cover
Contact Name
Alivvermana Wiguna
Contact Email
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kotawaringin timur,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
ISSN : 19071086     EISSN : 26564580     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan" : 8 Documents clear
HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KOOPERATIF TIPE STAD Mahmu’ddin Mahmu’ddin; Siti Halimah; Agustina Sri Moyowati
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.56

Abstract

Dari hasil penelitian hasil nilai t hitung sebesar 5,966 dengan taraf signifikan p sebesar 0,000 sehingga p < 0,05 atau t hitung > t tabel (5,966 > 1, 66600). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan kooperatif tipe STAD.
MINAT MAHASISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELALUI UKM PRAMUKA DI STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT M Qahfi
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.55

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat mengikuti UKM Pramuka pada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit tahun akademik 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit yang aktif pada tahun akademik 2016/2017 yaitu berjumlah 354 mahasiswa, yang kemudian diambil sampel yaitu sebanyak 73 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagian besar Mahasiswa memiliki minat mengikuti UKM Pramuka kategori sedang
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK Fatimah Setiani; Alivermana Wiguna; Wawan Setiawan
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional dengan populasi berjumlah 118 siswa yang terdiri dari siswa Kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 1 Ramban Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil 50% dari jumlah populasi dengan teknik stratified proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang telah terpenuhi uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t_hitung sebesar 9,5200 > t_tabel sebesar 2,00172, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, maka ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat belajar internal dengan kontribusi R Square sebesar 61%.
PENGARUH KESADARAN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 9 SAMPIT Sudarmono Sudarmono; Apuanor Apuanor; Eka Hendri K Kurniawati
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.57

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Sampit Tahun Pelajaran 2016/2017, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Peneliti menggunakan teknik ini karena jumlah populasi pada penelitian ini melebihi 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, Berdasarkan hasil analisis regresi liniear sederhana, diperoleh nilai thitung = 7,702 dengan taraf signifikansi p=0,000 (p
ANALISIS KINERJA GURU BERSERTIFIKASI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAAMANG KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR Riki Adi SETIAWAN; Sudarmono Sudarmono; Apuanor Apuanor
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru sekolah dasar (SD) yang bersertifikasi se-Kec.Baamang Kabupaten Kotim.Populasi penelitian ini semua guru yang bersertifikasi yang berada di SD N 3 Baamang Tengah,SD N 4 Baamang Hilir, SD N 7 Baamang Hilir, SD N 2 Baamang Hulu dan SD N 2 Baamang tengah sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 guru yang bersertifikasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitati Berdasarkan dari nilai PKG guru yang sudah dikategorikan diperoleh kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan rendah sebesar 4,68% (9 orang guru serserifikasi).Untuk kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan sedang sebesar 20.28% ( 39 orang guru serserifikasi ). Untuk kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan tinggi sebesar 2.28% ( 4 orang guru sersertifikasi ). Untuk kinerja guru erserifikasi yang diambil data dari 5 ( lima ) SD yaitu: SD N 3 Baamang Tengah,SD N 4 Baamang Hilir, SD N 7 Baamang Hilir, SD N 2 Baamang Hulu dan SD N 2 Baamang Tengah menunjukan kinerja yang dihasilkan selama tahun 2015-2016 mendapatkan nilai sedang.
FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT BACA MAHASISWA DIPERPUSTAKAAN Jayadi Jayadi; Novianti Rahmawati; Mariyanah Mariyanah
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.58

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan dari 210 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit yang menjadi subjek penelitian, hampir seluruh mahasiswa memiliki minat baca diperpustakaan STKIP Muhammadiyah Sampit dikategorikan sedang yaitu sebesar 142 responden (67,61%). Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini minat baca mahasiswa diperpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sampit dikategorikan sedang.
PENERAPAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SANTRIWATI Agus Heriyanto; Gita Anggraini; Nur Purnama Wulandari
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk membantu mengatasi rendah diri pada salah satu santriwati di SMP Darul Amin Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah LR. Tempat penelitian di SMP Darul Amin Sampit. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur.. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi rendah diri LR adalah 64,2% dan sesudah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) rendah diri LR berkurang menjadi 14,2%.
SIKAP GURU PEMICU MUNCULNYA PERILAKU NEGATIF SISWA Apuanor Apuanor; Mulya Ningsih; Sudarmono Sudarmono
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i2.60

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap guru terhadap perilaku negatif siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Sampit yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah 82 siswa dan secara keseluruhan diambil sebagai sampel karena kurang dari 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana yang dibantu dengan IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh sikap guru terhadap perilaku negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Sampit Tahun Pelajaran 2016/2017.

Page 1 of 1 | Total Record : 8