cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI TAS SAM COLLECTION JAKARTA TIMUR Thomas Anditora; Ahmadun Ahmadun
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.144 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.329

Abstract

Salah satu produsen dibidang fashion adalah Sam Collection, dimana produsen memfokuskan dirinya pada produk tas wanita. Sam Collection merupakan produsen tas wanita yang berlokasi di Jl.Buaran 3, RT 001 RW 015 No. 62 Duren Sawit, Jakarta Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu/kualitas suatu produk dan  harganya  terhadap  minat beli konsumen tas Sam Collection Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan Metode survei (data primer), data sekunder, pendekatan kuantitatif, dan Teknik analisis regresi berganda dengan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil uji determinasi dari pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli adalah sebesar 52,7%. Dengan persamaan regresi linier berganda yaitu: Y’ =  12,701+ 340X1 + 476X2 , artinya Variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Minat Beli (Y) bernilai positif.  Dengan nilai signifikan 0,00 < 0.05, dimana variable kualitas produk  (X1) memiliki nilai thitung  > t table (4,526 > 1,984) dan variable  harga (X2) memiliki  nilai t hitung > t table (5,744 > 1,984) dan nilai Fhitung (53,981) > Ftabel  (0,309), maka disarankan agar sebaiknya Sam Collection melakukan inovasi pada model tas, menetapkan harga berdasarkan tingkat harga pesaing, dan meningkatkan promosi melalui toko online Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Minat Beli
PENGARUH MANAJEMEN WAKTU PENYELESAIAN PEKERJAAN DAN MUTU PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. WIJAYA KARYA (PERSERO). Tbk Vidi Julianto; Ilyas Saad; Sadar Sukma
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.631 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.337

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kajian tentang kepuasan pelanggan yang kaitannya terhadap mutu hasil pekerjaan dan manajemen waktu, dimana penelitian ini ini dilaksanakan pada PT. Wijaya Karya (persero) Tbk., dan yang menjadi obyek penelitian ini adalah para karyawan perusahaan.Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja produk yang dihasilkan terhadap kinerja yang diharapkan. Faktor-faktor yang dianalisis oleh peneliti dalam penelitian ini berfokus pada mutu hasil pekerjaan dan manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif studi korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana kontribusi kedua variabel predictor yaitu mutu hasil pekerjaan dan manajemen waktu terhadap peningkatan kepuasan pelanggan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial, dimana awalnya menganalisis deskripsi data penelitian, selanjutnya melakukan uji persyaratan analisis dan terakhir melakukan analisis uji hipotesa baik analisis sederhana maupun analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Berdasar hasil analisa data disimpulkan bahwa mutu hasil pekerjaan dan manajemen waktu baik secara parsial maupun secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti bahwa dengan manajemen waktu yang sangat efektif serta mutu hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh proyek-proyek PT Wijaya Karya di seluruh Indonesia mampu memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan, sehingga memberikan pengaruh dalam pemesanan pekerjaan kembali ke Perusahaan semakin meningkat.Kata kunci : Manajemen waktu, kepuasan pelanggan
Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Industri Makanan Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur Yulita Nurhartani; Eros Rosmiati; Maya Sova
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.019 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.332

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia berperan penting dalam perekonomian Nasional. Khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terbukti telah memberi peluang kerja bagi masyarakat di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun Perkembangan ini belum dibarengi kinerja maksimal UMKM, karena kendala: orientasi pasar yang konvensional, dan kurangnya orientasi kewirausahaan, karenanya dibuat penelitian berjudul Pengaruh  orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM, pada industri makanan di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur?. Dengan tujuan Untuk Mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan terhadap kinerja UMKM, menggunakan rancangan penelitian survey, observasi, teknik purposive sampling, data primer, data sekunder,  skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda, program SPSS, kuesioner dan sampel 100 responden. Hasilnya:  Orientasi Pasar berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM, (nilai sig. 0,019 < 0,05 dan nilai thitung2,387 > 1,988) dimana Ho ditolak dan H1 diterima, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM. dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung5,244 > 1,988, Ho ditolak dan H2 diterima. Maka Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. dari nilai Fhitung > Ftabel (51,612 > 3,09). Dimana Ho ditolak dan H3 diterima. Diharapkan penelitian ini, dapat sebagai rekomendasi strategi peningkatan kinerja di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. disarankan:  pelaku UMKM agar menerapkan SOP yang jelas, berorientasi pasar, serta menguasai pasar melalui survey, riset,  dengan gagasan baru dalam : produk, iklan, pameran. Sehingga pemasaran produk dapat menjangkau  wilayah didalam maupun diluar kecamatan Cipayung Kata kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan , kinerja
ANALISIS EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. SUN HOPE INDONESIA Ruth Yusnita Putri; Rushadiyati Rushadiyati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.478 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.340

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan  serta pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang mencakup elemen-elemen ekuitas merek yaitu: kesadaran merek, asosiasi merek, Persepsi kualitas,dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk PT. Sun Hope Indonesia.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sun Hope Indonesia, Jakarta. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah dua puluh tiga(23)  orang, yaitu: tiga (3) orang informan internal dan dua puluh (20) orang informan eksternal. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara secara terbuka terhadap informan internal maupun eksternal. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesadaran merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari hasil wawancara mendalam terhadap konsumen, (2) asosiasi merek, (3) persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (4) loyalitas pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian
Analisis Perbedaan Sebelum dan Sesudah Perencanaan Pajak Penghasilkan Pasal 21 dengan Menggunakan Metode Net dan Metode Gross Up pada PT Pesona Cakrawala dan PT Epadascon Permata Indah Purwanti; Syahril Djaddang; Muhammad Masdar
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.194 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.333

Abstract

Tinjauan Perubahan Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Bhekti Arum Lestari; Lina Miftahul Jannah
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.006 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.339

Abstract

AbstrakBerbagai permasalahan muncul dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, mulai dari efektivitas, efisiensi, korupsi, dan lain sebagainya. Pemerintah pun mengambil langkah dengan melakukan perubahan terhadap kebijakan barang dan jasa guna mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Perubahan kebijakan dilakukan dengan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pengadaan barang dan jasa baru yakni Perpres Nomor 16 Tahun 2018 untuk menggantikan Perpres Nomor 54 Tahun 2010. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi dokumen ini dilakukan peneliti untuk melihat perubahan apa saja yang terdapat di dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tersebut guna mengatasai permasalahan yang muncul dari regulasi sebelumnya.Kata kunci: kebijakan, pengadaan barang/jasa pemerintah, reformasi birokrasi 
PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DIVISI BAZAAR TRANSMART AMBASADOR JAKARTA Luthfir Rahman Yudhistira; Asim Asim
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.687 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.341

Abstract

Salah satu cara yang dilakukan Transmart untuk menjaga citra mereknya adalah dengan mempertahankan kualitas barang/ produk yang sudah ada. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada divisi Bazaar di Transmart Ambasador. Metode penelitiannya  adalah kuantitatif, menggunakan variable bebas Citra Merek (X1),  Promosi (X2) dan variable terikat Volume penjualan (Y).  dengan observasi dan survei, serta pendekatan deskriptif korelasional. Dan jumlah sampel 30 responden (pelanggan Transmart Ambasador), menggunakan teknik random sampling. Dan analisa regresi linier berganda, Software SPSS versi 22, kuesioner, data primer, data sekunder.  Dari  Hasil Uji Korelasi Berganda sebesar 0,451 (45,1%) menunjukkan bahwa Citra Merek dan Promosi berhubungan kuat dengan Volume Penjualan.Dari persamaan analisa Regresi linier Berganda Y’ = 26,972+ 0,430X1 + 0,500X2  dengan taraf signifikasi  α = 5% menunjukkan Variabel Citra Merek berpengaruh sebesar 0,430 atau 43% terhadap Volume Penjualan, sedangkan Variabel Promosi berpengaruh sebesar 0,500 atau 50,% terhadap Volume Penjualan. Dari Hasil uji regresi ini memperlihatkan  Volume Penjualan lebih besar dipengaruhi faktor Promosi dibandingkan faktor Citra Merek. Kata Kunci: Citra Merek, Promosi, Volume Penjualan 
Dampak Program Pendidikan Akuntansi Dan Pemanfaatan Sisrem Akuntansi Informasi Terhadap Kompetensi Peserta Didik Slamet Suprihanto; Syahril Djaddang; H Hasanuddin
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.045 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak program pendidikan akuntansi dan pemanfaatan sistem akuntansi informasi terhadap kompetensi peserta didik pada SMK Al-Hadiid 2 Cileungsi dan SMK Global Surya Mandiri Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis dampak/pengaruh. Sumber data penelitian ini dari data sekunder dan data primer. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 58 peserta didik yang terdidri dari 18 peserta didik kelas XII Jurusan Akuntansi SMK AL-Hadiid 2 Cileungsi dan 40 peserta didik kelas XIII Jurusan Akuntansi SMK Global Surya Mandiri Bekasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya dampal=k positif dan signifikan program pendidikan akuntansi terhadap kompetensi peserta didik, dan adanya dampak positif dan signifikan pemanfaatan sistem akuntansi informasi terhadap ko,petensi peserta didik. Kata Kunci: Kompetensi, Program Pendidikan Akuntansi, Sistem Akuntansi Informasi
ANALISIS POTENSI DANA RETAIL PADA NASABAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO)TBK DENGAN METODE DECISION TREE DAN NAIVE BAYES BERBASIS OPTIMIZE SELECTION(EVOLUTIONARY (STUDY KASUS: PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR KAS SEASON CITY) Ahmad Fauzi; Tukiyat Tukiyat
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.872 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.334

Abstract

Dengan rata-rata nasabah dari kalangan menengah kebawah atau nasabah retail bank harus mampu memanfaatkan potensi yang ada pada dana retail tersebut. Untuk memanfaatkan potensi yang ada pada dana retail secara optimal perlu dilakukan klasifikasi terhadap data nasabah yaitu nasabah berpotensi dan tidak berpotensi. Untuk mengklasifikasi data dapat diterapkan teknik klasifikasi data maining menggunakan metode Decision Tree dan Naïve Bayes dengan ditambah metode optimasi Optimize Selection (Evolutionary) untuk peningkatan hasil nilai akurasinya. Dalam penelitian ini data diambil dari klasifikasi data nasabah pada tahun 2017 dengan jumlah 217 terdiri dari 10 atribut, 9 atribut prediksi dan 1 atribut tujuan. Selanjutnya akan diterapkan kedalam aplikasi Rapidminer 5.3, dalam penerapannya metode Naïve Bayes memiliki nilai akurasi 92.17% setelah dioptimasi nilai akurasinya meningkat menjadi 94,47% sementara metode Decision Tree memiliki nilai akurasi 89,40% setelah dioptimasi nilai akurasinya meningkat menjadi 94.01%. Dengan demikian nilai akurasi metode Naïve Bayes lebih tinggi dibandingkan Decision Tree, maka dalam penerapan metode untuk klasifikasi data nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Kas Season City metode Naïve Bayes lebih baik dibandingkan metode Decision Tree dengan berbasis Optimize Selection (Evolutionary). Kata kunci : Dana Retail, maintenance, Naive Bayes, Decision Tree, Optimize selection (Evolutionary).
PERANAN SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS INPUT-OUTPUT Socia Prihawantoro; Tukiyat Tukiyat; Ani Nuraini
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.178 KB) | DOI: 10.52643/jam.v9i1.331

Abstract

Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sektor ekonomi yang berkaitan erat dengan keterbukaan antar negara terutama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) termasuk Indonesia.  Di Indonesia kontribusi sektor TIK dalam PDB, hanya 3,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut BPS, pertumbuhan rata-rata/tahun PDB Sektor TIK pada 2011-2015 = 10,5%, lebih tinggi dari pertumbuhan PDB total  5,5%.    Namun kurangnya penggunaan teknologi informasi ini yang menjadi tantangan dalam penggunaan internet di Indonesia.Pendekatan Penelitian disini dengan input-output (I-O). dari Tabel I-O dan sebagai alat analisisnya, diperoleh 13 subsektor TIK, dimana subsector STBS (Sistem Telekomunikasi Bergerak Seluler) merupakan penyumbang terbesar  PDB sector TIK, yang terdiri dari STBS swasta: 20,63% dan STBS Pemerintah: 17,32%, dan Penyumbang terkecil adalah subsektor jasa konsultasi piranti lunak, jasa radio trunking, dan jasa radio panggil untuk umum,  masing-masing kurang dari 1% terhadap PDB sektor TIK. Namun hanya subsector jasa komunikasi lainnya yang keterkaitannya kuat (diatas rata-rata) baik kedepan maupun kebelakang.jika ingin mencapai tiga besaran ekonomi sekaligus, yaitu tenaga kerja, pendapatan dan nilai tambah nasional, maka subsektor yang dapat dipilih adalah sistem telekomunikasi bergerak seluler swasta (STBSSwasta), jasa sistem komunikasi (J-Siskom), jasa satelit (J-Sat), dan jasa komunikasi data paket (provider). Kata kunci: Sektor TIK, Internet, Sub Sektor Jasa Komunikasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 2 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 4 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 3 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 4 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 4 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 3 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen More Issue