cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen" : 10 Documents clear
Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT ASABRIi TBK maya sova; Eros Rosmiati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.678

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan dan ketrampilan ada, akan turut mengembangkan organisasi. Dengan pelatihan, peningkatan kemampuan dan keterampilannya akan meningkat, sehingga peran karyawan menjadi lebih luas dan lebih berdaya guna bagi perusahaan tertentu. Akhirnya akan meningkatkan kinerja karyawan yang tinggi untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel pelatihan (X) sebagai variabel independen terhadap kinerja karyawan (Y) variabel dependen. Lokasi penelitian di Kantor Pusat PT ASABRI (Persero), Jakarta Timur, dan waktu penelitian pada bulan Mei 2019. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif yang bertujuan untuk melihat hubungan antar variabel dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan Kantor Pusat PT ASABRI (Persero) yang berjumlah 300 orang dan sampel penelitian ini sejumlah 75 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan uji  Sedangkan untuk menganalisa data ada tidaknya pengaruh variabel menggunakan analis regresi sederhana, dengan menggunakan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelatihan (X) terhadap kinerja karyawan (Y) PT ASABRI (Persero). Dengan perhitungan menggunakan teknik analis regresi sederhana, diperoleh persamaan garis regresi yaitu Y = 24,230 +  0,323X, artinya dengan koefisien b = 0,323 yang menunjukkan arah positif, jadi setiap kenaikan pelatihan (X) sebesar 1 satuan akan meningkatkan kinerja karyawan (Y) sebesar 0,323. 
Tata Kelola Kolaboratif Dalam Penanggulangan Defisit Program Sistem Jaminan Sosial Nasional Dhona Dwi Anjaya; Umanto Eko Prasetyo
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.649

Abstract

Warga negara berhak untuk mendapatkan perlindungan dasar agar kebutuhan dasar dapat terpenuhi, walau merupakan program yang masih baru Jaminan Sosial yang dihadirkan oleh negara berdampak sangat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan rakyat Indonesia, namun implementasinya jaminan sosial yang berbasis skema iuran ini terdapat permalahan yaitu defisit iuran yang dihimpun dengan jumlah klaim yang harus dibayar ditambah dengan beban operasional sehingga tiap tahun terus terjadi peningkatan defisit. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menjawab bagaimana proses tata kelola kolaboratif dalam penanggulangan defisit program sistem jaminan sosial nasional beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menunjukan bahwa proses penanggulangan defisit secara kolaboratif sudah memenuhi unsur kolaboratif serta strategi dalam penanganan penanggulangan defisit program jaminan sosial nasional, rendahnya partisipasi masyarakat dan dukungan dari para pengusaha dan swasta akan keberlangsungan program ini
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Hewan Pet Smile sakti brata ismaya; Irwan Kurniawan
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.679

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan, serta mengetahui pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan dan kepercayaan. Kualitas pelayanan diukur dengan menggunakan penilaian konsumen terhadap dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung. Sedangkan variabel kepercayaan diukur menggunakan kompetensi, kebaikan dan intergritas dan variabel kepuasan pelanggan diukur menggunakan penilaian konsumen terhadap kesesuaian harapan, minat berkunjung serta rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, serta secara simultan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian Pada PT. Arya Meika Trans Jakarta) kalistus gaudeanus; Titus Indrajaya; Amri Piguno
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.668

Abstract

Banyaknya perusahaan atau penduduk yang menggunakan jasa pengiriman  barang, telah membuat perusahaan jasa pengangkutan barang ini menjadi sangat penting. Dimana proses pengangkutannya dilakukan melalui darat, laut, dan udara, guna menunjang kelancaran arus peredaran barang dari satu tempat ke tempat lain,yang diharapkan dapat menunjang suksesnya pembangunan nasional kini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Arya Meika Trans Jakarta. Jumlah sampel penelitian adalah 57 orang karyawan PT. Arya Meika Trans Jakarta. Metode analisis data menggunakan data primer, data sekunder, skala likert, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2).  Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan F hitung (4,684) > F tabel (3,16) dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05. Selain itu, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, di mana gaya kepemimpinan didapat t hitung (2,964) > t tabel (2,005) dan untuk motivasi kerja diperoleh t hitung (-1,021) < t tabel (2,005). Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pengurus Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Primkop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa Di Pusterad Jakarta Timur (Study Kasus: Primkop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa PUSTERAD) dian mediyana rahayu; Rushadiyati Rushadiyati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Primkop, pengaruh kinerja pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota Primkop, pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja pengurus koperasi secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota PrimKop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa Di PUSTERAD Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 312 anggota dan responden yang dijadikan sampel sebanyak 175 anggota. Informasi diperoleh melalui penyebaran kuesioner di PrimKop dari 175 kuesioner yang dibagikan, kuesioner dapat diproses sebanyak 175 kuesioner atau sebanyak 100%. Model analisis yang digunakan adalah model deskriptif dengan SPSS Versi.20. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Primkop, 2). terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota Primkop, 3). terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan kinerja pengurus koperasi secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota Primkop.          Kata Kunci : Kualitas Pelayanan. Kinerja, Kepuasan Anggota. 
Analisis Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Luwak Pada Mahkota Luwak Liwa-Lampung Barat Syamsu Alang
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.677

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian kopi luwak. Desain penelitian ini adalah asosiatif/hubungan berdasarkan pada jenis data dan analisis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey berdasarkan pada tingkat eksplanasi. Teknik penarikan sampel menggunakan non-probability sampling (purposive sampling) didapatkan sebanyak 45 orang pengunjung yang memenuhi syarat yang ditetapkan dari seluruh populasi yang datang bertransaksi dan melakukan pembelian pada distributor “Mahkota Luwak”Liwa Lampung Barat tahun 2018.Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi luwak pada Mahkota Luwak, yaitu 0,196 Sig. 0,058. Variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi luwak pada Mahkota Luwak, yaitu 0,078 Sig. 0,463. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi luwak pada Mahkota Luwak, yaitu 0,544 Sig. 0,000. Demikian pula harga, produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi luwak pada Mahkota Luwak, yaitu 0,657 Sig. 0,071. Dengan demikian disimpulkan variabel harga, produk, dan promosi secara parsial dan bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian kopi luwak pada distributor kopi “Mahkota Luwak” Liwa Lampung Barat. Kata kunci: Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Yamaha Djagat Kencana Motor, Cibubur – Jakarta Timur) Aliah Aliah; Asim Asim
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.681

Abstract

Penelitian ini dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Yamaha Djagat Kencana Motor, Cibubur – Jakarta Timur. Data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen yang berupa kuesioner (primer), studi kepustakaan dan wawancara langsung dengan pihak terkait sesuai tujuan penelitian. Dimana populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan yang berjumlah 35 karyawan, sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisa menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Korelasi, Uji Determinasi, Uji Regresi Berganda, Uji Anova (F), Uji Regresi (Uji t). Diperoleh thitung untuk X1 terhadap Y yaitu : thitung = -0,228 dengan nilai ttabel = 3,16. Jadi nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel atau -0,228 > 3,16 sedangkan thitung untuk X2 terhadap Y yaitu = thitung = 3,091 dengan nilai ttabel 3,16, dengan demikian nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel atau 3,091 < 3,16 dengan nilai signifikan 0,869 yang lebih besar dari nilai probabilitas yaitu 0,05. Dilihat dari pengolahan data Hasil Uji SPSS 21, diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,087 dengan nilai probabilitas signifikan 0,012 atau Fhitung memiliki nilai yang lebih besar dari Ftabel yaitu 5,087 > 3,16 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,012 < 0,05, sehingga HO dan Ha diterima, berarti secara bersama-sama (simultan) Kompensasi dan Motivasi Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh Current Ratio Dan Debt Equity Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus : Di 13 Perusahaan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Subsektor Plastik Dan Kemasan Tahun 2014-2018) Sholehah Sholehah; Kwarnanto Rohmawan P
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.526

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Perusahaan Sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018.Populasi dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua variabel, yang meliputi Current Ratio (X1) dan Debt to Equity Ratio (X2) sebagai variabel independen. Dan Return On Equity (Y) sebagai variabel dependen. Data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder, dengan cara mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dari idx berupa laporan keuangan tahun 2014-2018.Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah metode regresi berganda, dan uji asumsi. Hasil pembahasan menunjukan bahwa secara simultan variabel-variabel independen: Current Ratio dan Debt to Equity Ratio dengan uji f, secara bersama- sama berpengaruh terhadap Return on Equity. Hasil secara parsial dengan uji t, variabel Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return on Equity. Kata Kunci : Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity 
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. KMPlus Hari Gunawan; Agus Baharudin
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.682

Abstract

Dalam segala situasi pemimpin memiliki peran yang sangat penting. Pemimpin merupakan symbol panutan, pendorong sekaligus sumber pengaruh, yang dapat mengarahkan berbagai kegiatan dan sumber daya guna mencapai tujuannya. Kemampuan untuk menyatukan aspek-aspek manusia menjadi kesulitan tersendiri, dan hal tersebut merupakan salah satu tugas dari seorang pemimpin. Budaya organisasi juga memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Budaya organisasi berfungsi sebagai pengikat seluruh komponen organisasi, menentukan identitas, suntikan  energy, motivator, dan dapat dijadikan pedoman bagi anggota organisasi.Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang. Metode Analisis Data menggunakan Koefisien Korelasi Berganda dan Koefisien Penentu Berganda, koefisien Korelasi Parsial dan Kolerasi Penentu Parsial, Uji Statistik Koefisien Korelasi Berganda, Uji Statistik Koefisien Korelasi Parsial.Hasil penelitian menunjukan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi dipengaruhi oleh Kinerja Karyawan sebesar 31,1%. Nilai Koefisien Penentu Parsial 22,87% yang artinya bahwa besarnya pengaruh Kinerja (Y) dan Gaya Kepemimpinan (X1) sebesar 22,87%. Dan nilai Koefisien Penentu Parsial 26,63% yang artinya bahwa besarnya Kinerja (Y) dan Budaya Organisasi (X2) sebesar 26,63, dan Nilai Koefisien Penentu Parsial 63,88% yang artinya bahwa besarnya Gaya Kepemimpinan (X1) dan Budaya Organisasi (X2) sebesar 63,88%, apabila Kinerja (Y), dan selebihnya 36,12% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan 
Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Ani Nuraini; Hammad Bawazir; Ahmadun Ahmadun
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v9i2.456

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kebijakan hutang terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan 8 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan masuk dalam indeks LQ45 pada rentang tahun 2015-2017. Kebijakan hutang diproksikan menggunakan hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, dan total hutang. Sementara kinerja keuangan diproksikan menggunakan Return On Equity(ROE). Penelitian ini juga menggunakan dua variabel control, yakni ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan.Kata Kunci : ROE, Short Term Debt, Long Term Debt, Total Debt, Kinerja Keuangan, Kebijakan Hutang

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 2 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 4 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 3 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 4 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 4 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 3 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen More Issue