SD Negeri 11 Kepahiang. The purpose of this study was to determine the efforts of Islamic religious education teachers in fostering the morals of students at SD Negeri 11 Kepahiang. This research method is a qualitative method, namely by conducting an observation, interview, and documentation approach. From the results of this study, it can be concluded that Islamic religious education teachers at SD Negeri 11 Kepahiang carry out coaching through moral coaching that can be formed through habits that are carried out in a small history and take place continuously. Moral coaching through role models, good morals cannot only be formed with lessons, intrusions and prohibitions and effective moral coaching can be done by paying attention to the psychological factors of the targets to be fostered, from the results of the study, SD Negeri 11 Kepahiang is categorized as quite good, this can be seen from the coaching process carried out by Islamic Religious Education Teachers.
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA SISWA
Yuliza, Midya;
Taqiyuddin, Muhammad
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.764
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter pada siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif dengan kajian dokumen.Kajian dokumen dianggap sebagai analisis dokumen, yang terdiri buku, artikel, internet dan bahan-bahan yang sesuai dengan penelitian.Adapun cara-cara dalam pengumpulan datanya. Pertama, melalui kajian kepustakaan yang sesuai dengan bahan yang akan diteliti. Kedua, setelah datadata telah diperoleh oleh peneliti, maka selanjutnya menganalisis datanya melalui metode deskriptif sesuai dengan pemahaman penulis dalam melakukan kajian ini. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa karakter adalah kumpulan tata nilai yang menuju pada suatu sistem, yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku yang ditampilkan.Dan Karakter berkaitan dng kekuatan moral, berkontraksi “positif”, bukan netral.Orang berkarakter adalah orang yang mempunyai kualitas moral pendidikan agama.Dengan demikian pendidikan agama sangat berperan penting dalam pembentukan moral positif untuk orang- orang.
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT
Umami, Ema;
Sutarto, Sutarto
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.765
Pendidikan merupakan serangkaian kegiatan interaksi yang bertujuan, antara manusia dewasa dan peserta didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan peserta didik seutuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan agama dalam keluarga dan masyarakat, serta manfaat pendidikan dalam lingkungan masyarakat. Metode penulisan menggunakan studi kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Studi literatur yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, majalah, artikel, dan jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Sehingga informasi yang didapat dari studi kepustakaan ini dijadikan rujukan untuk memperkuat argumentasi- argumentasi yang ada.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA SMP NEGERI 02 SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG
Miswani, Miswani;
Nurjannah, Nurjannah
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.766
Penelitian ini membahas yaitu tentang Implementasi Pemebelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Negeri 02 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Implementasi Pemebelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 02 upaya membentuk karakter islami siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran umum tentang hal-hal yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami di SMP Negeri 02 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Sumber data dalam penelitian ini adalah diperoleh dari data primer dandata sekunder. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa, observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang dimiliki siswa di SMP Negeri 02 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang secara umum bisa dikatakan baik atau positif meskipun mereka berasal dari lingkungan yang berbeda-beda. Hal ini dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah, tetapi masih dalam batas kewajaran. Implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PAI DI SD NEGERI 01 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG
Jusnita, Silvia;
Yanuarti, Eka
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.767
Seorang guru yang kreatif juga harus pandai-pandai menerapkan metode yang sesuai dan bervariasi yang yang mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk mengikuti pelajaran dengan perhatian dan minat belajar yang besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. . Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini ada 3 yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu mengembangkan ide-ide yang baru dalam pembelajaran baik menggunakan metode, media, maupun strategi.Minatbelajar siswa, dapat meningkat dengan mengkombinasikan berbagaimacam metode pembelajaran yang bervariatif saat pembelajaranberlangsung. Kreativitas yang dilakukan guru PAI dalam proses pembelajaran yaitu mengkombinasi metode ceramah,demonstrasi, tanyajawab, diskusi, dan pemberian tugas. Di dalam proses pembelajaran minat belajar siswa sangat penting, karena dengan adanya minat belajar, proses pembelajaran di SD Negeri 01 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang bisa berlangsung dengan maksimal.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SD NEGERI 03 TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG
Rofiah, Desy;
Taqiyuddin, Muhammad
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.768
Pendidikan merupakan proses belajar yang tak akan ada berhentinya. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk memperoleh pendidikan yang mana kita biasanya mengetahui bahwa pendidikan identik dengan dunia ini dapat kita peroleh nilai-nilai pendidikanya. Pendidikan Islam salah satu komponen utama yang berperan penting dalam menanamkan akhlak mulia kepada peserta didik adalah guru. Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat penting. Gurulah faktor utama yang menentukan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif, penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentuyang diperoleh penelit dari objek yang berupa individu, operasional atau perspektif yang lain. Sumber data pada penelitian ini yaitu, data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif. Program pengembangan akhlakul karimah di SD Negeri 03 Tebat Karai diantaranya adalah hubungan kepada Allah dengan membiasakan taat ibadah baik yang sunnah maupun yang wajib. Hubungan pada sesama dengan terbiasa berperilaku sopan santun, menghormati dan menghargai orang lain.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 08 SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG
Yandi, Roni;
Nurjannah, Nurjannah
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.769
Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmani maupun rohani, menumbuh suburkan kehidupan harmonis setiap pribadi dengan Allah,manusia dan alam semesta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran umum tentang hal-hal yang berkaitan problematika serta solusi bagi kepala sekolah dan guru PAI dalam pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini . Anak didik Kurangmemperhatikan akan pentingnya belajar, Pendekatan pembelajaran: cenderung pedagogis yang implikasinya adalah muncul perlakuan intimidatif pendidik terhadap anak didik dalam proses pembelajaran agama Islam, Metode pembelajaran Kurang variatif dan cenderung monoton yaitu hanya memakai metode ceramah dan metode diskusi saja,Lingkungan keluarga dimana orang tua anak didikkurang memperhatikan keadaan anaknya dalam pendidikannya, Praktik kebiasaan masyarakat dilapangan kurang mencerminkan nilai keIslamian, Media pembelajaran Keadaan media atau sarana penunjang pembelajaran kurang memadai dan masih minim. Perencanaan pembelajaran yang ada kurang begitu baik dimana pendidik yang akan mengajar tidak mempersiapkan apa yang akan dilaksanakan di kelas.Pelaksanaan perencanaan pembelajaran Tidak disiapkannya hal-hal yang perlu disiapkan oleh pendidik sebelum mengajar telah berakibat terhadap pelaksanaan pembelajran agama Islam dikelas tidak terlaksana dan terarah dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
STRATEGI MANAJEMEN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN ETIKA BERBASIS AGAMA DI SDIT NURUL ILMI JAMBI
Sumirah, Sumirah;
Surayya, Ely
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.770
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan strategi manajemen karakter religius serta dampaknya terhadap pembentukan etika berbasis agama di SDIT Nurul Ilmi Jambi. Melibatkan metode penelitian kualitatif, penelitian ini akan mengeksplorasi implementasi kurikulum berbasis agama, kegiatan ekstrakurikuler, peran guru dan karyawan, keterlibatan orang tua, serta sistem monitoring dan evaluasi dalam upaya pembentukan karakter siswa. Matriks analisis akan digunakan sebagai alat utama untuk merinci setiap komponen strategi manajemen karakter dan dampaknya pada etika berbasis agama. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai efektivitas strategi manajemen karakter religius di SDIT Nurul Ilmi Jambi serta memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kualitas pembentukan karakter dan etika siswa. Penelitian ini memiliki relevansi signifikan dalam konteks pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam terpadu.
KONTRIBUSI GURU TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN DI TPQ AL-IKHSAN DI DESA WATAS MARGA
Maryati, Ana;
Umah, ewi Ijatul;
Ranita, Dini;
Safitri, Duwi Maya;
Kurniawati, Emi
Jurnal Literasiologi Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47783/literasiologi.v12i2.771
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca al-quran di TPQ Al-Ikhsan di desa watas marga dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca Al-quran di TPQ Al-Ikhsan di desa watas marga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan subjek dari penelitian ini meliputi guru TPQ, santri al-ikhsan dan orang tua. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Kesimpulan menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), dan menarik Kesimpulan.Hasil penelitian yang dilakukan di TPQ Al-Ikhsan desa Watas Marga, menunjukkan bahwa guru TPQ berperan penting dalam pembelajaran membaca Al-Quran melalui pendekatan pedagogis yang efektif, penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, serta memotivasi yang diberikan kepada santri. Selain itu, interaksi yang baik antara guru dan santri juga berkontribusi signifikan dalam proses pembelajaran. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran yaitu minimnya sumber daya, keterampilan guru dan dukungan orang tua. Faktor pendukung berasal TPQ yang memberikan keluasan untuk guru TPQ menggunakan berbagai kontribusi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran pada peserta didik, kualitas guru, fasiltas yang memadai, lingkungan yang positif.