cover
Contact Name
Nurina Hidayah
Contact Email
nurihidayah.matematika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
deltajipm@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Published by Universitas Pekalongan
ISSN : 23033983     EISSN : 25483994     DOI : -
Core Subject : Education,
Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media pembelajaran matematika, hasil pembelajaran matematika, matematika sekolah.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 13 Documents clear
PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Mila Padliah; Heni Pujiastuti
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1003

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran matematika di sekolah, yaitu di antaranya kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara penyelesaian baru, yang mana hal ini membutuhkan adanya kreativitas dan penggunaan gaya belajar dalam menyerap suatu pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah siswa kelas 12 MA Swasta Plus Darul Huda Cikoneng, sementara itu sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah siswa kelas 12 IPA 1. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan teknik dokumentasi hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda, untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi analisis regresi ganda menunjukan bahwa kreativitas dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
PENGARUH ASAL DAERAH DAN JUMLAH AKUN ONLINE SHOP TERHADAP POLA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA Yulianti Yulianti; Ekawati Dewi; Baiq Rika Ayu Febrilia
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.982

Abstract

The development of an increasingly modern era, resulting in changes in people's lifestyles that change, so that the consumptive pattern of society is increasing. Thus, researchers conducted a study on this subject which aims to analyze the factors that influence the consumptive lifestyle of students by using ordinal logistic regression analysis. The focus of the factors observed was regional origin and the number of online shop accounts. Data collection was carried out using an online Google survey form sheet from Mandalika University Education students in one faculty of 100 people. The results showed that the influencing factor significantly came from the variable number of online shop accounts
EKPSLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUAH NANAS MADU DI DESA BELUK KACAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG Detalia Noriza Munahefi
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur budaya pada nanas madu yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Nanas madu sebagai salah satu tanaman khas Pemalang,  tumbuh subur di Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi menyelidiki suatu kebudayaan di lingkungan dalam pengumpulan data utama, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini terdiri atas: reduksi data, penyajian data, analisis deskriptif, dan penarikan simpulan. Pemanfaatan nanas madu pada pembelajaran matematika mulai dari proses penanaman sampai dengan proses pengelolahan nanas madu. Pengaplikasian olahan nanas madu pada pembelajaran matematika mulai dari proses penyiapan bahan, pengolahan bahan hingga penyajian olahan nanas madu. Materi matematika yang dapat diaplikasikan melalui nanas madu antara lain: operasi hitung, perbandingan senilai, pengukuran, bangun ruang, dan peluang. Penerapan madu nanas melalui pendekatan etnomatematika diharaphkan mempermudah pemahaman siswa pada pembelajaran matematika karena pendekatan tersebut mampu menyajikan permasalahan matematika secara konkrit.
PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT Mutiara Siska; Jefri Marzal; Muhammad Haris Effendi
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1056

Abstract

Metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V SD dengan 1 siswa extrovert dan 1 siswa introvert. Pemilihan subjek berdasarkan teknik pengambilan cluster sampling dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa extrovert cukup dengan persentase 75% dan profil kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa introvert baik dengan persentase 81,25%. Profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan komunikasi matematis lisan siswa introvert kurang dengan persentase 56,25%. Profil kemampuan pemahaman matematis siswa extrovert baik dengan persentase 81,25% dan profil kemampuan pemahaman matematis siswa introvert sangat baik dengan persentase 87,50%.
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP Maharani Delta Dewi; Nur Izzati
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1039

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran matematika menyebabkan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan PowerPoint interaktif berbasis RME. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian 4D. Teknik pengumpulan data melalui angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Tanjungpinang sebanyak 25 orang. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan teknik Method of Summated Ratings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase dari dua validator ahli sebesar 87% dan dari angket respon peserta didik sebesar 76% berkategori praktis
JUSTIFICATION MATHEMATICS STRATEGY OF THE 7TH GRADE STUDENT (MALE AND FAMALE) IN UNDERSTANDING CONCEPT OF GEOMETRY (TRIANGLE) Imam Setiadi Putra
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1064

Abstract

This study aims to describe the mathematical justification strategies of 7th grade male and female students in understanding the concept of geometry (triangles). This research was conducted at one school in Donggo, Bima Regency, West Nusa Tenggara Indonesia in odd semester. This type of research is qualitative. The subjects involved in this study consisted of 20 students and 1 male and 1 female student were selected based on their mathematical abilities. The results of this study show that the justification by male and female students is different. So that it has different levels and types of justifications. Justifications made by male students are included in level 4 and the type of justification is Own explanation with a strategy that tends to be used, namely providing illustrations; 2) Identifying facts; 3) Formulate a plan; 4) Expressing facts; 5) Draw conclusions based on the opresari conducted .. Justifications made by male students are included in level 3 and the type of justification of Own explanation with strategies that tend to be used is 1) Identifying facts; 2) Formulate a plan; 3) Expressing facts and; 4) Draw conclusions based on the operations performed
Teknik Mengkonstruksi Distribusi Bivariat Copula Clayton pada Data Marginal Diskrit dengan Implikasi Kebergantungan Andi Fitriawati; Werry Febrianti; Ariestha Widyastuty Bustan; Amris -
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1075

Abstract

Data memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Ketika memiliki dua jenis data, maka hal menarik yang diketahui dalah peluang kedua jenis data tersebut dapat terjadi secara serentak/bersamaan. Hal ini berarti bahwa perlu dikonstruksi distribusi bivariatnya, baik fungsi peluang maupun fungsi distribusi (fungsi peluang kumulatif). Dalam mengkonstruksi distribusi bivariat, diperlukan distribusi marginal dari masing-masing data serta perlu diketahui sifat kebergantungannya. Adanya informasi mengenai kebergantungan pada data akan mempengaruhi teknik yang digunakan dalam mengkonstruksi distribusi bivariatnya. Jika data memiliki kebergantungan, maka mengkonstruksi distribusi bivariatnya dapat menggunakan Copula. Copula merupakan salah satu alat popular yang digunakan untuk mengkonstruksi distribusi bivariat maupun multivariat dengan implikasi kebergantungan. Namun, ketika data berasal dari distribusi marginal diskrit maka mengkonstruksi distribusi bivariat Copula secara langsung akan menghasilkan Copula C yang tidak unik sesuai dengan teorema Sklar. Akibatnya, akan menghasilkan interprestasi yang tidak jelas, terutama pada sifat kebergantungannya. Oleh sebab itu, perlu adanya teknik tertentu dalam mengkonstruksi distribusi bivariat Copula pada data marginal diskrit. Idenya, dengan mengkontinukan distribusi marginalnya melalui transformasi jitters. Hasil transformasi jitters inilah yang kemudian digunakan untuk mengkonstruksi distribusi bivariat Copula. Distribusi bivariat Copula pada data jitters sama dengan distribusi bivariat pada data aslinya karena data jitters mampu mempresentasikan data aslinya. Adapun Copula yang digunakan adalah Copula Clayton. Semua proses mengkonstruksi distribusi bivariat Copula Clayton pada data marginal diskrit dengan implikasi kebergantungan akan diilustrasikan melalui data simulasi.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA Sri Satriani
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1006

Abstract

AbstractThe purpose of this study aims to determine the problem solving ability and reasoning ability of students in understanding exponential and logarithms material. The type of research in this study is qualitative research. To express this ability used a mathematical ability test instrument and conduct interviews. The subjects of this study were 30 students of class X MIPA of SMA Negeri 7 Mallawa, which were then chosen by 1 person each for low, medium, and high ability levels. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and interviews were analyzed using the Miles and Huberman models. The results showed that the problem solving ability of students with low ability was in the students' inability to understand the problem and the lack of understanding of the concept of logarithmic concepts and exponents, for students who were capable of being there were still improper completion steps. As for students who are highly capable have been able to identified the elements present in the problem, able to understand the problem and solved the given problem. Where as the mathematical reasoning ability of students with low ability is very lacking because they are unable to complete the answers and cannot write the characteristics of logarithms and exponents, while for students with medium and high ability the reasoning ability are quite well proven by their ability to place the characteristics of logarithms and exponents correctly and  they are able to used the properties of exponents and logarithms in solving problems properly.problem solving ability, reasoning ability, logarithms exponential
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA Diki Mulyana; Mochammad Taufan
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1183

Abstract

This research aims to develop and produce a valid and practical online learning media to students' mathematical connection skills. Specific targets to be achieved in this research specifically to increase in the mathematical connection ability of students of the Wiralodara Indramayu University mathematics study program for the Secondary Education Mathematics Capita Selecta course. This goal is based on the problem that the learning media used during lectures is learning media that has not been developed by lecturers, preparing for the 4.0 revolution and online learning is one of the impacts of Covid-19. From these problems resulted in the low ability of students in  mathematical connections of the Secondary Education Mathematics Capita Selecta course. This type of research is development research using the Plomp model which has four stages, (1) initial stage, (2) design stage, (3) realization and construction stage, and (4) testing, evaluation, and revision. Meanwhile, the device developed was the online learning media for the Secondary Education Mathematics Capita Selecta course. The development of learning media that has been compiled is then validated with validation sheet instruments by expert validators and the criteria are set until the criteria are valid. Limited trials with questionnaire sheet instrument student responses and lecturer responses in Secondary Education Mathematics Capita Selecta course to measure practicality. The data in this study were obtained through expert validation instrument sheets and questionnaires. To achieve valid and practical criteria, it is processed descriptively. The targeted output is to produce online learning media in mathematics education for learning secondary mathematics selective capita courses.
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA MAHASISWA CALON GURU MENGGUNAKAN TWO TIER TEST BERBASIS ONLINE Sartika Arifin; Aprisal Aprisal
Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31941/delta.v8i2.1059

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal dasar mempelajari matematika. Prinsip yang ada pada matematika dapat diterapkan jika konsep matematika dapat dipahami dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep matematika khususnya statistika melalui penggunaan instrument soal two tier test berbasis online.. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris  semester IV dengan jumlah responden 75 mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan two tier test diperoleh bahwa tingkat pemahaman mahasiswa pada indikator memahami sebesar 35%, miskonsepsi-1 sebesar 20,67%, miskonsepsi-2 sebesar 15%, dan tidak memahami sebesar 29,33%. Hasil lain menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa pada level comparing hanya sebesar 13,33% jauh lebih rendah dibandingkan dengan ketiga indikator lainnya yaitu interpreting, classifying, dan interferring.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 2 (2025): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 13 No. 1 (2025): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 12, No 2 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 12 No. 2 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 12, No 1 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 12 No. 1 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 11, No 2 (2023): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 11, No 1 (2023): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2022): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2022): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2021): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2021): Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2019): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2019): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2017): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2016): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2015): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika More Issue