cover
Contact Name
Muryan Awaludin
Contact Email
simi@unsurya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
simi@unsurya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
ISSN : 23559675     EISSN : 25413228     DOI : 10.35968
Core Subject : Science,
Topik dari jurnal sistem informasi ini adalah semua yang berkaitan dengan bidang ilmu sistem informasi.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma" : 23 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM PENGARSIPAN PADA BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDERAL BINA KONSTRUKSI KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT Hepi Nuryadi; Yulisa Gardenia
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1080

Abstract

ABSTRAKArsip didalam pengelolaanya secara konvensional memerlukan tempat ruang penyimpanan yang cukup luas, selain itu memerlukan sumber daya manusia yang mengerti didalam pengelolaan arsip seperti arsiparis. Maka untuk membantu kita didalam pengelolaan arsip, dan pencarian arsip saat dibutuhkan diperlukan sistem informasi yang dapat mengelola arsip dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada tanpa melupakan unsur estetis dan user friendly. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau analisis berorientasi objek dengan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian ini adalah arsip yang diinput di dalam aplikasi melalui sistem database dapat dipantau keberadaannya dan dapat dicari dengan mudah dalam waktu yang singkat dan untuk pengembangan sistem kearsipan ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan para stakeholder, dan dapat digunakan dengan mudah tanpa mengurangi nilai estetika sebuah website dan kemudahan didalam penggunaanya Kata Kunci: Perancangan Sistem Pengarsipan, Object Oriented Analysis, UML
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG JADI MENGGUNAKAN METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO) PADA PT RUBBERMAN INDONESIA Hendarman Lubis; Aida Fitriyani; Mokhammad Hadi Prayitno
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1071

Abstract

First In First Out (FIFO) adalah metode persediaan dengan ketentuan, yaitu barang yang pertama kali masuk akan dijual atau dikeluarkan terlebih dahulu, sedangkan barang yang terakhir masuk akan dijual atau dikeluarkan nanti. Pencatatan yang dilakukan pertama kali adalah pencatatan barang persediaan yang pertama kali masuk. Nilai persediaan yang disajikan dalam jenis-jenis laporan keuangan dengan metode FIFO berdasarkan nilai harga yang paling baru. PT. Rubberman memiliki gudang untuk menyimpan stok barang jadi (finish good). Dalam kinerjanya terdapat prosedur yang masih belum terorganisasi dengan baik bagi ruang lingkup kerja pada gudang barang jadi, dimana data persediaan dicatat pada kartu stok. Selain itu untuk memonitoring pengeluaran barang, petugas persediaan barang jadi/ admin mengecek setiap harinya jumlah barang yang keluar.  Sering terjadinya salah input barang (finish good) yang masuk ke gudang dan keluar pada saat muat barang ke mobil, dikarenakan barang yang masuk dan keluar dari gudang masih dicatat manual,  untuk melihat stok barang yang tersedia admin gudang harus mengecek barang secara fisik di gudang, selain itu PT. Rubberman Indonesia juga sering mengalami kelebihan persediaan barang (finish good), sehingga mengakibatkan menumpuknya stok barang di gudang dan mengakibatkan kerusakan barang yang disimpan pada gudang terlalu lama.Oleh karena itu dibuatlah sistem Informasi Persediaan Stok Barang jadi Menggunakan Metode FIFO agar dalam pengelolaan data persediaan barang mampu mencegah terjadinya barang kadaluarsa atau menumpuk sehingga pekerjaan dapat lebih cepat, efektif dan terkontrol. Kata kunci: Sistem Informasi, FIFO, Persediaan, Barang Jadi.
IMPLEMENTASI DIRECT DEBIT SEBAGAI BAGIAN DARI PENERAPAN DIGITAL WALLET DALAM METODE PEMBAYARAN Hari Mantik
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1085

Abstract

AbstractDirect debit is an e-commerce payment method as part of a digital wallet which is an important phenomenon in the current Internet of things 4.0 era. How e-commerce changes marketing, how e-commerce changes financial transactions, and how e-commerce becomes an important part of people's daily lives is one of the objectives of this research. This study emphasizes how the noble direct debit implementation cycle process is from initialization, development, testing, to implementation and monitoring of direct debit products at one of the leading banks in Indonesia in collaboration with telecommunication networks as its clients. The purpose of this research is to explore the development cycle through the system development life cycle so that the strategic steps will be exposed keywords: Direct Debit, e-Comerce, SDLC
PENGEMBANGAN APLIKASI ARSIP DIGITAL DI PT KYOEI DENKI INDONESIA DENGAN METODE WATERFALL Dewi Estri Jayanti H; Nur Rachma
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1076

Abstract

Arsip digital telah menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan dalam mengelola dan menyimpan informasi secara efisien. PT Kyoei Denki Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur, menyadari pentingnya peralihan dari arsip fisik menjadi arsip digital untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas informasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi arsip digital di PT Kyoei Denki Indonesia dengan menggunakan metode waterfall. Metode waterfall merupakan salah satu model SDLC (System Development Life Cycle) yang sering digunakan dalam pengembangan sistem informasi atau perangkat lunak. Pemilihan metode waterfall dalam penelitian ini melibatkan tahap-tahap pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan terurut. Tahapan-tahapannya meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Penelitian ini berhasil dilakukan dan sistem kearsipan di PT Kyoei Denki Indonesia yang diberi nama Aplikasi Arsip Digital KDI (AAD-KDI) telah berhasil diimplementasikan sehingga sistem kearsipan ini dapat mengoptimalkan pengelolaan arsip, meningkatkan efisiensi proses, dan mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan data arsip. Aplikasi arsip digital ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam pengelolaan arsip perusahaan. Kata kunci: Aplikasi Arsip Digital, Kyoei Denki Indonesia, Metode Waterfall
ANALISIS PENGARUH 5 DIMENSI DIGITAL MENUBOARD DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN CEPAT SAJI “XYZ” David Winata Winata; Yoke Lucia Renica Rehatalanit
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1090

Abstract

AbstraksiAnalisis pengaruh digital terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Cepat Saji XYZ ini menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh karakteristik pelanggan dengan persepsi dan harapan pelanggan terhadap digital restoran ini. Penelitian dilakukan pada 3 cabang Restoran XYZ yang sudah menggunakan Digital Menuboard di Jakarta diantaranya : cabang Atrium, cabang Kemang, dan cabang Blok M Square. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antar variable service quality dalam 5 dimensi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy dengan kepuasan pelanggan.  Kata kunci: Servqual, Digital, Kepuasan Pelanggan, Restoran Cepat Saji, Regresi Linier Berganda
PERANCANGAN BAHAN PELATIHAN BERBASIS WEBSITE DI KEJURUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA BEKASI Faizal Riza; Dannie Febrianto Hendrakusuma; Rachmat Setiabudi; Anindito Kusumo Birowo; Cahyono Koerniawan Hidayat
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1081

Abstract

 AbstractBalai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi is a training place for government-owned skills or expertise under the auspices of the Ministry of Manpower headed by Echelon II government officials. In the Center for Job Training Development (BBPLK) Bekasi, there are various kinds of vocational training, one of which is the Information and Communication Technology Vocational School. In the Information and Communication Technology (ICT) Vocational School there are 5 (five) training programs, namely: Graphic Design, Motion Graphic Artist, Network Professional, Mobile Programming and IT Software For Business Solution. In this vocational school, they still use the manual method in processing data on training materials stored in the warehouse. The method used is by filling out the training material expenditure form, then the form is stored in their respective archive folders. This system has been running well but still has weaknesses, including if the admin is asked to find training material data quickly, the admin will have difficulty finding one by one archive that has been stored and takes a long time and taking training materials that are not in accordance with the training program and possibly there is a missing file. The research method uses data collection by means of observation, interviews and literature study. So with the design of a website-based training material inventory information system, it can make it easier to find data on the availability of training materials according to the training program and make the work process of checking training materials more effective and efficient. Keywords : training materials, system, information, inventory, website..
SISTEM INFORMASI POINT OF SALE BERBASIS WEB PADA DAPUR CARINGIN TILU BANDUNG Alcianno G Gani; Prila Furtuna Dewi; Agus Sugiharto
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1072

Abstract

Dapur Caringin Tilu merupakan salah satu tempat usaha yang bergerak dibidang kuliner yang berlokasi di kota Bandung. Dengan kemajuan teknologi informasi, pengaksesan terhadap data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan cepat, efisien serta akurat. Proses transaksi dan pengelolaan pada Dapur Caringin Tilu masih menggunakan pencatatan secara manual yang sering kali terjadi kesalahan dan keterlambatan dalam proses pembuatan laporan dan juga beresiko besar dalam keamanan data. Website adalah kumpulan halaman-halaman yang di gunakan untuk menampilkan informasi baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian saling terkait, yang di hubungkan oleh jaringan-jaringan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi point of sales berbasis web yang mudah digunakan dalam proses transaksi serta pembuatan laporan harian. Dimana metode yang digunakan yaitu SDLC waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan databse MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem informasi point of sales berbasis web ini dapat mendokumentasikan pencatatan laporan data penjualan yang lebih akurat. Sistem informasi ini dapat digunakan oleh tiga users yaitu, admin, kasir, dan owner. Sistem Informasi Point of sales berbasis web pada Dapur Caringin Tilu Bandung, dapat mempermudah proses transaksi, menghitung harga total yang telah dipesan, dan proses pembukuan penjualan sudah secara otomatis tersimpan pada sistem sehingga dapat membantu admin atau owner untuk melihat hasil penjualan setiap hari sebagai dokumentasi. Kata Kunci: Dapur Caringin Tilu, Website, Laravel, Point Of Sales, SDLC Waterfall, PHP, MySQL
MENGENAL HACKING SEBAGAI SALAH SATU KEJAHATAN DI DUNIA MAYA Indah Sari
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1086

Abstract

AbstractHacking categorized as one of the cybercrime because hacker is a person specialized in programming that can hack a security system in computer or network for a certain purpose. A hacker generally have the knowledge about computer, programming, network, and also hardware. In a cyberworld, hacker is someone which can perform hacking to any device like computer, webcam, smartphone, and router. A hacking that can cause damage to someone is considered as a criminal activity. From this background, the writer elevates two problem from this case. First, why hacking categorized as a cybercrime? Second, how Public Law see hacking as a cybercrime? The kind of typing that the writer uses in this research is descriptive research (describing an object and taking simple conclusion from it) with secondary data and use statute approach, case approach, and conceptual approach. This kind of technique is collected by library research  and the data will be analyzed qualitatively. As for the study result, it consists of: the writer found how to distinguish hacking criteria that can be categorized as cybercrime dan see hacking from Public Law perspective Keywords: Hacking, Hacker, Cybercrime, and Public Law
REALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN METAVERSE DI ERA DIGITAL Peniarsih Peniarsih; Iswandir Iswandir
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1077

Abstract

The use of digital information technology or commonly called the internet who already have various platforms such as social media, is wronga medium where users of the platform can search for something data or information, exchanging roles and feedback online. as seen from a variety of popular digital media at this time namely facebook, instagram, twitter, whatsapp, line, bbm, snapchat and some other social media platforms. Hermawan (2009) states that greetings the use of social media can also easily create a forum where individuals communicate and exchange ideas with each other. This will help each personal communicate and comment on various kinds of discussion discussed by people others very easily. Each personal can also build a opinions, emotions and comments through several inside viewpoints exchange ideas with others on social media platforms, that is can allow us to draw conclusions and comment on it spontaneous. In this era, cell phones have turned into smart phones in its role is not only a tool for calling or sending instant messaging, but turned into an advanced technology with additional the latest and revolutionary applications to facilitate delivery information between users. Such rapid progress provide new views that have an impact on the rise of renewal smartphone in this digital era. Keywords: Metaverse, Digital , Realisasi, Informacion Teknologi
MEDIA EDUKASI DENGAN AUGMENTED REALITY MENYUSUN KATA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR Muhammad Fajrian Noor
JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma
Publisher : Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35968/jsi.v10i2.1091

Abstract

ABSTRAKDi era perkembangan teknologi informasi pada saat ini, banyak teknologi informasi yang dapat di manfaatkan untuk media edukasi salah satunya adalah teknologi Augmented Reality(AR). Teknologi Augmented Reality(AR) adalah sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dari segi strategis, pemanfaatan teknologi Augmented Reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi Augmented Reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat meningkatkan minat peserta didik untuk dapat menghafalkan kosa kata bahasa inggris karena melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam media edukasi dengan Augmented Reality. Dalam prosesnya anak Sekolah dasar kelas 3 Sekolah Dasar menyusun sebuah kata dalam bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah, dimana ketika proses scan sebuah marker kata yang di susun itu benar maka objek 3 dimensi perabot rumah tangga akan muncul di dunia nyata. Dari hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan aplikasi media edukasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality ini, siswa seolah-olah dihadapkan pada objek perabot rumah tangga dan peralatan sekolah secara nyata sehingga proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan dapat membuat anak lebih mudah dalam menghafalkan kosa kata bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah. Kata Kunci: Augmented Reality, Kosa Kata Bahasa Inggris, Media Edukasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2025): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 12 No 1 (2025): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 11 No 2 (2024): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 11 No 1 (2024): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 2 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 10, No 1 (2023): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 9, No 2 (2022): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 9, No 1 (2022): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 8, No 2 (2021): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 8, No 1 (2021): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 7, No 2 (2020): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 7, No 1 (2020): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 6, No 2 (2019): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 6, No 1 (2019): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 5, No 2 (2018): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 5, No 1 (2018): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 4, No 2 (2017): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 4, No 1 (2017): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 3, No 2 (2016): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 3, No 1 (2016): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 2, No 2 (2015): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 2, No 1 (2015): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma Vol 1, No 1 (2014): JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma More Issue