cover
Contact Name
Hadi Kurnia Saputra
Contact Email
hadiksaputra@ft.unp.ac
Phone
+62751-444614
Journal Mail Official
voteteknika@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNP Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika)
ISSN : 23023295     EISSN : 27163989     DOI : -
Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika (VoteTEKNIKA) is a peer-reviewed, scientifc journal published by Department of Electronics Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, Indonesia. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of Vocational Education, Electronics Engineering and Informatics. Jurnal Vocational Elektronika dan Informatika (VoteTEKNIKA) is published twice in one year in March and September with the scopes and focus of the research, but it is not limited to : Vocational Education, Electronics, Telecommunication, Robotic Instrumentation, Control Systems, Artificial Intelligence , Internet of Things, Information Systems, Data Mining, Expert Systems, Mobile Technology & Applications, Web Technology, Computer Network, Network Management and Security, Computer & Embedded System, IT Governance, Enterprise Resource Planning, Software Testing, Modeling and Simulation
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020" : 19 Documents clear
Pengembangan Digital Marketing Online Training Berbasis Learning Management System Moodle Bagi Mahasiswa Wirausaha UNP Nilam Agsera; Muhammad Adri
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.109498

Abstract

Tingkat partisipasi mahasiswa dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang masih rendah, 1% dari total mahasiswa, meskipun Pimpinan Universitas telah mengambil beberapa kebijakan terkait peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha, seperti menjadikan Kewirausahaan sebagai Mata Kuliah Wajib Universitas, membentuk Unit Pelayanan Teknik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan serta berbagai program wirausaha mahasiswa. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk hasil wirausahanya. Pengembangan aplikasi pelatihan daring Digital Marketing (DM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk wirausahanya. Digital Marketing Online Training (DMOT) ini menjadi sarana belajar mandiri berbasis Learning Management System (LMS) Moodle, yang sekaligus menjadi pendukung program wirasuaha kampus. DMOT dikembangkan menggunakan Model Instruksional ADDIE. DMOT ini telah menghasilkan sebuah sumber belajar mandiri Digital Marketing bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil ujicoba diperoleh data 85% pengguna menyatakan terbantu dengan DMOT ini dan telah mampu meningkatkan keterampilan TIK peserta untuk diimpelemetasikan dalam usahanya.Kata kunci : Kewirausahaan Mahasiswa, Digital Marketing, LMS Moodle, DMOT, ADDIE. 
Analisis User Satisfaction Terhadap Kualitas Layanan Portal akama.ft.unp.ac.id Menggunakan Metode Webqual 4.0 Kharisma Yanti; Dedi Irfan
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.110330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas portal akama.ft.unp.ac.id serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna tersebut. Metode yang digunakan adalah metode webqual 4.0 yang meliputi tiga dimensi yaitu variabel usability, information quality, dan service interaction quality. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas usability  yang paling baik adalah kemudahan penggunaan dengan capaian sebesar 71,4% sedangkan yang paling rendah adalah tampilan website yang atraktif dengan capaian sebesar 39,1%, information quality yang paling baik adalah penyajian informasi yang detail dengan capaian sebesar 80,2% sedangkan yang paling rendah adalah informasi yang mudah dipahami dengan capaian sebesar 26,93%, service interaction quality  yang paling baik adalah reputasi website dengan capaian 82,4% sedangkan yang paling rendah adalah komunikasi dengan pengelola situs dengan capaian 39,6%, dengan persentase kontribusi terhadap user satisfaction (Y) adalah usability (X1) sebesar 38,81%, information quality (X2) sebesar 26,32%, dan service interaction quality (X3) adalah sebesar 8,7%.Kata kunci : user satisfaction, akama.ft.unp.ac.id, webqual 4.0.
Analisis Kelayakan Trainer Mikrokontroler ATMEGA328 Sebagai Media Pembelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler Dheriza Ananda; Edidas Edidas
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.109937

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer mikrokontroler ATmega328 sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini berbentuk  trainer dan job sheet  yang digunakan sebagai penunjang praktikum pada mata pelajaran mikroprosesor dan mikrokontroler jurusan teknik elektronika industri di SMK N 1 Sumatera Barat. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif adalah metode yang dipakai dalam penelitian ini. Objek  pada penelitian ini berupa media pembelajaran mikrokontroler ATmega328 yang berbentuk trainer dan job sheet. Pengujian  kelayakan dilakukan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil pada penelitian ini adalah  tingkat kelayakan dari media pembelajaran trainer mikrokontroler ATmega328. Dari hasil penilaian yang dilakukan pada ahli materi dan ahli media didapatkan data tingkat kelayakan media trainer dan jobsheet . Pada validasi ahli materi memperoleh tingkat kelayakan  dengan persentase 76,20%  dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase 86,60% dengan kategori sangat layak.Kata Kunci : Media pembelajaran, trainer, mikrokontroler
Sistem Pendukung Keputusan Aplikasi Electronic-Orang Tua Asuh Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Elfi Tasrif; Muhammad Hanafi Prasyah; Denny Kurniadi; Hadi Kurnia Saputra; Akrimullah Mubai; Tri Yuli Pahtoni
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.110219

Abstract

Pendidikan memegang peran utama dalam proses pengembangan potensi diri anak. Orang tua memiliki kewajiban dalam memberikan pendidikan yang layak untuk anaknya. Memperoleh pendidikan sebagai warga Negara tidak terlepas dari biaya pendidikan. Sehingga sebagian orang tua tidak dapat memenuhi kewajibannya karena faktor ekonomi yang lemah. Pemerintah hanya menanggung biaya pendidikan warga Negara hingga jenjang pendidikan dasar. Peran masyarakat beserta pegawai akademik di perguruan tinggi dalam meringankan beban biaya pendidikan mahasiswa dapat disebut sebagai donatur. Peran donatur sangat diharapkan agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan meringankan beban biaya pendidikan. Sistem Informasi E-ORA (Electronic-Orangtua Asuh) dibangun dengan tampilan berbasis Android yang berperan sebagai sarana penyaluran donasi, sehingga dapat membantu donatur dalam memberikan bantuan terhadap mahasiswa yang kurang mampu. Sistem ini dibangun menggunakan metode Simple Additive Weighting untuk menentukan rekomendasi mahasiswa terbaik berdasarkan kriteria, menggunakan bahasa pemograman Java dan khusus digunakan oleh pengguna platform Android.
Sistem Informasi Pengelolaan Layanan Kajian Dhuha Berbasis Web Universitas Negeri Padang Irman Dianto; Elfi Tasrif
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.109825

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pengelolaan layanan kajian dhuha qatulistiwa islam berbasis web. Qatulistiwa Islam adalah Unit Kegiatan Kerohanian merupakan salah satu Badan Semi Otonom dari Unit Kegiatan Kerohanian, yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kajian dhuha dalam pembinaan mental rohani mahasiswa baru dilingkungan Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan dengan menggunakan framework Laravel 7 dan basis data MySQL. Hasil yang didapatkan dari pembuatan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan sistem informasi pengelolaan layanan kajian dhuha qatulistiwa islam berbasis web menggunakan teknik MVC (Model View Controller). Manfaatnya tugas akhir ini adalah membantu qatulistiwa islam dalam menyelenggarakan kegiatan kajian dhuha yang lebih efektif.Kata kunci : Qatulistiwa Islam, Sistem Informasi, Kajian Dhuha, framework Laravel , MySQL. 
Aplikasi Android Pengklasifikasi Semantik Teks Menggunakan Tensorflow Lite Pada Ringkasan Karya Ilmiah Adam Permana; Khairi Budayawan
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.110349

Abstract

Perkembangan neural network di era industri 4.0 semestinya dapat membantu berbagai bidang pekerjaan, salah satunya literatur karya ilmiah. Permasalahanya adalah karya tulis ilmiah masih menggunakan penyortiran tema/semantik secara manual. Tujuan dari studi ini adalah untuk membangun aplikasi klasifikasi semantik teks yang memungkinkan pengguna melakukan penyortiran berdasarkan tema/semantik menggunakan model neural network yang disematkan pada ponsel cerdas. Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall yang didalamnya terdapat analisis dan perancangan sistem. Aplikasi mengimplementasi fitur text recognition dari Firebase ML-Kit. Pengembangan model menggunakan metode atau pendekatan umum siklus machine learning yang terdiri dari identifikasi data, persiapan data, pemilihan algoritma, pelatihan model, evaluasi model dan deploy model.  Model dibangun menggunakan data abstrak karya ilmiah dari Perpustakaan Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang. Dari total data didapatkan 84 data latih dan 21 data uji menggunakan perbandingan 80:20 persen untuk uji validasi. Model neural network menggunakan spesifikasi AverageWordVec yang disediakan oleh Tensorflow Lite Model Maker dengan 3 output klasifikasi. Uji validasi model mencapai 0.7619 nilai akurasi dengan 0.7782 nilai loss. Model di eksekusi menggunakan interpreter Tensorflow Lite yang tertanam pada aplikasi. Hasil aplikasi memenuhi keseluruhan analisis kebutuhan fungsional sistem.Kata kunci : Tensorflow Lite, ML-Kit, Neural Network, Semantik Teks
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Novi Sulviana; Hanesman Hanesman
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.109972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk Nonequivalet Control Group Design dimana kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random melainkan dengan tujuan tertentu yaitu melihat kesetaraan antara kedua kelas, diambil kelas X TPTU A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,18 berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,888 dimana lebih besar daripada ttabel = 1,717. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran DLE di SMKN 3 Pariaman.Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, DLE,  Hasil Belajar . 
E-Coffee, Aplikasi Pemasaran Kopi Lokal Sumatera Barat Berbasis Web Kurnia Diana Putri; Denny Kurniadi
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.110231

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pemasaran kopi di Sumatera Barat serta memberi kemudahan dalam pemasaran kopi bagi petani kopi dan tersedianya informasi penjual kopi bagi penggiat kopi atau pemilik kafe kopi. Perancangan dan pengembangan sistem informasi ini menggunakan model Business System Planning (BSP), yaitu metode yang berkaitan dengan upaya bagaimana sistem informasi seharusnya distrukturkan, diintegrasikan dan diimplementasikan oleh organisasi dalam jangka panjang. Hasil riset menunjukkan, rancangan sistem E-Coffee memerlukan fasilitas terkait layanan pengelolaan informasi pemasaran kopi, pengelolaan pemasaran/promosi, layanan pemesanan dan penjualan, pengelolaan jasa perendang dan kafe kopi serta pengelolaan tester dan review. Sistem dikembangkan menggunakan framework codeigniter berbasis PHP yang mengintegrasikan semua layanan menjadi suatu aplikasi berbasis web yang utuh dan mampu membantu kelancaran usaha kopi.Kata kunci : Sistem Informasi, Pemasaran, Kopi, Framework Codeigniter
Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru berbasis Web dengan menggunakan Framework Codeigniter Anita Yusmar; Geovanne Farell
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.109865

Abstract

Guru di SMK Negeri 2 Padang Panjang diharuskan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  yang baik dalam menerapkan kompetensi yang dimiliki. Penilaian kinerja guru di SMK Negeri 2 Padang Panjang memiliki beberapa masalah yang dapat menghambat dalam proses penilaian kinerja guru. Penilaian kinerja guru masih menggunakan sistem penilaian yang konvensional yaitu menggunakan Ms. Office Excel, sehingga akan menyulitkan proses perhitungan, dan perekapan data dokumen pendukung penilaian kinerja guru. Hal tersebut dapat menyebabkan proses penilaian kinerja guru menjadi kurang efektif. Sebuah sistem informasi sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka penulis membuat Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru berbasis Web menggunakan Framework Codeigniter 3 agar memudahkan dalam pendataan, proses perhitungan nilai, perekapan dokumen pendukung dan pembuatan laporan. Metode penilaian yang dilakukan adalah studi lapangan meliputi observasi dan wawancara. Metode yang digunakan adalah Protoype Model.Kata Kunci : Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Guru, Framework Codeigniter 3
Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Bimbingan Belajar Exis Berbasis Android Mutia Ningsi; Dedy Irfan; Efrizon Efrizon
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v8i4.110354

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam kehidupan terutama bidang teknologi informasi. Kemajuan teknologi juga berpengaruh di bidang seluler, salah satu fungsinya menjalankan berbagai aplikasi Android dan mendapatkan informasi. Bimbingan belajar Exis dalam pengelolaan data siswa masih ditulis secara manual. Proses pendaftaran siswa  masih menggunakan kertas formulir dan belum menggunakan media alternatif seperti aplikasi Android. Perancangan sistem informasi ini dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language). Perancangan dibangun dari sisi client dan server. Dari sisi client menggunakan Android dan web sebagai server dengan database MySQL, dan editornya yaitu Sublime Text 3. Tujuan sistem informasi akademik ini diharapkan menghasilkan sistem informasi berbasis Android yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data, pendaftaran, pengelolaan jadwal, absensi siswa, penilaian siswa serta memberikan informasi profil, paket dan berita bimbingan belajar Exis.Kata kunci: Sistem Informasi, bimbingan belajar Exis, Android, Client-Server.

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 3 (2025): Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 13, No 2 (2025): Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 13, No 1 (2025): Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 12, No 4 (2024): Vol. 12, No 4, Desember 2024 Vol 12, No 3 (2024): Vol. 12, No 3, September 2024 Vol 12, No 2 (2024): Vol. 12, No 2, Juni 2024 Vol 12, No 1 (2024): Vol. 12, No 1, Maret 2024 Vol 11, No 4 (2023): Vol. 11, No 4, Desember 2023 Vol 11, No 3 (2023): Vol. 11, No 3, September 2023 Vol 11, No 2 (2023): Vol. 11, No 2, Juni 2023 Vol 11, No 1 (2023): Vol. 11, No 1, Maret 2023 Vol 10, No 4 (2022): Vol. 10, No 4, Desember 2022 Vol 10, No 3 (2022): Vol. 10, No 3, September 2022 Vol 10, No 2 (2022): Vol. 10, No 2, Juni 2022 Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022 Vol 9, No 4 (2021): Vol. 9, No 4, Desember 2021 Vol 9, No 3 (2021): Vol. 9, No 3, September 2021 Vol 9, No 2 (2021): Vol. 9, No 2, Juni 2021 Vol 9, No 1 (2021): Vol. 9, No 1, Maret 2021 Vol 8, No 4 (2020): Vol. 8, No 4, Desember 2020 Vol 8, No 3 (2020): Vol. 8 No. 3 September 2020 Vol 8, No 2 (2020): Vol. 8 No. 2 Juni 2020 Vol 8, No 1 (2020): Vol 8, No 1, Maret 2020 Vol 7, No 4 (2019): Vol. 7 No. 4 Desember 2019 Vol 7, No 3 (2019): Vol. 7 No. 3 September 2019 Vol 7, No 2 (2019): Vol. 7 No. 2 Juni 2019 Vol 7, No 1 (2019): Vol. 7 No.1 Maret 2019 Vol 6, No 2 (2018): Supplement (Juli - Desember 2018) Vol 6, No 2 (2018): Juli - Desember 2018 Vol 6, No 1 (2018): Januari - Juni 2018 Vol 5, No 2 (2017): Juli - Desember 2017 Vol 5, No 1 (2017): Januari - Juni 2017 Vol 4, No 1 (2016): Januari - Juni 2016 Vol 3, No 1 (2015): Januari - Juni 2015 Vol 2, No 2 (2014): Suplement (Januari - Juni 2014) Vol 2, No 2 (2014): Juli - Desember 2014 Vol 2, No 1 (2014): Januari - Juni 2014 More Issue