cover
Contact Name
Danang Ari Santoso
Contact Email
danangarisantoso@unibabwi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.kejaora@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
ISSN : 25032976     EISSN : 25415042     DOI : -
Jurnal Kejaora merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan rekreasi. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan November oleh Jurusan (Program Studi) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODIFIKASI MEDIA KARDUS DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR BRAMANTHA, HELDIE; SYARIFAH, MUFARRAHATUS
Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA) Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Publisher : Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.003 KB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi rendahnya keaktifan dan gerak dasar lompat dalam pembelajaran lompat jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok lompat jauh dengan menggunakan media kardus pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo dengan jumlah total 14 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu proses lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak malas, dan merasa senang. Sedangka nnilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja teknik dasar lompat jauh, nilai rerata siswa siklus I pertemuan pertama 69,9 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 64,3 dari ketentuan sekolah yaitu 70. Pada kedua meningkat menjadi 78,9 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 88,1. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil tes unjuk kerja siswa kelas IV prasiklus yang dapat dilihat dari hasil tes unjuk teknik dasar lompat jauh nilai reratanya 67,8 dan siswa yang mencapai KKM hanya 52% tuntas dari ketentuan KKM sekolah yaitu 70. Media kardus dapat mendorong siswa lebih aktif serta lebih merangsang siswa dalam menguasai gerak lompat jauh, pada pembelajaran gerak dasar lompat jauh. Pembelajaran menarik minat, semangat dan partisipasi siswa untuk menguasai gerak dasar lompat jauh dan partisipasi siswa untuk menguasai gerak dasar lompat jauh.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FOREHAND DROPSHOT BULUTANGKIS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 2 TRAWAS MOJOKERTO SUSANTO, RATNO
Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA) Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Publisher : Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.728 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model model latihan pukulan dropshot bulutangkis.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis bagi siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas dapat digunakan. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan Brog and Gall(1988) dalam terjemahaan prof. sugiyanto. Bahwa model latihan forehand dropshot bulutangkis sangatlah penting dikembangkan setelah dilakukan observasi dan dilakukan pengujian melalui analisis dari penilaian ahli , dan uji coba lapangan dengan kelompok kecil dan kelompok besar dalam situasi sebenarnya.Berdasarkan oberservasi dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kepada siswa adalah: data hasil evaluasi yang diperoleh presentase keseluruhan pada uji coba kelompok kecil yaitu 78,7% data tersebut memenuhi kriteria baik dari presentase keseluruhan ujicoba kelompok besar adalah 80% data tersebut memenuhi kriteria baik. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pengembangan model latihan pukulan forehand dropshot bulutangkis dapat membantu pembelajaran siswa dan dapat digunakan sebagai buku panduan pengembangan model latihan forehand dropshot bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Trawas kab.Mojokerto Tahun pelajaran 2016-2017.
PENGARUH MODUL TAKTIK JITU BABAK TENGAH LEVEL 2 TERHADAP PEMAHAMAN TAKTIK CATUR BABAK TENGAH PADA SISWA EKSTRAKULIKULER CATUR DI MTs NEGERI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 HASANAH, LAELATUL; SANTOSO, DANANG ARI
Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA) Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Publisher : Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.349 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pemahaman taktik catur babak tengah skak mat dan keunggulan materi menggunakan media modul taktik jitu babak tengah level 2 terhadap pemahaman taktik catur babak tengah yang menggunakan latihan dalam bentuk menyelesaikan soal berupa puzzle catur. Jenis penelitian ini eksperimen sungguhan dengan rancangan the rendomized pretest posttest control groups design. Sampel penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler catur di MTs Negeri Banyuwangi sebanyak 10 orang ditentukan dengan tektik populasi riset. Pemahaman taktik catur diukur dengan bisa tidaknya para responden dalam menjawab soal yang diberikan dengan bobot nilai sesuai dengan jumlah soal yang ada.Berdasarkan uji t paired sample testpada datapemahaman taktik catur babak tengahskak mat nilai sebesar 10,486. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan pada data pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi diperoleh nilai sebesar 12,178 dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan peningkatannya pemahaman taktik catur babak tengah skak mat diperoleh nilai sebesar 62,16% dan peningkatan pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi diperoleh nilai sebesar 37,76% dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara kedua pelatihan pemahaman taktik catur babak tengah tersebut, dan pemahaman taktik catur babak tengah skak mat mempunyai pengaruh lebih baik dari pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi dengan selisih peningkatan sebesar 24,4% dari hasil pelatihan dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh media modul taktik jitu babak tengah level 2 terhadap pemahaman taktik catur babak tengah pada siswa ekstrakulikuler catur di MTs Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017 dan terdapat perbedaan pengaruh antara kedua pelatihan serta pelatihan pemahaman taktik catur babak tengahskakmat mempunyai pengaruh yang lebih baik dari pelatihan pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi.
PENINGKATAN HAIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PRASETYO, MOCHAMAD SLAMET; SETIABUDI, MOH. AGUNG
Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA) Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Publisher : Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.413 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbola dengan media audio visualpada siswa kelas XI TKR di SMK Taruna Mandiri Srono.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari rencana tindakan,  pelaksanaan, observasi/ evaluasi, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Taruna Mandiri Srono yang berjumlah 30 siswa putra. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada siklus I, siswa dalam kategori sangat baik sebanyak 0 orang  (0%), siswa dalam kategori baik sebanyak 16 orang (53,3%), siswa dalam kategori cukup baik sebanyak 14 orang (46,7%), siswa dalam kategori kurang baik sebanyak 0 orang (0%) dan siswa dalam kategori sangat kurang baik tidak ada. Siswa yang tuntas sebanyak 16 (53,3%) orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang (46,7%) orang. Sehingga persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 75,8 dan berada pada kategoribaik. Hasil belajar pada siklus II, siswa dalam kategori sangat baik sebanyak 3 orang (10%), siswa dalam kategori baik sebanyak 21 orang (70%), siswa dalam kategori cukup baik sebanyak 6 orang (20,0%), siswa dalam kategori kurang baik dan siswa dalam kategori sangat kurang baik tidak ada. Siswa yang tuntas sebanyak 24 orang (80,0%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 orang (20,0%). Sehingga Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 78,9 dan berada pada kategori baik. Terjadi peningkatan 3,1 dari siklus I ke siklus II.
APLIKASI MODIFIED CASSAVA FLOUR (MOCAF) SEBAGAI BAHAN PENGISI PADA SOSIS AYAM MAHDI, ARYA; HOSNAINI, RAMIDZI HASBHI
Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA) Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Publisher : Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.49 KB)

Abstract

Salah satu alternative bahan pengisi dalam pembuatan sosis ayam adalah MOCAF (Modified Cassava Flour) yang memiliki karakter yang berbeda dengan tepung tapioka, terutama dalam hal derajat viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, WHC (Water Holding Capacity), dan kemudahan melarut yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi sifat fisik, kimia, dan organoleptik sosis ayam dengan penambahan MOCAF serta mengetahui persentase penggunaan MOCAF untuk menghasilkan sosis ayam dengan sifat fisik, kimia, dan organoleptik yang baik dan disukai. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biokimia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas PGRI Banyuwangi. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2015 sampai bulan Januari 2016. Perlakuan yang diberikan yaitu penggunaan 100% MOCAF (A1), 75% MOCAF dan 25% Tapioka (A2), 50% MOCAF  dan 50% Tapioka (A3), 25% MOCAF dan 75% Tapioka (A4), serta 100% Tapioka (A5). Data hasil uji karakteristik fisik dan kimia dianalisis menggunakan rancangan acak lengkap. Kemudian data uji sensoris dianalisis menggunakan uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan MOCAF sebagai bahan pengisi pada sosis ayam dapat mempengaruhi kadar air, kadar protein, dan kadar karbohidrat sosis ayam yang dihasilkan. Semakin banyak penambahan MOCAF dapat meningkatkan kadar air, kadar protein, serta menurunkan kadar karbohidrat sosis ayam yang dihasilkan. Berdasarkan uji kesukaan keseluruhan diperoleh perlakuan dengan penggunaan MOCAF 25% dan Tapioka 75% (A4) adalah sampel yang paling disukai dengan kadar air sebesar 60,49%, kadar protein 14,62%, kadar lemak 1,10%, kadar abu 2,42%, dan kadar karbohidrat 21,37%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 2 (2025): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 10 No 1 (2025): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 9 No 2 (2024): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 3 No 2 (2018): Jurnal KEJAORA Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 3 No 1 (2018): Jurnal KEJAORA Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 2 No 2 (2017) Vol 2 No 1 (2017) Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga) Vol 1 No 2 (2016) Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Kejaora Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Kejaora More Issue