cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen" : 15 Documents clear
Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Fresenius Medical Care Indonesia Yudi Kristiyadi; Nafiah Ariyani; Bernard Hasibuan
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.2918

Abstract

Hemodialisis atau dikenal oleh masyarakat awam adalah cuci darah merupakan salah satu terapi pengganti fungsi ginjal yang paling banyak digunakan oleh pasien ESRD dan juga merupakan tindakan medis untuk pasien gagal ginjal dengan kondisi tertentu. Ada yang menjalani hemodialisa seumur hidup namun ada juga yang hanya beberapa kali saja dan pasien akan kembali normal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantintatif deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian sejumlah 86 konsumen, yaitu keseluruhan jumlah poplasi. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas dan realibiltas menggunakan SPSS IBM versi 23, dimana data-data yang disajikan telah diuji dan dinyatakan valid dan reliabel, sehingga dapat dilanjutkan pada tahap uji selanjutnya. Hasil analisis uji regresi berganda menyebutkan tersapat hubungan linear pada variabel marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Pada uji hipotesiss 1 marketing mix terhadap kpeutusan pembelian nilai t hitung 6,043 > t tabel 1,989 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka hipotesis 1 diterima. Hipotesis 2 kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, diketahui nilai t hitung 2,263 > t tabel 1,989 dan signifikansi 0,026 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dan pada uji hipotesis simultan diketahui nilai F hitung 47,660 > F tabel 3,107 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Penelitian diharpkan dapat menjadi bahan rujukan bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan. Dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya dengan variabel lain yang lebih beragam.
Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Aneka Indo Mandiri dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening Ericco Andreson; Denni Denni
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3171

Abstract

Harga dan citra perusahaan acapkali menjadi penilaian penting konsumen atas loyalitas dan kepuasan pelanggan  pada suatu produk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian harga, citra perusahaan, memberikan efek positif dan berarti atas  loyalitas pelanggan. Harga memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan. Citra perusahaan memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan. Loyalitas pelanggan memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan.Berdasarkan analisis jalur (path analysis) harga atas loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa harga memberikan dampak positif yang berarti secara tidak langsung atas loyalitas pelanggan  melalui kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji analisis jalur (path analysis) citra perusahaan atas loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa citra perusahaan memberikan dampak positif yang berarti secara tidak langsung atas loyalitas pelanggan  melalui kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Harga, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Instan dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan Jennifer Jennifer; Nasar Buntu Laulita
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3133

Abstract

 Dalam dunia bisnis zaman sekarang bisnis semakin lama semakin berkembang pesat hingga masuk ke dunia Internasional dari tahun ke tahun. Dalam berbisnis hal yang selalu jadi pusat perhatiaan para pembisnis adalah loyalitas dari pelanggan dalam membeli produk yang di perjual belikan. Dalam artikel berikut terdapat beberapa pembahas terkait hal yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam kepuasan pelanggan. Beberapa variable tersebut antara lain yaitu kualitas produk, harga dan pelayanan. Penelitian berikut menggunakan metode kuantitatif, yang sampel dari penelitian ini adalah generasi Milenial di Kota Batam, dengan jumlah sampel 271 data yang dikumpulkan melalui Google Forms dan pengolahan data memanfaatkan software SmartPLS 3.2.9.  Temuan penelitian berikut menunjukkan bahwa Kualitas produk, harga dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji data menunjukkan  Kualitas produk dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap Loyalitas pelanggan, sedangkan Harga dan Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh positif dengan Loyalitas Pelanggan.Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan ABSTRACTIn today's business world, business is growing rapidly to enter the international world from year to year. In doing business, the thing that is always the center of attention of business people is the loyalty of customers in buying products that are traded. In the following article there are several discussants related to matters that affect customer loyalty in customer satisfaction. Some of these variables include product quality, price and service. The following research uses a quantitative method, the sample of this study is the Millennial generation in Batam City, with a total sample of 271 data collected via Google Forms and data processing using SmartPLS 3.2.9 software. The following research findings indicate that product quality, price and service have a positive and significant effect on customer satisfaction. Test data shows that product quality and service have a significant positive effect on customer loyalty, while price and customer satisfaction have no positive effect on customer loyalty.Keywords: Product Quality, Price, Service, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Property Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Eros Rosmiati; Maya Sova; Putri Eka Maya Kartini
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui adanya pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan (Price to Book Value).Objek penelitian ini menggunakan perusahaan sektor property real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Populasi yang terdapat dalam objek penelitian sebanyak 63 perusahaan.Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh setelah diseleksi sebanyak 30 perusahaan dengan periode pengamatan tahun 2017 – 2020, jumlah sampel keseluruhan sebanyak 120 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai probability 0.0000 < 0.05.Kata Kunci : Struktur modal, nilai perusahaan, property real estate
Keputusan Pembelian Ditinjau Varian Produk, Citra Merek dan Brand Ambassador Terhadap Sunscreen Azarine di Surakarta Intan Lathifah Nurul Khoiriah; Bambang Mursito; Fithri Setya Marwati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3089

Abstract

Abstrak Produk kecantikan saat ini menjadi salah satu kebutuhan wajib digunakan sehari-hari terutama perawatan kulit untuk melindungi dari sinar UV yaitu dengan memakai produk sunscreen, salah satunya mempergunakan produk sunscreen Azarine yang menawarkan berbagai varian produk sesuai kebutuhan jenis kulit. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui yang mempengaruhi faktor variabel terikat keputusan pembelian pada Sunscreen Azarine di Surakarta. Variabel bebas yang diteliti ialah varian produk, citra merek dan brand ambassador. Metode penelitian ini penggunaan data primer diperoleh melakukan menyebarkan kuesioner melalui google form. Penelitian mempergunakan kuantitatif. Melakukan dengan teknik non probability sampling mempergunakan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian adalah konsumen yang membeli Sunscreen Azarine di Surakarta pada Toko Monita Salon Supllier. Sampel yang diteliti sebesar 100 responden. Responden dianalisis mempergunakan regresi linier dengan bantuan SPSS V.16. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya varian produk, citra merek dan brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Varian Produk, Citra Merek dan brand Ambassador AbstractCurrently, beauty products are one of the necessities that must be used on a daily basis, particularly skin care to protect against UV rays, specifically by using sunscreen products, one of which is the Azarine Sunscreen product, which offers various product variants based on the requirements of different skin types. This study aims to determine which factors influence the dependent variable when it comes to Sunscreen Azarine purchase decisions in Surabaya. The variables of interest were product variant, brand image, and brand ambassadors. This research procedure utilises primary data collected via Google form questionnaire distribution. quantitative research methods. Using a non-probability sampling technique with a method of purposive sampling. This study's population consisted of consumers who purchased Sunscreen Azarine from the Monita Salon Supllier Store in Surakarta. The study sample consisted of 100 respondents. SPSS V.16 was utilised to conduct a linier regression analysis on the respondents. According to the study's findings, product variants, brand image, and brand ambassadors have a positive and statistically significant impact on purchasing decisions.Keywords : Product Variant, Brand Image and Brand Ambassador
Pengaruh Kompensasi, Prestasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Ony Sarmani Fachrurazi, Fachrurazi
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3161

Abstract

Peningkatan kinerja karyawan dapat berkontribusi pada kemajuan sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. CV Ony Sarmanih, dalam pengamatan mereka, menyimpulkan bahwa fenomena yang sering terjadi di antara para karyawan merupakan ketidakpuasan terhadap bonus, tunjangan, dan insentif yang diterima. Para karyawan merasa bahwa gaji yang mereka terima tidak adil karena beban kerja yang mereka tanggung tidak sebanding dengan kompensasi yang mereka dapatkan. Akibatnya, prestasi kerja dan kedisiplinan para karyawan terpengaruh negatif. Banyak karyawan yang sering bolos atau hanya bekerja setengah hari. Untuk menyelidiki masalah ini, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh signifikan antara kompensasi terhadap kinerja karyawan sebesar ; 2) terdapat pengaruh signifikan antara prestasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar ; 3) terdapat pengaruh signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan sebesar
Pembentukan Kultur Konsumtif Melalui eWOM Fashion di Instagram Mursala, Fakri; Nurbaiti, Nurbaiti; Harahap, Muhammad Ikhsan
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan faktor-faktor pembentuk dari electronic word of mouth di instagram yang mempunyai kaitan dengan kultur konsumtif atau masyarakat pengguna instagram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan teknik etnografi virtual untuk melihat fenomena perkembangan secara real dalam media sosial atau dunia elektronik dengan metode pengumpulan data melalui observasi online,interview online,capture chatlogs,capturing screenshootyang dilakukan terhadap 3 pengguna akun instagram aktif dan 3 akun instagram penjual fashion yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil mengenai adanya fitur pendorong atau pendukung instagram dari pembentukan electronic word of mouth seperti fitur mention pada kolom komentar dan juga direct message untuk melakukan komunikasi kepada teman atau kerabat terdekat yang mempunyai kaitan dengan pembentukan kultur konsumtif untuk mengikuti trenddan tidak ingin ketinggalan dari teman lainnya.Penelitian ini menghasilkan temuan untuk dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait dengan sifat dan perilaku generasi penerus yang banyak menggunakan media sosial dalam pergaulan pergaulan yang menjadi dasar dari terciptanya sifat konsumtif yang tidak baik.Hasil dalam penelitian ini dapat berkontribusi untuk melihat bagaimana cara dan teknik pemasaran yang dapat dilakukan dari sosial media instagram untuk perusahaan-perusahaan yang akan melakukan pemasaran di Instagram dengan memperhatikan desain serta konsisten dalam melakukan pembaruan postingan. Kata Kunci : Konsumtif,electronic word of mouth,Fashion,Instagram
Pengaruh Fleksibilitas Kerja, Kompensasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Driver Grabbike Cikarang Utara Kabupaten Bekasi Fadila, Radiatul; Rezeki, Fitri
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3158

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan yang terjadi di dunia usaha tanpa terkecuali usaha transportasi online, sehingga perusahaan harus berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas didalam perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Sumber daya manusia merupakan aspek yang penting dan paling berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sehingga perusahaan harus mengelola dengan baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah fleksibilitas kerja, kompensasi dan iklim kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja driver GrabBike di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi?”, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh masing-masing variabel fleksibilitas kerja, kompensasi dan iklim kerja terhadap kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner tehadap 100 responden. Sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Diolah menggunakan SPSS versi 25. hasil uji t pada penelitian ini yaitu variabel fleksibilitas kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, variabel kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, variabel iklim kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian uji f menunjukkan bahwa hasil fleksibilitas kerja, kompensasi dan iklim kerja secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja driver GrabBike di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi
The Impact of Organizational Culture and Lecturer Competence on Organizational Commitment to Influence Lecturer Performance Permadi, I Komang Oka; Carina, Tiara; Wibawa, I Wayan Sucipta
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3017

Abstract

The aim of this study is to confirm and re-examine the effect of organizational culture and lecturer competence on lecturer performance with organizational commitment as a mediating variable. The population in this study were 61 lecturers. Samples were selected by purposive sampling and a total of 45 people were obtained. Research hypotheses were tested using path analysis with the SmartPLS version 3.2.9 application. The research results showed that organizational culture has a significant effect on organizational commitment and lecturer performance. Lecturer competence has a significant effect on organizational commitment but does not have a significant effect on lecturer performance. Likewise, organizational commitment has no significant effect on lecturer performance and organizational commitment has not been able to mediate organizational culture and lecturer competency on lecturer performance.
Manajemen Asset Memoderasikan Leverage dan Nilai Perusahaan Terhadap Profitabilitas Nazariah, Nazariah; Ramzijah, Ramzijah; Nelliyana, Nelliyana; Yanti, Evi Maulida
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v13i2.3135

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Transportasi dan Logistik yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2018-2022. Penelitian ini menggunakan Data Sekunder. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakan manajemen asset memoderasi leverage dan nilai perusahaan terhadap profitabilitas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria yaitu mempublikasikan laporan keuangan secara berturut-turut dari tahun 2018 sampai dengan 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, 2) Nilai perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. 3) Manajemen asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. 4) Interaksi leverage dengan manajemen asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. 5) Interaksi nilai perusahaan dengan manajemen asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 2 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 4 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 3 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 4 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 4 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 3 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen More Issue