cover
Contact Name
Nurina Hidayah
Contact Email
nurihidayah.matematika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
deltajipm@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Published by Universitas Pekalongan
ISSN : 23033983     EISSN : 25483994     DOI : -
Core Subject : Education,
Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media pembelajaran matematika, hasil pembelajaran matematika, matematika sekolah.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT ( INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY ) MELALUI PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL ) PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI KELAS VII DI SMP MA’HAD ISLAM PEKALONGAN Prima Lukitawati
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.282 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.433

Abstract

Pesatnya kemajuan IPTEK dalam dunia pendidikan mendasari adanya pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai media pembelajaran yang dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis ICT. Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT melalui pendekatan SAVI pada materi Geometri Transformasi bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran di SMP Ma’had Islam yang masih menggunakan media pembelajaran sederhana. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan adalah pendahuluan, desain produk, validasi ahli, uji coba produk, dan revisi produk. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang berkualitas dengan menguji kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran tersebut.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs NEGERI KESESI Winda Arigustanti
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.937 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dengan penggunaan model Learning Cycle pada materi kubus dan balok. Hal ini ditandai: (1) prestasi belajar model Learning Cycle mencapai ketuntasan, (2) prestasi dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi dengan model pembelajaran langsung, 3) adanya pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kesesi. Dengan Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode pengamatan dan tes. Data diolah dengan analisis uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, dan regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan nilai z hitung = 1.847dan z tabel = 1.64, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar mencapai ketuntasan, (2) prestasi siswa dengan model Learning Cycle lebih baik daripada prestasi belajar dengan model pembelajaran langsung,dan (3) ada pengaruh aktivitas belajar model Learning Cycle menggunakan alat peraga terhadap prestasi. Saran penulis hendaknya guru dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga prestasi siswa lebih baik.
PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM WONOPRINGGO Novia Khusna
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.694 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.434

Abstract

Sebagian guru dalam menjelaskan kepada peserta didik materi segitiga terutama terkait mengidentifikasi segitiga berdasarkan sudut dan menghitung luas segitiga masih ada kendala. Penyampaian materi di kelas cenderung kurang menyenangkan dan masih berpusat pada pendidik sehingga peserta didik kurang menyukai dan sulit memahami konsep matematika. Pada penelitian ini, akan merapkan pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pendekatan active learning melalui strategi inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP Islam Wonopringgo dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), (2) apakah pendekatan active learning melalui strategi inkuiri lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep matematika materi segitiga kelas VII SMP Islam Wonopringgo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Islam Wonopringgo. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Variabel penelitiannya adalah pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri, pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata kelas eksperimen 81,34 secara statistik memenuhi ketuntasan 70, (2) rata-rata kelas eksperimen mencapai 81,34 secara statistik lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol yang hanya mencapai 61,17. Berdasarkan kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan active learning melalui strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep mencapai kriteria efektif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUJAMI Titin Indah Sari
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.182 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.429

Abstract

Di dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Ulujami, ditemukan permasalahan-permasalahan antara lain : hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah, aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang aktif. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulujami dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal mencapai nilai KKM, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori pada kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami, (3) pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dengan simple random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran ekspositori. Variabel penelitiannya adalah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa. Untuk memperoleh data digunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Data diolah dengan menggunakan uji banding satu sampel, uji regresi linier sederhana dan uji banding dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata kelas eksperimen 79,1923 secara statistik memenuhi ketuntasan 75% (2) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,1923 secara statistik lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol 71,8205 (3) terdapat pengaruh positif antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan aktivitas siswa dengan persamaan Y = 48,65 + 0,45 X sebesar 70,56%. Berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining berbantuan kartu soal efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami.
PENGARUH KECEMASAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 2 WIRADESA Muhammad Ade Luthfi Septialamsyah
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.704 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.435

Abstract

Permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran matematika di sekolah sangat banyak, diantaranya kecemasan belajar yang masih tinggi, keaktifan belajar yang masih rendah, dan kemampuan pemahaman konsep yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep secara parsial dan simultan melalui model pembelajaran resource based learning pada materi prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa tahun pelajaran 2013 – 2014. Data diperoleh melalui metode pengamatan, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh (1) pengaruh kecemasan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 2.89%, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 18.15%, dan (3) pengaruh kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 31.7%. Berdasarkan ketiga hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh positif atau signifikan antara kecemasan dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep melalui model pembelajaran resource based learning materi prisma dan limas kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI PRISMA DAN LIMAS Suci Rohmawati
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.621 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.430

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul mencapai KKM, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul lebih baik daripada prestasi belajar dengan model pembelajaran ekspositori, dan motivasi berprestasi matematika siswa dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni kelas VIII pada materi prisma dan limas.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 77,6765 dan kelas kontrol sebesar 69,1571. Hasil uji ketuntasan dengan uji t diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji beda rata-rata diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata prestasi belajar matematika kelas kontrol. Dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 36,4%, berdasarkan ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan modul efektif dalam pembelajaran matematika.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN Sayyidatul Karimah
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.184 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Penelitian Pendidikan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika FKIP UNIKAL. Data diperoleh dari hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan kooperatif tipe jigsaw di kelas eksperimen dan hasil belajar mahasiswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rerata hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen mencapai 72,79 sedang rerata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol mencapai 65,37. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian treatmen pada kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh yang signifikan sehingga hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar mahasiswa pada kelas kontrol.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBANTUAN ALAT PERAGA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI SMP SALAFIYAH PEKALONGAN Rizqinawati Rizqinawati
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.556 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.431

Abstract

Adanya perbedaan kemampuan siswa dikelas, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi dan mengapresiasi perbedaan kemampuan siswa. Salah satu model pembelajarannya adalah model pembelajaran ATI. Materi kubus dan balok merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa. Kedua permasalahan tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang berminat dalam belajar matematika. Siswa akan dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan kemampuannya yaitu kelompok siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing diberikan perlakuan yang berbeda. Siswa berkemampuan tinggi belajar mandiri, siswa berkemampuan sedang, perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran reguler sedangkan siswa berkemampuan rendah perlakuan yang diberikan adalah spesial treatment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pembelajaran efektif yang ditandai: (1) prestasi belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, (2) minat belajar siswa kelas eksperimen berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan (3) prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa kelas kontrol. Data diolah dengan menggunakan uji banding satu sampel, uji regresi linier sederhana dan uji banding dua sampel.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS VII Rizqi Mubarokah
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.722 KB) | DOI: 10.31941/delta.v2i2.432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif take and give efektif pada materi segiempat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 16 Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan 100 siswa kelas VII sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling terpilih dua kelas yaitu VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep diperoleh melalui tes. Instrumen tes divalidasi terlebih dahulu oleh pakar sebelum diberikan pada sampel penelitian. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan dan uji beda rata-rata.Hasil penelitian menunjukan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa dengan model pembelajaran kooperatif take and give mencapai KKM yaitu sebesar 77,94; (2) berdasarkan uji beda rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat dengan uji t menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa yang diterapkan model pembelajaran take and give lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep segiempat siswa yang diterapkan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran kooperatif take and give efektif pada materi segiempat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 2 (2025): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 13 No. 1 (2025): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 12, No 2 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 12 No. 2 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 12, No 1 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 12 No. 1 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 11, No 2 (2023): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 11, No 1 (2023): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2022): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2022): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2021): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2021): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2019): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2019): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2017): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2016): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika More Issue