Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan"
:
8 Documents
clear
HUMAS PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Suhartono Suhartono
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.143
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan program humas perspektif manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur sudah baik yaitu a) Timeline kegiatan humas sudah diatur ; b) Prosedur pelaksanaan sudah diatur sistematis ; c) Tujuan dari program kegiatan humas sudah dicantumkan , tetapi ada beberapa yang belum maksimal yaitu: a) Program kegiatan humas tidak ada klasifikasi ; b) Sumber daya masih banyak kendala; c) Perangkat evaluasi belum dibuat. 2) Pelaksanaan program humas perspektif manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur mengikutsertakan warga sekolah dalam semua tahap kegiatan humas dan juga melibatkan kepala sekolah sebagai penanggungjawab dan koordinator bidang dalam memonitoring dan mengontrol pelaksanaan, agar pelaksanaan tersebut bisa berjalan sesuai rencana program kerja, dengan mencatat kendala yang dihadapi di lapangan selanjutnya dijadikan sebagai bahan perbaikan (refleksi) di tahun mendatang.
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 4 SAMPIT
Jayadi Jayadi;
Norhayatun Norhayatun;
Syafitri Syafitri
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.139
Guru profesional memiliki keahlian, tanggungjawab dan rasa kesejawatan yang didukung oleh etika profesi yang kuat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi profesional guru di SMA Negeri 4 Sampit tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 4 Sampit yang berjumlah 29 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis secara keseluruhan menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru di SMA Negeri 4 Sampit tahun pelajaran 2018/2019 memiliki kompetensi profesional didominasi dengan kategori sedang sebanyak 19 responden dengan persentase 65,52%.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PESERTA DIDIK SEKOLAH DI MADRASAH
M Qahfi;
Novianti Rahmawanti;
Saupani Saupani
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.140
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi minat siswa sekolah di Madrasah.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, yang kemudian di ambil sebanyak 55 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor yang dibantu dengan SPSS 15.Hasil analisis menunjukan bahwa faktor internal dan ekternal secara bersama-sama terhadap minat peserta didik sekolah di MAN Kotawaringin Timur adalah sebesar 98.496% sedangkan 1.504 % sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.
KINERJA GURU YANG DIPENGARUHI OLEH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA DI KOTA BESI
Sudarmono Sudarmono;
Apuanor Apuanor;
Supyandri Supyandri
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.136
Kinerja guru ditentukan oleh keahlian dan kemampuan guru yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di sekolah se-Kota Besi yang berjumlah 52 guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan bantuan program SPSS 15 for windows. Hasil analisis menunjukan bahwa ada ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, ada pengaruh yang siginifikan lingkungann kerja terhadap kinerja guru, dan ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah se-Kota besi tahun Pelajaran 2018/2019.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BESI
Norlela Norlela;
Norhayatun Norhayatun;
Renita Yessi Anggraini
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.141
Kebiasaan belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam individu (internal) maupun faktor dari luar individu (eksternal). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua (eksternal) dan Motivasi Belajar (internal) Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan sampel adalah teknik sampel jenuh, maka jumlah sampel adalah 77 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap kebiasaan belajar siswa, (2) Ada pengaruh Motivasi Belajar terhadap kebiasaan belajar siswa, (3) Ada pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap kebiasaan belajar siswa.
KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 11 SAMPIT
Mahmuddin Mahmuddin;
Siti Halimah;
Seisti Setiorini
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.137
Aktivitas belajar siswa seringkali mengalami kesulitan belajar dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa.
MINAT KUNJUNGAN MASYARAKAT KE KANTOR PERPUSTAKAAN
Apuanor Apuanor;
Sudarmono Sudarmono;
Darpulan Darpulan
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.142
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat kunjungan masyarakat ke kantor perpustakaan arsip dan dokumentasi kota Sampit Tahun 2017. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan arsip dan dokumentasi yang berjumlah 927 orang mengingat jumlah populasi begitu besar maka penulis menarik sampel sebesar 10% Jumlah Populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel adalah teknik Sampling intsidental, maka jumlah sampel adalah 93 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skoring. Hasil penelitian dari variable minat adalah responden yang memiliki minat rendah sebesar 17.20% dengan jumlah 16 responden, responden yang memiliki minat sedang sebesar 64.51% dengan jumlah 60 responden dan responden yang memiliki minat tinggi sebesar 18.27% dengan jumlah 17 responden.
SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ASH-SHALIHIN KATINGAN TENGAH
Novianti Rahmawati;
M Qahfi;
Saripatul Aslamiah
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46822/paedagogie.v8i1.138
Sikap peduli lingkungan dapat dilihat dari perilaku siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap peduli lingkungan sekolah pada siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ash-Shalihin Katingan Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 74 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif yang dibantu dengan SPSS 15. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan sekolah pada siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ash Shalihin Katingan Tengah dengan kategori sedang sebesar 65%.